Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 2 Jun 2023 08:48 WIB ·

Bahasa Inggris Amerika dan Britania Raya


 Tulisanrakyat.com_freepik_rawpixel.com Perbesar

Tulisanrakyat.com_freepik_rawpixel.com

Tulisanrakyat.com – Dua variasi Bahasa Inggris yang paling umum adalah Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania Raya. Meskipun mereka berdua berakar dari Bahasa Inggris, terdapat perbedaan signifikan antara keduanya.

Pertama-tama, perbedaan yang paling mencolok di antara kedua variasi bahasa tersebut adalah pengucapan dan aksen.

BACA JUGA: Bahasa Inggris: Serbaneka Menarik tentang Bahasa Internasional yang Satu Ini yang Perlu Kamu Tahu

Pengucapan dalam Bahasa Inggris Amerika cenderung lebih netral dan rata-rata, sedangkan Bahasa Inggris Britania Raya memiliki variasi aksen yang lebih khas, seperti aksen London, aksen Skotlandia, atau aksen Wales.

Beberapa contoh perbedaan pengucapan termasuk pengucapan huruf “r” yang lebih kuat dalam Bahasa Inggris Amerika dan pengejaan yang berbeda untuk kata-kata yang terdengar sama.

Selanjutnya, terdapat perbedaan dalam kosakata dan frasa yang digunakan di dalam kedua variasi bahasa itu.

BACA JUGA: British English and American English

Ada banyak kata yang memiliki arti yang sama, tetapi berbeda dalam pengejaan dan penggunaannya.

Misalnya, dalam Bahasa Inggris Amerika, kata “elevator” digunakan untuk menyebut “lift” dalam Bahasa Inggris Britania Raya, sedangkan kata “truck” digunakan untuk menyebut “lorry”.

Perbedaan lainnya termasuk penggunaan kata “apartment” dalam Bahasa Inggris Amerika untuk menyebut “flat” dalam Bahasa Inggris Britania Raya, dan penggunaan kata “sidewalk” untuk menyebut “pavement”.

Selain itu, terdapat perbedaan dalam tanda baca yang digunakan di dalam kedua variasi bahasa tersebut.

Dalam Bahasa Inggris Amerika, tanda kutip sering diletakkan di luar tanda baca akhir, sedangkan dalam Bahasa Inggris Britania Raya, tanda kutip sering diletakkan di dalam tanda baca akhir.

Misalnya, di Amerika Serikat, tulisan yang benar adalah: “She said, ‘Hello.'” Sedangkan di Britania Raya, tulisan yang benar adalah: ‘She said, “Hello”.’

Selanjutnya, perbedaan dalam ejaan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Terdapat beberapa kata yang dieja dengan cara yang berbeda di antara keduanya.

Misalnya, kata “color” dalam Bahasa Inggris Amerika dieja dengan “colour” dalam Bahasa Inggris Britania Raya, dan kata “center” dalam Bahasa Inggris Amerika dieja dengan “centre” dalam Bahasa Inggris Britania Raya.

Kesimpulannya adalah Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania Raya memiliki perbedaan yang signifikan dalam pengucapan, kosakata, gramatika, tanda baca, dan ejaan.

Meskipun perbedaan ini tidak menghalangi pemahaman antara penutur kedua variasi, penting untuk memahami perbedaan ini agar dapat berkomunikasi dengan lebih efektif di lingkungan yang menggunakan Bahasa Inggris Amerika atau Bahasa Inggris Britania Raya.**

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum