Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 23 Oct 2023 13:13 WIB ·

Apa Hubungan Wanita dengan Kucing? Kenapa Banyak Istilah Yang Berhubungan dengan Wanita Dikaitkan dengan Kucing?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Hilya Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Hilya

Tulisanrakyat.com – Pernahkah kalian mendengar istilah ‘catcalling’ dan ‘catfighting’? Apa makna kedua istilah tersebut?

Dikutip dari laman news.detik.com, ‘catcalling’ adalah pelecehan seksual yang dilakukan di ruang publik dengan memberikan kata-kata tidak senonoh (seperti teriakan, siulan) kepada korban. Biasanya, korban dari ‘catcalling’ adalah ‘wanita’.

Konon secara historis etimologis, istilah ini muncul karena kebiasaan orang menggunakan kata-kata seperti: puuus-pusss, meong-meong, atau siulan, dan sebagainya ketika memanggil seekor kucing (catcall) agar mau mendekat.

BACA JUGA: Is She My Woman? Is She My Ship To Sail the Ocean?

Maka sejak saat itu, istilah ‘catcalling’ digunakan untuk menggambarkan para pria yang menggoda wanita yang berjalan di ruang publik (tempat umum), dan biasanya wanita itu berjalan sendiri, dengan kata-kata yang tak pantas atau tidak senonoh.

Namun demikian, etimologi istilah ‘catcalling’ masih dianggap belum jelas, namun ada beberapa teori tentang etimologi kata tersebut sehingga istilah tersebut lalu muncul dan menjadi begitu popular.

Sebagian besar mengkaitkan popularitas ‘catcalling’ dengan karya Tex Avery, seorang pria yang terkenal dengan kartunnya yang inovatif. Who knows?

BACA JUGA: Pro-Verb Is Not a Proverb

Beda dengan catcalling, ‘catfight’ atau ‘catfighting’ adalah perkelahian antara dua wanita. Kenapa perkelahian antara dua wanita disebut ‘catfight’ = perkelahian kucing? Secara etimologis, ketika dua wanita berkelahi secara fisik, mereka umumnya menggunakan kedua tangannya untuk saling mencakar atau bahkan menjambak rambut masing-masing lawannya.

Kuku-kuku tangan yang tajam merupakan senjata andalan mereka seperti halnya yang dilakukan oleh kucing saat mereka berkelahi, mereka akan menggunakan kuku-kuku tajamnya untuk mencakar lawannya.

Selain ‘catcall’ dan ‘catfight’, masih ada beberapa istilah lain kenapa kata kucing (cat) selalu dikait-kaitkan dengan wanita (woman), di antaranya adalah:

‘Catsuit’ adalah jenis pakaian terusan untuk wanita yang bagian atasnya dibuat menyatu dengan bagian bawah seperti layaknya ‘jumpsuit’.

Bedanya dengan jumpsuit, catsuit ini siluetnya justru dibuat sangat ketat (terlalu press body) sehingga cenderung memperlihatkan lekuk tubuh si pemakai.

Lalu kenapa dinamakan ‘catsuit’? Nama tersebut muncul sekitar tahun 1955 atau 1960. Awalnya disebut ‘bodysuit’.

Sebenarnya, etimologi istilah ‘catsuit’ tidak diketahui secara pasti; ini mungkin merujuk pada aspek licin jenis bahan pakaian tersebut dan bila dikenakan oleh pemakainya tampak seperti seekor kucing menurut beberapa versi.

Hehe…ada-ada aja ya… Pantas saja ada superhero ‘catwoman’ pakaiannya sama seperti itu.

‘Catty’ adalah tajam atau keras yang digunakan untuk menunjukkan kata-kata yang diucapkan oleh seseorang khususnya wanita. Misalkan:

Cathie is always making catty remarks about her elder sister.
[Cathie selalu membuat komentar pedas/tajam tentang kakaknya].

‘Catwalk’ adalah tempat di mana para model (dulu, hanya kaum wanita) berjalan dengan percaya diri dan penuh gaya untuk memamerkan koleksi pakaian.

Dalam bahasa sehari-hari, istilah ‘catwalk’ sering kali digunakan secara bergantian dengan ‘runway’, tetapi sebenarnya catwalk adalah bagian dari runway itu sendiri.

Kenapa dinamakan demikian? Secara etimologis, istilah ‘catwalk’ muncul pertama kali pada tahun 1880-an, ketika ada peragaan busana di atas kapal dan di belakang bioskop, para peraganya harus berjalan dengan hati-hati dan halus seperti cara kucing berjalan (the way a cat walks).

Masuk akal juga…ya. Kucing itu kalau berjalan memang anggun dan elok.

Siapa yang mau jadi model? Siapa yang mau ikutan acara peragaan busana di catwalk? Tapi jangan malu-malu kucing jalannya ya…**

[Referensi: Dikumpulkan dari berbagai sumber

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum