5 Hal Penting Sebelum Menjual Mac atau MacBook Anda

0
204
Ilustrasi Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Macbook
Ilustrasi Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Macbook

Walapun saat ini ada banyak merek dan spesifikasi laptop yang menggiurkan, komputer besutan Apple masih menjadi incaran banyak orang alasannya adalah aneka macam kelebihan Mac. Tapi tak sedikit juga dari penggunanya yang ingin menjual Mac atau MacBook alasannya adalah alasan tertentu.

Entah itu alasannya adalah spesifikasi yang sudah mulai tertinggal jauh atau ingin menikmati aneka macam fitur MacBook keluaran terbaru milik perusahaan asal Cupertino itu.

Atau mungkin alasannya adalah gres saja membeli Mac gres sehingga memutuskan melepas MacBook bekas Anda itu kepada teman, forum atau marketplace.

Maraknya problem pencurian data seperti yang terjadi baru-baru ini, iPhone dan MacBook mendadak terkunci yang meminta pengguna perangkat Apple harus memasukkan firmware password sehingga kita harus ekstra hati-hati menjaga keamanan informasi pribadi Anda.

Jika memang Anda berniat menjualnya, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum menjual Mac atau MacBook. Ini dimaksudkan biar data pribadi seperti kartu kredit, password, dan data penting lainnya tetap aman atau tidak diketahui oleh orang yang membelinya nanti seperti dikutip dari situs Apple.

Persiapan

Untuk menunjang hal yang harus dilakukan sebelum menjual Mac, berikut beberapa poin penting yang harus dipersiapkan:
Harddisk eksternal.
Koneksi internet.
Anda membutuhkan media penyimpanan seperti harddisk eksternal untuk menampung semua data Mac sebelum Anda menjualnya.

Begitupn dengan koneksi internet, Anda juga membutuhkannya. Kita harus terhubung dengan internet bila ingin download dan install ulang Mac OS X atau macOS.

Tak hanya itu saja, Anda juga memerlukannya saat ini menonaktifkan akun seperti Facebook, iCloud, Twitter dan sosial media lainnya.

Backup Mac
Backup data Mac adalah salah satu hal yang harus dilakukan sebelum menjual Mac atau MacBook. Terlebih bila Anda punya banyak dokumen, file, aplikasi, game ataupun data penting yang tersimpan di MacBook lawas tersebut.

Untuk keperluan cadangan data, Anda membutuhkan sebuah harddisk eksternal untuk memasukkan semua data yang ada di partisi harddisk Mac. Pilih kapasitas harddisk eksternal yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitas penyimpanan Mac biar semua data bisa Anda copy harddisk eksternal tersebut.

Cara yang paling mudah adalah backup data Mac dengan Time Machine. Cukup colokkan harddisk eksternal ke Mac, aplikasi backup Mac ini akan otomatis akan mendeteksi dan meminta Anda melakukan konfigurasi lanjutan, silahkan baca selengkapnya pada postingan Backup Mac dengan Time Machine.

Migrasi Data ke Mac baru
Setelah Anda berhasil backup semua data di Mac yang lama, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memindahkan data Mac ke Mac gres dengan santunan Asisten Migrasi (Migration Assistant).

Aplikasi ini adalah software bawaan komputer Apple yang berfungsi untuk transfer semua data seperti kontak, kalender, musik, dokumen, dan file sistem termasuk konfigurasi yang pernah Anda buat. Anda bisa menggunakan FireWire, Ethernet, Wireless atau harddisk eksternal bila ingin migrasi data Mac.

Tidak hanya sesama komputer Apple, kita juga bisa memindahkan data dari PC berbasis Windows.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengcopy satu persatu file dan melakukan konfigurasi awal di Mac gres Anda alasannya adalah semua konfigurasi atau settingan yang ada di Mac lama akan dipindahkan.

BACA JUGA:  Review Vivo V15: Lebih dari Sekadar Kamera Pop-Up 32MP

Keluar dan Nonaktifkan Semua Akun di Mac
Hal lain yang harus dilakukan sebelum menjual MacBook adalah menghapus semua layanan dan aplikasi yang ada di Mac termasuk sign out (keluar) ID Apple dari iTunes dan iMessages, nonaktifkan akun iCloud dan lisensi aplikasi aplikasi pihak ketiga serta hapus Mac lama milikmu dalam daftar perangkat terpercaya (trusted devices) Apple.

Untuk keluar dari iTunes, jalankan iTunes kemudian pilih sajian Accounts – Authorization – Deauthorize This Computer. Selanjutnya, masukkan password ID Apple dan klik Deauthorize.

Sedangkan cara nonaktifkan iCloud di Mac bisa Anda lakukan melalui System Preferences. Klik ikon iCloud – hilangkan tanda centang pada bagian Back to My Mac dan Find My Mac kemudian klik Sign Out.

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Photoshop, dan software Mac lainnya yang membutuhkan lisensi maka harus menonaktifkannya di Mac yang lama. Anda akan kerepotan saat mencoba aktivasi lisensi software di Mac baru.

Format Harddisk Mac
Anda harus membackup data Mac yang lama terlebih dahulu sebelum menghapus semua data yang tersimpan di harddisk. Untuk keperluan format harddisk Mac, Anda bisa menggunakan aplikasi Disk Utility.

Pertama-tama, Anda harus masuk ke partisi Recovery HD dengan cara merestart Mac sambil menekan tombol Command + R di keyboard atau bisa juga dengan menekan tombol Option.

Setelah muncul beberapa pilihan partisi, klik Recovery HD. Mac akan otomatis booting dengan partisi ini.

Selanjutnya, setelah proses booting akhir akan tampil jendela OS X Utilies (macOS Utities, bila Anda menggunakan macOS Sierra atau versi diatasnya). Jalankan Disk Utility untuk memulai proses hapus dan format semua partisi harddisk Mac.

Install Ulang Mac OS X atau macOS
Satu lagi hal yang harus dilakukan sebelum menjual Mac atau MacBook adalah install ulang Mac. Setelah menghapus semua partisi harddisk, Anda bisa langsung install Mac menggunakan koneksi internet.

Tapi bila koneksi internet lambat, Anda akan mungkin membutuhkan waktu berjam-jam untuk menginstall OS X.

Berbeda bila Anda sudah membuat bootable USB Flash Disk Mac atau punya DVD installer Mac OS X. Prosesnya lebih cepat alasannya adalah kita tidak perlu mengunduh OS Mac.

Penutup

Beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menjual Mac atau MacBook diatas memang terbilang penting mengingat ada banyak informasi, data atau file penting yang ada di Mac lama. Sebaiknya, Anda meluangkan waktu beberapa jam atau satu hari untuk melakukan 5 hal penting diatas sebelum berpindah-tangan ke pemilik yang baru.

Menyertakan CD/DVD bawaan Mac dan buku petunjuknya bila memang ada adalah salah satu hal penting yang juga harus Anda perhatikan saat ingin menjual Mac.

Hal yang lain juga harus Anda perhatikan adalah packing. Jika Anda ingin jual Mac secara online di marketplace atau forum biar Mac sampai kepada si pembeli tanpa ada cacat fisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.