Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 29 Sep 2023 09:47 WIB ·

Crazy Pronunciation in English


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/NothingAhead Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/NothingAhead

Tulisanrakyat.com – Saat mengajar Bahasa Inggris di kelas, penulis sering temui dan amati banyak sekali siswa yang salah melafalkan (mispronounce) kata yang mereka baca.

Misalkan, kata ‘determine’ dan ‘examine’ yang mana suku kata terakhir dari kedua kata tersebut seringkali dilafalkan sama persis dengan kata ‘mine’ /main/ = kepunyaanku.

Dari contoh kasus di atas, dapat disimpulkan bahwa lafal Bahasa Inggris itu terkadang tampak sulit.

BACA JUGA: Perfect Your Punctuation Marks Because They Can Save Your Life

Aturannya ada (rules exist) akan tetapi seringkali tidak bisa diandalkan (not reliable) karena selalu aja ada pengecualiannya. Lafalnya tidak pernah konsisten.

Sebagai contoh kata dengan –ar berbunyi  /a:r/ pada kata: bar, car, far, mar, par, spar, star, tar kecuali war /wᴐ:r/ dan akhiran –ine yang terbagi menjadi 2 kelompok suara, yaitu:

Lafal –ine /ain/Lafal –ine /in/ /i:n/
define /di’fain/aubergine /’oubәrʓi:n/
divine /di’vain/determine /di’tз:rmin/
entwine /in’twain/engine /’endʓin/
mine /main/examine /ig’zӕmin/
porcupine /’pᴐ:rkjupain/gasoline /’gӕsәli:n/
turbine /’tз:rbain/jasmine /’dʓӕzmin/
valentine /’vӕlәntain/machine /mә’ʃi:n/

BACA JUGA: Lafal Bahasa Inggris yang Unik: Secara Kelompok Kata Punya Bunyi yang Sama tetapi Selalu Ada Kata Pengecualiannya

Lafal yang tidak konsisten dalam Bahasa Inggris diperkuat oleh beberapa pendapat ahli atau pengamat bahasa, di antaranya adalah:

English pronunciation is unpredictable (Lafal Bahasa Inggris itu tidak bisa diprediksi) kata Daniel Jones. Lebih lanjut Daniel mengatakan bahwa “No language is written as it is spoken” and “No two people pronounce exactly alike”.

Tak ada bahasa yang ditulis sesuai dengan bunyinya dan tak ada 2 orang yang melafalkan dengan cara yang sama.

Sedangkan menurut George Bernard Shaw, lafal Bahasa Inggris memiliki lafal paling tidak logis di dunia.

Bahkan penutur aslinya pun dibuat bingung dengan sistem pelafalan di dalam Bahasa Inggris.

Ini dibuktikan dan diperkuat oleh pernyataan Dr. Edward Rondthaler English spelling and pronunciation system is very confusing and often puzzles the native speaker”.

Di artikel kita kali ini, penulis ingin membahas sedikit tentang sekumpulan kata yang memiliki lafal yang terbilang gila (crazy pronunciation), antara lain:

Cambridge

Suku kata pertama dari kata tersebut justru ‘rhymes with’ (memiliki rima yang sama dengan) bentuk past tense dari ‘come’ yaitu ‘came’ /keim/ bukan dengan kata (not rhymes with) ‘ham’ /hӕm/ dan ‘tram’ /trӕm/.

cancer & canker

Keduanya sama-sama penyakit. ‘Cancer’ dilafalkan /’kӕnsәr/ artinya penyakit kanker sedangkan ‘canker’ dilafalkan /’kӕŋkәr/ artinya sariawan (penyakit mulut).

Hati-hati jangan sampai salah lafal atau tulis ya.. bisa berbahaya loh.

carousal & carousel

Sekilas mirip ternyata beda pada huruf hidup setelah huruf ‘s’. Kata ‘carousal’ dilafalkan /’kә’rauzәl/ = pesta miras, pesta foya-foya sedangkan ‘carousel’ /,kӕrә’sel/ = tempat pengambilan barang (yang berputar) di bandara.

certain & curtain

Kata pertama huruf ‘c’ nya dilafalkan /s/ sedangkan pada kata kedua dilafalkan /k/, yaitu ‘certain /’sз:rtәn/ dan ‘curtain’ /’kз:rtәn/.

cupboard

Tidak dilafalkan seperti kata ‘cup’ /kʌp/ + ‘board’ /bᴐ:rd/ melainkan /’kʌbз:rd/ di mana huruf ‘p’ tak dilafalkan (silent) dan suku kata keduanya dilafalkan seperti (rhymes with) kata bird.

forehead

Tidak dilafalkan seperti lafal ‘fore’ /fᴐ:r/ + ‘head’ /hed/ melainkan /’fɑrid/

fuchsia

Bunga yang indah ini dilafalkan dengan /’fju:ʃә/. Aneh, gak?

gauge

Kata ini rhyme dengan kata ‘page’ dan oleh karena itu American English menulisnya ‘gage’.

geezer & geyser

Geezer’ adalah kata informal dalam British English dilafalkan /’gizә’/ artinya orangtua, pria sama seperti lafal kata ‘geyser’ /’gizә’/. Tetapi di Amerika ‘geyser’ dilafalkan /’gaizәr/.

gross

Kata ini terlihat seperti memiliki rima yang sama dengan (rhymes with) ‘loss’ padahal tidak. Lafal ‘loss’ /lɑs/. Sedangkan bunyi kata ‘gross’ huruf hidupnya dilafalkan panjang /grәʊs/ seperti pada kata ‘road’ /rәʊd/.

indict

Terlihat memiliki suku kata kedua yang sama lafalnya (rhymes with) dengan kata ‘conflict’,’constrict’, ‘convict’, ‘predict’ dan ‘restrict’ padahal justru rhyme dengan ‘invite’.

island

Tidak dilafalkan seperti ‘is’ /iz/ + ‘land’ /lӕnd/ melainkan /’ailәnd/. I guess everybody knows …

leopard & leotard

Kata ‘leopard’ dilafalkan /’lepәrd/ artinya macan tutul. Tetapi jangan berasumsi bahwa lafal ‘leotard’ adalah /’letәrd/. Salah, melainkan /’li:әta:rd/ yang berarti pakaian ketat untuk menari balet.

merengue & meringue

Kedua kata sekilas hampir sama, cuma beda huruf hidupnya setelah huruf ‘r’. Bagaimana melafalkan keduanya? ‘Merengue’ dilafalkan /mә’reŋgei/ rhyme dengan kata ‘dengue’.

Merengue adalah sejenis tarian dari Karibia.  Sedangkan ‘meringue’ dilafalkan /mә’rӕŋ/. Waduh…beda banget ya.

necklace

Terlihat kata ini lafalnya seperti kata ‘lace’ /leis/ pada kata ‘shoelace’ /’ʃu:leis/. Padahal lafal necklace adalah /’neklәs/. Wow…unpredictable!

Pelafalan (pronunciation) Bahasa Inggris itu memang unik, gila dan aneh. So, never give up learning how to pronounce it.

Necklace /’neklәs/ Shoelace /’ʃu:leis/ Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

penelope

Tampak kata ini seperti memiliki lafal suku kata terakhir yang sama dengan kata ‘antelope’. Ternyata, berbeda. Lafal ‘Penelope’ /pi’nelәpi/ sedangkan ‘antelope’ /’ӕntilәʊp/.

plague & plaque

Kata ‘plague’ dilafalkan /pleig/ = wabah penyakit sedangkan kata ‘plaque’ dilafalkan /pla:k/ = tanda peringatan

plaid & plait

Kedua kata di atas ternyata tidak se-rhyme dengan kata ‘bait’, ‘braid’, ‘laid’ dan ‘maid’ di mana huruf hidupnya dilafalkan /ei/ sedangkan pada kata ‘plaid’ dan ‘plait’ huruf hidupnya dilafalkan /ӕ/.

preface & surface

Kedua kata di atas ternyata dilafalkan tidak seperti ‘pre’ + ‘face’ dan ‘surf’ + ‘face’. Kata ‘face’ /feis/ dilafalkan /fis/ pada kata ‘preface’ /’prefis/ dan ‘surface’ /’sз:rfis/ karena tekanannya jatuh pada suku kata pertama.

quay

Apakah kalian tahu cara melafalkan kata ini? Ternyata kata ini homophone  (lafalnya sama) dengan kata ‘key’ yaitu /ki:/.

recipe

Akhiran –ipe pada kata di atas tidak rhyme dengan lafal dengan akhiran

ipe  pada kata ‘ripe’ /raip/ dan ‘swipe’ /swaip/. Lafal kata ‘recipe’ benar-benar tidak logis yaitu /’resәpi/.

salmon

Banyak siswa dan bahkan pengajar Bahasa Inggris yang pernah saya temui melafalkan kata ‘salmon’ sama persis dengan apa yang tertulis.

Padahal huruf ‘L’ pada kata ‘salmon’ adalah silent seperti pada kata ‘almond’, ‘alms’, dan ‘calm’. Lafal ‘salmon’ adalah /’sӕmәn/. Sekilas seperti nama Simon ya.

victuals

Ada dua keanehan pada kata ini. Pertama, huruf ‘c’ tidak disuarakan (silent) dan yang kedua adalah suku kata keduanya dilafalkan tidak seperti pada kata ‘rituals’ /’ritʃuәlz/ melainkan seperti ‘ttles’  /tәlz/ sehingga  ‘victuals’ dilafalkan /’vitәlz/ = vittles. Wow ..crazy!

vineyard

Tidak dilafalkan seperti  kata ‘vine’ /vain/ + ‘yard’ /ja:rd/ melainkan /’vinjәd/. Aneh ya? Secara analogis, mirip seperti lafal kata ‘season’ ≠ ‘sea’ + ‘son’.

Kesimpulannya, pelafalan (pronunciation) Bahasa Inggris itu memang unik, gila dan aneh. So, never give up learning how to pronounce it.**

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum