Menu

Mode Gelap
 

Buzz · 13 Jun 2023 06:33 WIB ·

CPNS September 2023, TOEFL Tetap Menjadi Syarat Seperti Sebelumnya


 Tulisanrakyat.com/Unsplash/NguyenDangHoangNhu Perbesar

Tulisanrakyat.com/Unsplash/NguyenDangHoangNhu

Tulisanrakyat.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pada tahun 2023 ini akan dibuka perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada September mendatang.

Lebih lanjut Anas menjelaskan bahwa kriteria untuk para fresh graduate CPNS persyaratannya akan sangat tinggi dan akan ditempatkan pada lembaga, kementerian dan juga instansi daerah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu kriteria yang diwajibkan adalah kompetensi Bahasa Inggris dengan tolok ukur TOEFL, atau jenis English Proficiency Test lain seperti TOEFL.

BACA JUGA: TOEFL ITP dan TOEFL iBT: Perbedaan di Antara Keduanya yang Perlu Kamu Tahu

Anas menjelaskan bahwa dari total jumlah formasi yang dibutuhkan, 80% akan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sedangkan 20% sisanya untuk para lulusan baru (fresh graduate) yang akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Untuk sementara, total formasi yang diperlukan mencapai 1.030.751 kandidat dengan rincian CPNS dosen sebanyak 15.858, PPPK dosen sebanyak 6.472, tenaga teknis lain sebanyak 18.595.

Untuk PPPK guru dibutuhkan 12.000, PPPK tenaga kesehatan 12.719, dan PPPK tenaga teknis lain 15.205.

Instansi daerah juga akan menempatkan 6.259 orang PNS yang berasal dari lulusan sekolah kedinasan. Sedangkan untuk PPPK akan direkrut sebanyak 327.542 sebagai tenaga kesehatan, 580.202 sebagai guru, dan 35.000 orang sebagai tenaga teknis lainnya.

Berikut adalah beberapa instansi yang mengharuskan skor TOEFL minimal 400 PBT/ITP atau setara dengan 32 iBT menurut portal pencarian kerja kitalulus.com, antara lain: Pemprov DKI Jakarta,  Kementerian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Kementerian Perindustrian, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Beberapa instansi mewajibkan skor TOEFL yang lebih tinggi, minimal 450 PBT/ITP atau setara dengan 45 iBT, di antaranya adalah: Kementerian ESDM,  Kementerian PUPR, Kementerian PPPA, Arsip Nasional Republik Indonesia, Badan Kepegawaian Negara, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Kejaksaan Republik Indonesia

Untuk Kejaksaan Republik Indonesia, posisi penerjemah diharuskan memiliki skor minimal 500, sedangkan kualifikasi tertinggi disyaratkan oleh Kementerian Luar Negeri dengan skor minimal 550 PBT/ITP yang setara dengan 80 iBT.

BACA JUGA: TOEFL ITP, Kiat untuk Mendapatkan Nilai Tinggi

Namun Anda tidak perlu khawatir bila merasa bahasa Inggrisnya masih belum mencapai syarat tersebut karena masih ada beberapa instansi yang tidak tidak memerlukan skor TOEFL sebagai syarat, antara lain: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Lembaga Ketahanan Nasional.**

Artikel ini telah dibaca 194 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Komeng Is Coming to Senayan: Warna Baru di DPD

25 February 2024 - 10:21 WIB

Kehadiran Komeng di Senayan merupakan sebuah gebrakan yang menarik dan menjanjikan meskipun akan ada tantangan dan skeptisisme.

Karang Taruna Kelurahan Rempoa Unit 6 Bersihkan Jalan dari APK

19 February 2024 - 08:01 WIB

Karang Taruna Rempoa Unit 6, dibantu warga setempat, mengadakan kerja bakti membersihkan jalan dari alat peraga kampanye.

Kolaborasi Filantropi Muda Indonesia Himpun 4,7 Miliar untuk Palestina

20 November 2023 - 15:18 WIB

Apa yang terjadi di Gaza saat ini membuat Filantropi Muda Indonesia (FMI) bergerak untuk membantu warga Palestina.

KOKAM SAR Pemuda Muhammadiyah Tangerang Selatan Ikut Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana

14 November 2023 - 08:10 WIB

KOKAM, bagian terpenting dari Pemuda Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan, sberikhtiar untuk menjadi garda terdepan misi kemanusiaan.

Santri TPQ Attaubah Kumpulkan Donasi untuk Palestina

7 November 2023 - 12:07 WIB

Donasi ini dilakukan untuk menumbuhkan solidaritas anak-anak terhadap anak-anak seusianya di Palestina yang sedang dilanda perang.

PCM Ciputat Timur Gelar Musyawarah Cabang Ketiga

24 September 2023 - 17:02 WIB

PCM Ciputat Timur, Tangerang Selatan, mengadakan musyawarah cabang ketiga di SMP 17 Muhammadiyah pada Minggu, 24 September 2023.
Trending di News