Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 9 Aug 2023 10:10 WIB ·

Content Writer dan Blogger: Apa Perbedaannya?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/FikretTozak Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/FikretTozak

Tulisanrakyat.com – Dalam era digital saat ini, konten memiliki peran yang sangat penting dalam membangun kehadiran online yang kuat. Dua peran yang sering kali dibicarakan dalam dunia konten adalah Content Writer dan Blogger.

Meskipun keduanya berhubungan erat dengan penulisan konten, terdapat perbedaan kunci antara keduanya.

Peran dan Fokus
Seorang Content Writer bertujuan untuk menghasilkan teks berkualitas tinggi yang sesuai dengan tujuan tertentu, seperti informasi, edukasi, atau pemasaran.

BACA JUGA: Blogging, Sebuah Alternatif Bagi Kamu yang Suka Menulis

Mereka sering kali bekerja untuk klien atau perusahaan untuk menciptakan konten yang sesuai dengan merek dan target audiens.

Di sisi lain, seorang Blogger fokus pada pembuatan konten secara reguler di platform pribadi mereka, seperti blog. Mereka menghadirkan pendapat pribadi, pengalaman, atau cerita seputar topik tertentu.

Blogger sering kali memiliki gaya penulisan yang khas dan berinteraksi langsung dengan pembaca melalui komentar atau media sosial.

BACA JUGA: Hari Blogger: 12 Kiat Jadi Blogger Sukses

Gaya Penulisan dan Tujuan
Content Writer cenderung memiliki gaya penulisan yang lebih serbaguna, dapat menyesuaikan suara dan gaya penulisan sesuai dengan kebutuhan klien atau platform yang berbeda.

Tujuan utamanya adalah menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif.

Sebaliknya, Blogger memiliki kebebasan lebih besar dalam mengekspresikan diri. Gaya penulisan mereka lebih pribadi, emosional, dan kadang kala informal.

Tujuan utama blogging adalah berbagi pandangan pribadi, menginspirasi, atau membangun komunitas pembaca yang berbagi minat yang sama.

Kontrol dan Pemilihan Topik
Content Writer seringkali harus menulis tentang berbagai topik sesuai permintaan klien. Mereka perlu melakukan riset mendalam dan menghasilkan konten yang informatif dan berwawasan.

Blogger memiliki kendali lebih besar dalam memilih topik yang ingin mereka tulis di blog pribadi mereka. Mereka dapat mengeksplorasi topik yang benar-benar mereka nikmati atau memiliki pengetahuan mendalam di dalamnya.

Kesimpulan
Secara singkat, perbedaan utama antara Content Writer dan Blogger terletak pada fokus, gaya penulisan, tujuan, dan tingkat kendali atas konten yang dihasilkan.

Content Writer bekerja untuk menciptakan konten berkualitas atas permintaan klien, sementara Blogger berbagi pandangan pribadi dan pengalaman secara konsisten di platform pribadi mereka.

Keduanya memiliki peran yang penting dalam dunia konten digital, masing-masing dengan kontribusi unik mereka.**

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum