Foto Bugil Protes Sharia Law Hebohkan Publik, Pemkot Banda Aceh Lapor Kominfo Dan Google

0
10
00281429
00281429

Foto Bugil Protes Sharia Law Hebohkan Publik, Pemkot Banda Aceh Lapor Kominfo Dan Google

Baru-baru ini masyarakat Aceh dihebohkan dengan kemunculan foto tak biasa di Google Maps. Bagaimana tidak, dalam foto tersebut tampak seorang laki-laki dalam keadaan telanjang bundar memberikan tangan kiri bertuliskan “Protest Sharia Law”.

Sontak saja foto ini menciptakan pemerintah setempat heboh. Pemerintah Kita (Pemkot) Banda Aceh bahkan telah melaporkan foto tersebut ke Kementerian Kominfo. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyampaikan bahwa pihaknya juga telah melaporkan hal tersebut ke Google Indonesia.

“Dinas Kominfo dan Statistik telah melaporkan konten negatif tersebut melalui situs aduankonten.id Kementerian Kominfo,” kata Aminullah, Senin (4/11). “Secara paralel, Pemko Banda Aceh melalui Diskominfotik juga sudah melaksanakan report konten ke Google Indonesia.”

Siapapun mampu menyumbang konten apapun untuk diunggah ke layanan milik Google mengingat perusahaan teknologi tersebut bersifat open source. Meski demikian, Google juga menyediakan layanan aduan kalau konten yang dimuat tidak sesuai dengan norma ataupun aturan yang berlaku.

Aminullah mengajak semua masyarakat di ibu kota provinsi Aceh untuk ramai-ramai melapor foto tersebut. Hal itu bertujuan biar Google segera menurunkan konten yang dianggap meresahkan tersebut. “Karena kalau banyak aduan yang diterima (report), maka pihak Google pun akan segera mengambil tindakan pembatalan konten,” terperinci Aminullah.

Sementara itu, Pemkot Banda Aceh juga mempertimbangkan langkah untuk membawa masalah konten tersebut ke pihak berwajib. “Di sisi lain, pemkot sedang meminta pertimbangan dari andal hukum, terkait pelaporan kepada pihak yang berwajib terkait dengan penayangan konten tersebut, dan user atau pengguna yang melaksanakan unggahan konten,” lanjut Aminullah.

Sebelumnya, pihak dewan perwakilan rakyat Aceh mengecam keras konten tersebut. Wakil Ketua dewan perwakilan rakyat Aceh Safaruddin menilai bahwa unggahan semacam itu bersifat melecehkan masyarakat Aceh.

BACA JUGA:  Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa, Ajak Rakyat Indonesia Doakan Ani Yudhoyono

Kita mengutuk keras (munculnya foto laki-laki bugil di Google Maps),” kata Safaruddin, Senin (4/11). “Itu kan ada indikasi pelecehan terhadap kawasan kita yang hari ini bersepakat dan berkomitmen untuk syariat Islam sebagai jalan kehidupan di Aceh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.