Menu

Mode Gelap
 

Collection · 15 Oct 2023 15:08 WIB ·

Bolehkah Wanita Melakukan Persalinan dengan Operasi Caesar Sampai 5 Kali?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/KellySikkema Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/KellySikkema

Tulisanrakyat.com -Batas operasi caesar maksimal berapa kali?. Tidak ada angka pasti yang menjadi batas maksimal operasi Caesar.

Meski begitu, jenis operasi ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan lebih dari tiga kali. Jika dilakukan terlalu sering, operasi Caesar bisa meningkatkan resiko komplikasi

Hal ini dikuatkan oleh pernyataan seorang dokter spesial kebidanan dan kandungan (obgyn, obstetri & ginekologi) di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Boy Abidin, yang mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada batasan khusus bagi wanita untuk melahirkan secara operasi Caesar.

BACA JUGA: Kinski, Anakku, Ternyata Autis: Apa Sebenarnya Autis itu?

Namun, dokter biasanya menyarankan agar Caesar tidak dilakukan lebih dari tiga kali.

Jadi, yang direkomendasikan oleh dokter mungkin maksimal hanya 3 kali saja, itu pun kalau terpaksa, dalam arti sudah terlanjut hamil lagi. Muncul pertanyaan, kenapa harus operasi Caesar?

Ada beberapa alasan kenapa operasi Caesar secara medis harus dilakukan yaitu karena terdeteksi adanya resiko tinggi bagi keselamatan ibu dan anak, seperti antara lain: karena posisi bayi sungsang, kondisi gawat janin, kelainan bawaan atau infeksi dalam janin.

BACA JUGA: ‘Di Setiap Keluarga, Pasti Ada Satu Anak yang Proses Hidupnya Berat Banget’

Bisa juga karena keinginan sendiri dari ibu yang akan melahirkan. Karena persalinan dengan operasi Caesar lebih cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit yang luar biasa (labor) seperti melahirkan dengan cara normal.

Bedanya, rasa sakit itu muncul setelah selesai melahirkan secara Caesar (karena luka jahitan di perut) sedangkan melahirkan secara normal, rasa sakitnya hilang setelah selesai melahirkan walaupun nyawa taruhannya.

Dilansir dari laman Nutriclub.com persalinan operasi Caesar memiliki beberapa efek/dampak positif seperti:
1. Operasi Caesar dapat membantu mengurangi resiko kematian ibu dan anak selama proses persalinan apabila terindikasi ada masalah yang menyebabkan persalinan normal tidak bisa dilakukan.

2. Operasi Caesar juga terbukti dapat menurunkan kejadian prolaps panggul (turunnya organ panggul, rahim dan vagina) yang dapat terjadi dalam proses persalinan normal.

Tetapi operasi Caesar juga memiliki efek samping (side effects) tertentu pada sang ibu yang dapat terjadi setelah operasi, seperti antara lain:
1. Infeksi Bekas Jahitan Caesar
2. Pembekuan Darah
3. Tingkat Kesuburan Menurun
4. Rasa Nyeri Saat Berhubungan Intim
5. Plasenta Previa
6. Plasenta Akreta
7. Plasenta Lepas Dini (Abruptio Plasenta)
8. Rahim Robek

Sedangkan kemungkinan efek samping yang dapat terjadi pada bayinya adalah:
1. Kekebalan Tubuh Bayi Lemah
2. Ketidakseimbangan Mikrobiota Usus
3. Meningkatkan Resiko Obesitas
4. Ada Resiko Autisme dan ADHD

Bagaimana jika ada wanita yang melakukan persalinan lebih dari 3x? atau bahkan sampai 5x? Apa risikonya?

Dokter biasanya menyarankan agar para ibu hamil untuk tidak melakukan operasi Caesar lebih dari tiga kali.

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Kartika

Tahukah Anda bahwa wanita di atas telah melahirkan secara Caesar sebanyak 5x? Loh kok penulis tahu? Ya, karena wanita tersebut adalah ibu dari anak-anak penulis. Namanya ibu Kartika, bukan ibu kita Kartini ya ..hehe

Ibu Kartika atau yang lebih dikenal dengan ibu Tika telah melahirkan kelima anaknya secara Caesar di satu rumah sakit yang sama, yaitu Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah, Taman Puring, Jakarta Selatan.

Jadi pelanggan tetap atau khusus…hehe dan dokter yang menangani proses persalinannya pun nyaris sama.

Berikut data tentang persalinan Caesar ibu Kartika:
1. Operasi Caesar 1 → tanggal 12 Januari 1999
2. Operasi Caesar 2 → tanggal 13 Maret 2000
3. Operasi Caesar 3 → tanggal 13 Mei 2002
4. Operasi Caesar 4 → tanggal 03 Juli 2004
5. Operasi Caesar 5 → tanggal 15 April 2007

Kenapa harus operasi Caesar? Karena waktu itu saat mengandung anak pertama, ukuran bayinya cukup besar, lebih dari 3 kg. Oleh karena itu, operasi Caesar terpaksa menjadi salah satu alternatif terbaik.

Jika melahirkan anak pertama secara Caesar, maka untuk yang kedua umumnya dilakukan dengan operasi Caesar juga, apalagi untuk yang ketiga, keempat, kelima dan seterusnya (gak ada yang sampai 6x ya?).

Lalu, apa dampaknya atau efek sampingnya setelah melahirkan secara Caesar sampai 5x? Adakah efek samping seperti yang telah disebutkan sebelumnya?

Alhamdulillah, sampai hari ini tidak ditemukan adanya efek samping dan dampak negatif dari persalinan secara Caesar dengan jumlah sebanyak itu.

Ibu Tika masih sehat-sehat saja secara fisik sampai hari ini. Tetapi untuk bayinya, ada ditemukan efek sampingnya, yaitu pada anak pertama.

Anak kami didiagnosa dokter menyandang autisme (poin 4, efek samping operasi Caesar pada bayi) dan telah kami tulis di artikel sebelumnya (anak kami ternyata, autis) dan juga untuk anak terakhir (ke5) mengalami obesitas alias kelebihan berat badan (poin 3, efek samping operasi pada bayi).

Alhamdulillah, sudah turun berat badannya dan normal serta relatif lebih ideal berat badannya.

Akhir kata, anak itu kan titipan Tuhan. Jadi, apa yang telah diberikan Tuhan harus kita terima dengan senang hati. Jadi, ketika dia hamil yang ke4, ya diterima dan disyukuri saja.

Ketika hamil yang ke5, ya diterima dan disyukuri saja walaupun harus melalui operasi Caesar lagi dan berresiko tinggi. Dan ingat, Allah tidak membebani seseorang di luar batas kemampuannya.

Dokter biasanya menyarankan agar para ibu hamil untuk tidak melakukan operasi Caesar lebih dari tiga kali.

Ibu Kartika dan Kelima Anaknya (Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/EddieKartikaCollection

Kasus persalinan ibu Kartika mungkin merupakan salah satu kasus wanita yang melahirkan dengan operasi Caesar terbanyak di Indonesia, atau bahkan di dunia? Mungkinkah? Mungkin saja.

Sejauh ini belum ada informasi dan data yang pasti tentang itu. Bisa masuk rekor MURI dan Guinness Book of World Record nih…Sounds cool and interesting.**

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hijab Bukanlah Helm Tetapi Keduanya Sama-sama Penutup Kepala

5 April 2024 - 14:35 WIB

Hijab dan helm yang menjadi topik bahasan saya di artikel kali ini terkait dengan wanita pengendara motor.

Tidur Secukupnya: Life Is So Short

25 March 2024 - 09:42 WIB

Kesehatan tidur atau lebih dikenal dengan istilah sleep hygiene yang mengacu pada kebiasaan, perilaku dan faktor lingkungan yang sehat.

Tumben

21 March 2024 - 09:40 WIB

Menurut KBBI, ‘tumben’ bermakna (1) mula-mula sekali; (2) ganjil benar kali ini (tidak sebagai biasa atau menyalahi dugaan).

Bandel dan Nakal: Negatifkah Konotasinya?

15 March 2024 - 13:13 WIB

Secara umum, awalnya kata bandel dan nakal tersebut identik dengan perilaku anak-anak yang kurang baik seperti telah didefinisikan oleh KBBI.

Jaywalking, Zebra Cross, and Pelican Crossing

1 March 2024 - 10:05 WIB

Di negara seperti Amerika, Inggris, dan Korea Selatan jaywalking dianggap melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi, termasuk di Indonesia.

Nama Negara dan Kota Yang Disebut Berbeda di Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

29 February 2024 - 08:59 WIB

Ada cukup banyak nama tempat, kota dan negara di seluruh dunia yang ditulis atau dilafalkan secara berbeda oleh orang Inggris.
Trending di Collection