Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 6 Nov 2023 07:50 WIB ·

A Cat Is Not Always A Cat


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Greg/Eddie Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Greg/Eddie

Tulisanrakyat.comCat atau kucing adalah salah satu hewan peliharaan (pet) favorit di Indonesia. Banyak keluarga yang memeliharanya di rumah.

Jenisnya pun cukup banyak, ada kucing angora, ada kucing Bengal, ada kucing berkaki pendek, British shorthair, dan lain-lain. Penulis sendiri memelihara British shorthair. His name is Greg.

Kucing adalah hewan kesayangan Rasulullah karena semasa hidupnya Rasulullah SAW diketahui memiliki seekor kucing jenis ras Angora yang diberi nama Muezza.

BACA JUGA: Lafal Bahasa Inggris yang Unik: Secara Kelompok Kata Punya Bunyi yang Sama tetapi Selalu Ada Kata Pengecualiannya

Kucing kesayangan Rasul itu selalu menemani Rasul dalam banyak kegiatannya. Bahkan diceritakan bahwa suatu hari, Rasul pernah hendak mengambil jubah yang sedang ditiduri Muezza karena Rasul membutuhkan jubah itu untuk sholat.

Lantas, beliau rela untuk memotong belahan lengan dari jubah itu karena tidak ingin mengganggu kucing kesayangannya (Muezza) yang sedang tidur.

Dari kisah Rasulullah inilah mungkin yang menyebabkan kenapa banyak kaum muslim yang senang memelihara kucing sebagai hewan peliharaan daripada hewan lainnya.

BACA JUGA: Tiga Jenis Compound Word dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Penulisannya

Menurut laman Wikipedia, kucing (cat) disebut juga kucing domestik atau kucing rumah adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae.

Kata ‘kucing’ biasanya merujuk kepada ‘kucing’ yang telah dijinakkan tetapi juga bisa merujuk kepada ‘kucing besar’ (big cats) seperti harimau, macan tutul, dan singa yang juga termasuk jenis kucing.

Keluarga kucing (Felidae)

IndonesiaNama ilmiah Inggris
KucingFelis catusCat
Kucing liarFelis silvestrisWildcat
Kucing hutanLynx rufusBobcat
Singa (simha, Sanskerta)Panthera LeoLion
HarimauPanthera tigrisTiger
Macan tutulPanthera pardusLeopard
Macan tutul saljuPanthera unciaSnow leopard
CitahAcinonyx jubatusCheetah
PumaPuma concolorPuma
LynxLynxLynx

Ada juga jenis kucing yang mirip dengan harimau (tiger) sehingga dinamakan ‘tiger cat’ (kucing harimau) seperti ocelot, serval dan margay. Mereka umumnya memiliki kulit tutul-tutul seperti macan tutul.

Tiger cats

InggrisNama ilmiah
MargayLeopardus wiedii
OcelotLeopardus pardalis
ServalLeptailurus serval

Akan tetapi, tahukah kalian ‘kucing’ (cat) tidak selalu identik dengan ‘kucing’ (cat)? Dengan kata lain, “Cat is not always a cat”.

Dalam hal ini, tentunya kita akan fokus pada penggunaan termonologi kata ‘cat’ pada jenis hewan lain yang tidak termasuk keluarga kucing (Felidae).

Secara eksplisit dari namanya seperti masuk ke dalam jenis atau keluarga kucing seperti civet cat, spoonbill cat dan tomcat. Jenis hewan apakah mereka ini?

Civet cat

Civet cat sebenarnya bukanlah kucing, melainkan musang (mirip luwak) yaitu mamalia kecil, kurus dan kebanyakan aktif di malam hari yang hidup di hutan-hutan tropis di Asia Selatan, Asia Tenggara dan Afrika.

Kenapa dinamakan civet cat? Alasan pertama, karena banyak orang yang tak kenal dengan jenis hewan ini yang nama aslinya ‘viverrid’.

Alasan kedua, adalah karena bentuk hewan ini mirip kucing dan mendesis serta meludah seperti kucing.

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/CollagebyEddie

Spoonbill cat

Spoonbill cat adalah jenis ikan dayung (paddlefish) yang hidup di Amerika dan banyak ditemui di kawasan sungai Mississippi dan oleh karena itu dikenal juga dengan nama ‘Mississipi paddlefish’.

Lalu kenapa disebut juga ‘spoonbill cat’? Apa hubungannya dengan kucing?

Tentu saja, tidak ada hubungannya dengan kucing melainkan ada yang salah dan mengira bahwa ikan ini termasuk jenis ikan lele (catfish) serta memiliki moncong (nose, bill) mirip sendok (spoon) makanya disebut ‘spoonbill cat’ atau lengkapnya ‘spoonbill catfish’. Wah…wah baru nyambung sekarang…

Tomcat

Tomcat selain bisa merujuk kepada kucing dengan jenis kelamin jantan, ia juga bisa merujuk pada suatu jenis serangga.

Tomcat adalah jenis serangga berbentuk seperti semut panjang berwarna hitam coklat dengan bagian belakang runcing yang terlihat cukup mengintimidasi.

Secara historis, tomcat dikaitkan dengan wabah penyakit kuno, paederinae, nama sebutannya dalam Bahasa Latin. Paederinae adalah sejenis serangga dari subfamili kumbang kelana (rove beetle).

Tidak ada penjelasan dan keterangan tentang kenapa serangga ini dinamakan ‘tomcat’. Serangga ini banyak ditemukan di negara kita, terutama di Bali dan Jawa dan sangat berbahaya jika menggigit tubuh kita karena mengandung racun.

Bali dan Jawa pernah diserang serangga ini pada tahun 2012.

Kalau gitu, jangan pelihara ‘tomcat’ ya guys. Lebih baik pelihara kucing domestik atau kucing ras aja (British shorthair, Bengal, Angora).

Last but not least, khusus untuk bapak-bapak, jangan pelihara ‘macan’ (mama cantik) ya…nanti digigit dan diterkam loh.**

[Referensi: Dikumpulkan dari berbagai sumber].

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum