Review Huawei P30 Pro: Memadukan Unsur Kemewahan dengan Baik

0
192
Huawei P30 Q 696x462
Huawei P30 Q 696x462

P30 series gres saja diluncurkan oleh Huawei pada final Maret 2019 lalu. Seperti Khittahnya, karakter P yang diusung pada perangkat ini mengedepankan sector fotografi dengan lensa Leica yang diusungnya.

Ada banyak peningkatan yang dilakukan Huawei pada perangkat P30 series ini bila dibandingkan dengan pendahulunya yaitu P20 series. Tentunya begitu juga dengan P30 Pro yang akan saya ulas kali ini.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, meski mengedepankan keunggulan pada sector fotografi, fitur yang ditawarkan pada Huawei P30 Pro sebagai smartphone premium ini tidak lantas mampu disepelekan begitu saja. Bagi saya smartphone ini merupakan perpaduan yang tepat sebuah smartphone premium.

Tubuh Huawei P30 Pro ini dibalut dengan perpaduan materi beling dan logam di sekelilingnya dengan desain warna yang menarik.

Warna breathing crystal mirip yang saya pegang ini mempunyai gradasi yang terbuat dari Sembilan nano optical film yang akan berubah warna sesuai dengan sudut pencahayaan.

Smartphone ini mempunyai ukuran layar 6,7 inchi layar OLED beresolusi 2,340 x 1,080 pixel. Dengan kualitas layar tersebut, Huawei P30 Pro menampilkan visual yang sangat nyaman di mata penggunanya baik menonton video maupun bermain game.

Lengkungan yang terdapat di kedua tepi dan permukaan menciptakan Huawei P30 Pro terlihat glamor dan nyaman digenggam dengan ketebalan perangkat hanya sebesar 8.41 mm saja dengan bobot 192 gram.

Kinerja
Untuk mendukung kinerja smartphone ini Huawei menyematkan chipset terbaru buatannya sendiri yaitu Kirin 980 berukuran 7nm berteknologi AI, RAM 8GB.

Ruang penyimpanan internal pada perangkat yang saya pegang berkapasitas 256GB. Huawei juga memberikan opsi penyimpanan lain seluas128GB dan 512 GB.

Sebagai system operasinya, Huawei P30 Pro in memakai menggunakan Adroid 9 Pie yang dibalut dengan antarmuka antarmuka EMUI 9.1.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan memakai dua aplikasi benchmark, hasil yang didapat sebagai berikut:

IMG 20190403 WA0000 (1)

 

Huawei P30 Pro juga dibekali dengan GPU Turbo 3.0 yang menciptakan pengalaman gaming menjadi lebih baik.

Perpaduan antara CPU, GPU dan NPU inilah yang menciptakan kinerja smartphone premium milik Huawei ini terbilang luarbiasa dengan konsumsi daya yang cukup efisien.

Saat dipakai bermain PUBG Mobile, game ini sanggup dimainkan dengan mulus tanpa lag dengan settingan grafis HDR dan frame rate ultra.

Fitur
Sebagai smartphone premium, tentunya kita berharap banyak fitur yang bisa didapatkan pada perangkat yang kita miliki.

Yup, Huawei P30 Pro ini juga menunjukkan fitur yang berdasarkan saya cukup lengkap, mirip adanya fitur NFC yang menempel di smartphone ini.

Keberadaan fitur NFC ini sangat penting bagi saya mengingat beberapa aplikasi pembayaran yang saya gunakan membutuhkan kemudahan ini. Dengan adanya kemudahan NFC ini juga memudahkan saya melaksanakan pengisian ulang saldo e-money yang saya gunakan untuk membayar parker atau pun jalan toll kapan saja dan dimana saja.

Huawei juga melengkapi P30 Pro ini dengan fitur infra merah dengan blaster yang ada pada bab atas smartphone.

Meskipun jarang saya gunakan fitur ini sanggup memudahkan penggunanya untuk dipakai sebagai pengganti remote control beberapa perangkat elektronik.

BACA JUGA:  Facebook Kembalikan Messenger ke Aplikasi Utama

Yang terpenting, Huawei P30 Pro mempunyai fitur keamanan yang komplit. Pengguna bisa memanfaatkan fitur face recognition, lock screen password ataupun fingerprint untuk mengamankan perangkatnya.

Untuk pengamanan dengan finger print, Huawei P30 Pro in screen fingerprint sensor. Proses pengenalan sidik jarinya tidak mengecewakan cukup merepotkan Karena harus beberapa kali menempelkan jari yang akan dipindai.

Sensor sidik jari ini sanggup berfungsi baik dengan banyak sekali posisi jari yang akan mengaksesnya. Tetapi sensor tidak sanggup mengenali dikala jari dalam keadaan berair Kaprikornus pastikan jari kalian dalam kondisi yang kering untuk membuka perangkat.

Baterai
Huawei membekali P30 Pro ini dengan baterai sebesar 4.200 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini dan dalam penggunaan yang normal, perangkat akan bisa bertahan seharian tanpa harus menchargenya.

Huawei juga melengkapi pengisian dayannya dengan menyampaikan fitur 40w SuperCharge yang bisa mengisi daya sebanyak 70 persen dalam waktu 30 menit.

Fitur reverse wireless charging juga ada dalam Huawei P30 Pro yang menciptakan perangkat ini bisa menjadi powerbank untuk mengisi daya smartphone lainnya.

Saya mencoba memakai fitur ini untuk mengisi daya smartphone saya lainnya yang mempunyai fitur wireless charging.

Dalam waktu pengisian selama 15 menit, Huawei P30 Pro bisa mengisi 5 persen smartphone saya yang satunya. Sementara dalam proses pengisian daya tersebut, daya yang berkurang pada Huawei P30 Pro sebanyak 8 persen.

Fotografi.
Sesi ini mungkin jadi bab yang menarik dari ulasan kali ini. Huawei menempatkan empat buah kamera pada perangkat P30 Pro-nya.

Tiga kemera berteknologi Leica masih bertenger secara vertical di sudut kiri atas bab belakang smartphone dan disebelahnya terdapat LED Flash serta satu buah kamera kecil di bawahnya

Tiga kamera yang berjajar vertical tersebut mempunyai kapasitas masing-masing 40MP (wide) + 20MP (ultrawide) + 8MP (tele). Sedangkan kamera kecil yang berada di bawah LED Flash merupakan kamera Huawei Time-of-Flight(TOF) untuk menghasilkan foto bokeh yang rapih.

Kamera ultra wide yang ditawarkan oleh P30 Pro ini bisa menghasilkan foto yang dramatis dengan sudut pengambilan yang lebih lapang. Lensa ini sangat mempunyai kegunaan sekali untuk mengambil gambar panoramic.

Yang paling luar biasa berdasarkan saya ialah kemampuan zoom yang sangat ekstrem dimiliki oleh Huawei P30 Pro. Perangkat ini bisa melaksanakan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom dan bahkan sampai 50x digital zoom.

Kemampuan sampai 50x zoom ini belum pernah saya temukan kamera smartphone lainnya selama ini. Foto yang dihasilkan dengan 50x zoom ini bisa menunjukkan detail dari objek yang sangat jauh.

Tetapi dikala melaksanakan pemotretan dengan 50x zoom ini saya kesulitan untuk mengatur fokus gambar yang akan saya pilih alasannya ialah sensor kamera terus bergerak-gerak.

Sedangkan untuk kamera selfie, Huawei menempatkannya pada notch waterdrop dengan kappasitas kamera beresolusi 32MP.

Kesimpulan
Keindahan desain yang ditawarkan Huawei P30 Pro serta spesifikasi dan fitur yang menyertainya yang dipadukan dengan kemampuan kamera luar biasa mengakibatkan smartphone ini sebuah perpaduan kemewahan yang serasi dalam sebuah smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.