Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 18 Aug 2023 14:01 WIB ·

Bill (Paruh): Dari Bentuk Paruhnya Jadi Namanya dan Paruh Tidak Selalu tentang Burung


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Google/CollectedbyEddie Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Google/CollectedbyEddie

Tulisanrakyat.com – Apa yang ada di benak kalian jika mendengar kata “bill”? Jujur saja, kalau penulis jadi ingat dengan salah satu mantan presiden Amerika Serikat ke-42 yaitu Bill Clinton.

Apakah kalian masih ingat kapan dia menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat? Dari 20 Januari 1993 hingga 20 Januari 2001.

Ia menjabat dua periode. Bill Clinton sempat membuat istrinya, Hillary Clinton, stress berat karena skandal seks suaminya dengan Monica Lewinsky.

BACA JUGA: Kata ‘Man’: Maknanya Secara Umum, Secara Khusus, dan Lainnya

Bukan hanya Hillary saja yang stress. Ternyata kita pun ikut stress jika mendengar kata “bill”. He he…Kok bisa? Ya, kalau terkait dengan phone bill (tagihan telpon), electicity bill (tagihan listrik), dan other payment bills (tagihan pembayaran lainnya).

Apa artinya “bill” secara lengkap?

“Bill” menurut kamus Bahasa Inggris Cambridge Advanced Learner’s Dictionary adalah (1) a request for payment of money owed, or the piece of paper in which it is written: an electricity/gas/phone bill. (2) a formal statement of a planned new law that is discussed before being voted on. (3) Mainly in US (UK usually note): a piece of paper money. (4) the beak of a bird.

BACA JUGA: ‘Ville’ Sebagai Akhiran yang Bermakna Kota atau Tempat

Dalam artikel kali ini, kita akan fokus dengan bill pada definisi poin nomor 4 yaitu bill sebagai paruh burung (the beak of a bird).

Ada beberapa spesies burung yang diberi nama karena bentuk paruhnya (the shape of its bill) antara lain: crossbill, hornbill, ivorybill, razorbill, shoebill, sicklebill, spoonbill, swordbill, dan thornbill.

Crossbill adalah burung dari genus Loxia dari keluarga finch (Fringillidae). Burung ini memiliki ciri mandibula (paruh/bill) dengan ujung menyilang (cross), sehingga diberi nama crossbill dalam Bahasa Inggris.

Hornbill disebut burung rangkong (Bucerotidae) di Indonesia adalah keluarga burung yang berasal dari Afrika, Asia, dan Melanesia, dinamai menurut paruhnya yang besar dan melengkung seperti tanduk (horn).

Ivorybill (Campephilus principalis) adalah burung berparuh gading: Pada jenis dewasa, paruhnya mirip dan berwarna gading (ivory), sedangkan pada usia remaja warnanya putih kapur (chalky).

Razorbill (Alca torda) dinamai demikian karena ujung paruh paruh atasnya yang bengkok sangat tajam seperti mata silet (razor blade), dan memungkinkannya menangkap ikan dan mempertahankan diri dari pemangsa.

Shoebill: (Balaeniceps rex) jenis burung ini diberi nama begitu karena paruhnya memiliki ciri khas dan bentuknya mirip dengan bakiak Belanda (Dutch clog).

Bakiak adalah sejenis sepatu (shoe) mirip sandal. Kenapa gak dikasih nama “clogbill” saja? He he…terserah yang pertama kali menemukannya ya atau karena sepatu lebih fashionable dari pada bakiak.

Nama umum “sicklebill” (Epimachus fastosus) mengacu pada paruhnya yang panjang, melengkung, dan berbentuk sabit (sickle). Pemberian nama yang simpel.

Spoonbill (Platalea leucorodia): namanya berasal dari paruh datar seperti spatula atau sendok (spoon), yang digunakan burung untuk memberi makan. Kalau dinamakan spatulabill kayanya keren juga deh.

Swordbill hummingbird: adalah burung kolibri paruh pedang (Ensifera ensifera), juga dikenal sebagai paruh pedang (swordbill), adalah spesies burung kolibri neotropis dari wilayah Andes di Amerika Selatan.

Dinamakan demikian karena memiliki paruh (bill) yang panjang seperti pedang (sword).

Thornbill (Acanthiza pusilla) adalah burung kicauan yang biasanya ditemukan di Australia bagian timur dan tenggara, termasuk Tasmania. Disebut demikian karena memiliki paruh (bill) seperti duri (thorn).

Ternyata penamaan hewan dengan kata bill (paruh) tidak melulu tentang unggas atau burung. Ada tiga hewan jenis lain yang dinamakan juga dengan sebutan bill, yaitu duckbill (paruh bebek), hawksbill (paruh elang) dan spoonbill (paruh sendok). Kita bahas satu per satu.

Duckbill sering juga disebut platipus (platypus), terkadang disebut sebagai platipus berparuh bebek (duckbilled platypus), adalah mamalia bertelur semiakuatik yang endemik di Australia timur, termasuk Tasmania.

Ada beberapa spesies burung yang diberi nama karena bentuk paruhnya (the shape of its bill) antara lain: crossbill, dsb.

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Google/CollectedbyEddie

Selanjutnya ada hawksbill. Hawksbill seringkali disebut penyu sisik di Indonesia adalah jenis penyu laut yang terancam punah (endangered) termasuk dalam keluarga Cheloniidae.

Ini adalah satu-satunya spesies yang masih ada dalam genus Eretmochelys. Dinamakan demikian dalam Bahasa Inggris karena penyu ini memiliki paruh seperti paruh burung elang (hawk’s bill). Coba perhatikan gambarnya

Tearkhir ada spoonbill. Nama “spoonbill” tidak hanya nama jenis burung bangau tetapi juga nama jenis ikan paddlefish yang banyak hidup di daerah Amerika.

Paddlefish Amerika adalah spesies ikan bersirip pari. Ini adalah spesies ikan dayung (paddlefish) terakhir yang masih hidup.

Paddlefish atau spoonbill dicirikan oleh moncong panjang (long bill/snout) yang menyerupai dayung (paddle) atau sendok (spoon), sehingga namanya disebut demikian.

Karena beberapa orang mengira paddlefish sebagai anggota keluarga lele, kadang-kadang disebut juga sebagai spoonbill cat atau shovelnose cat (kucing berparuh sendok atau berhidung sekop).

Cat di sini maksudnya atau kependekan dari catfish (ikan lele).

Lain lagi dengan yang satu ini. Walaupun menyandang nama bill di belakangnya tetapi dia bukan unggas dan bukan pula penyu atau sejenis platypus. Apakah itu?

Ada beberapa spesies burung yang diberi nama karena bentuk paruhnya (the shape of its bill) antara lain: crossbill, dsb.

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/EddieW

Cranesbill adalah jenis tanaman bunga yang termasuk dalam jenis geranium.

Nama umum “cranesbill” berasal dari bentuk kolom yang belum mekar, yang pada beberapa spesies panjang dan terlihat seperti paruh bangau (crane’s bill).

Namun, ada banyak spesies dalam genus ini yang tidak memiliki kolom seperti paruh yang panjang.

Demikian artikel kita kali ini. Semoga kumpulan informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang terminologi nama-nama hewan dan tanaman.

Akhir kata, tetap semangat dan sehat selalu.**

[Referensi: Dikumpulkan dari berbagai sumber].

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum