Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 29 Aug 2023 07:11 WIB ·

Dari Kebiasaan-Cara Makan, Apa Yang Dimakan, dll-Jadi Namanya: Unik dan Cukup Simpel, Bukan?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat,com/Wikipedia Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat,com/Wikipedia

Tulisanrakyat.com – Pernahkah kalian mendengar burung turnstone? Mungkin sebagian besar belum pernah ya, karena namanya begitu asing di telinga kita.

Akan tetapi dari namanya kita mungkin bisa menebak kebiasaan atau cara hidup jenis burung ini. Turnstone terdiri dari dua kata, yaitu: turn = membalikkan dan stone = batu. Membalikkan batu? Apa maksudnya?

Dikutip dari website The Wildlife Trusts, turnstones – so-named for their habit of flipping over large stones – feed on a wide variety of prey They can be spotted creeping and fluttering about the rocks, looking for food underneath them.

Yang kurang lebih bermakna “turnstones – dinamakan demikian karena kebiasaan mereka membalikkan batu besar – memakan berbagai macam mangsa. Mereka terlihat merayap dan beterbangan di bebatuan, mencari makanan di bawahnya”.

BACA JUGA: Ayo Lindungi Otak Kita dengan Membaca Buku karena Lebih Baik Kutu Buku Daripada Mati Kutu

Ternyata, membalikkan batu itu merupakan cara mencari makan burung turnstone. Nampaknya orang Inggris yang pertama kali memberi nama burung tersebut terkesan agak ngasal ya tapi terlihat simpel banget ya.

Ternyata turnstone bukan satu-satunya jenis burung yang dikasih nama karena kebiasaan hidupnya. Contoh lainnya:

Roadrunner (pelari jalan).
Dinamakan demikian karena jenis burung ini sering terlihat berlari (run) melintasi semak belukar (bush) dan jalan raya (road).

Shearwater (pemotong/penciduk air)
Disebut demikian karena burung laut ini sering terlihat (memiliki kebiasaan) terbang meluncur dengan sayapnya yang kaku memotong air (shear water) di antara palung ombak.

Woodpecker (burung pelatuk)
Disebut demikian karena burung ini memiliki kebiasaan mematuk-matuk kayu (woodpeckers peck wood) untuk mencari serangga sebagai makanannya.

Di Spanyol burung ini dinamakan a pajaro carpintero alias carpenter bird, burung tukang kayu. Mendingan disuruh buat lemari kayu aja ya…hehehe.

BACA JUGA: Bahasa Menunjukkan Bangsa, Peribahasa (Suatu Bangsa) Menunjukkan Budaya Bangsa

Selain jenis burung ada jenis serangga yang juga diberi nama karena kebiasaannya. Misalkan jenis serangga yang sering melompat-lompat (hop) disebut hopper.

Jenisnya tergantung pada area di mana serangga tersebut melompat-lompat.

Jika melompat-lompat di atas rumput (grass) maka dinamakan grasshopper = belalang. Simpel, bukan? Contoh lainnya adalah:

Leafhopper karena kebiasaannya melompat-lompat di atas daun (leaf).

Sandhopper karena kebiasaannya melompat-lompat di atas pasir (sand) pantai. Maka sering kali disebut juga beach hopper, sand flea atau land shrimp.

Treehopper mendapatkan namanya karena kebiasaannya melompat-lompat di atas pohon (tree). Serangga ini masih relasi dekat (bukan sodara jauh) dengan leafhopper.

Firefly (kunang-kunang). Dinamakan demikian karena serangga ini seperti api terbang. Disebut juga glowworm atau lightning bug.

Banyak hal, hewan dan manusia, diberi nama karena kebiasaan yang mereka lakukan dalam kehidupannya sehari-hari.

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Wikipedia

Love bug (kumbang cinta, Plecia nearctica). Disebut demikian karena jenis serangga ini seringkali ditemukan sedang kawin (bercinta).

Kalau burung, ada yang namanya lovebird, dinamakan demikian karena ikatan pasangannya yang kuat (strong pair bonds). Mereka selalu terlihat berpasangan. Romantis sekali ya…Bikin iri aja.

Praying mantis (belalang sembah). Disebut demikian karena serangga ini sering terlihat seperti sedang berdoa (pray). Kita sering menyebutnya cangcorang.

Spittlebug (kumbang ludah). Disebut demikian karena cara makannya dengan cara mengisap cairan yang berbentuk seperti air liur atau ludah (spittle).

Spittlebug disebut froghopper karena serangga ini saat dewasa terlihat seperti katak kecil (small frog).

Black widow (janda hitam). Namanya terdengar cukup menarik ya? terutama bagi kaum Adam. Black widow adalah sejenis laba-laba hitam di mana sang betina akan membunuh bahkan memakan si jantan setelah mereka kawin (bercinta).

Karena si jantan mati, maka ia menjadi janda (widow). Life is so short bagi si jantan. Ngeri ya…beruntung penulis tidak diciptakan Tuhan menjadi laba-laba jantan jenis ini ya. Habis kawin langsung almarhum.

Istilah “black widow = janda hitam” sempat viral di Chechnya saat pasukan Rusia menyerang Chechnya pada 1999.

Black widow atau di Chechnya disebut Shahidka adalah para wanita yang merupakan janda dari pria yang dibunuh oleh pasukan Rusia di Chechnya.

Istilah tersebut memiliki konotasi yang sama dengan “black widow spider” = laba-laba janda hitam karena para wanita Chechnya tersebut mengenakan gaun hitam dan pakaian gelap yang menutupi tubuh mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki seperti warna hitamnya black widow spider.

Mereka pun konon ikut berjuang melawan pasukan Rusia untuk membalas kematian suaminya dengan cara melakukan bom bunuh diri.

Pond skater (peluncur kolam) adalah sejenis serangga yang sering meluncur (skating) di atas kolam (pond). Gak mau kalah dengan manusia yang sering melakukan ice skating. Pond skater disebut juga water strider (pelangkah air).

Bluebottle di Indonesia dikenal dengan nama lalat hijau. Warna biru kan beda dengan hijau ya? Siapa yang buta warna ya? Kita atau orang Inggris?

Entahlah. Apakah penamaannya misnomer? Yang pasti kenapa dinamakan bluebottle karena diambil dari salah satu polipnya, yaitu kantung berisi gas, yang sering disebut sebagai “pelampung”, yang menyerupai botol biru (bluebottle) yang mengapung di lautan.

Yellow jacket (jaket kuning). Wah, anak UI dong. Penamaannya sangat sederhana ya karena diambil dari pola warna hitam dan kuning (yellow) khas yang melintang di perutnya.

Daddy-long-legs (ayah berkaki panjang?). Namanya lucu dan unik ya. Disebut demikian sebenarnya masuk akal juga sih karena jenis serangga ini memiliki kaki-kaki yang panjang (long legs). Lalu, kenapa ada tambahan daddy (ayah)? Who knows?

Selain serangga ada jenis hewan lainnya yang juga diberi nama berdasarkan perilakunya dan apa yang dimakannya.

Anteater.
Di Indonesia dinamakan trenggiling. Dinamakan anteater (pemakan semut) ya karena makannya semut (ants).

Mudskipper
Kenapa dinamakan demikian? Karena hewan ini memiliki kemampuan berjalan, memanjat dan melompat (skip) keluar dari air maupun lumpur (mud).

Hummingbird (kolibri)
Disebut demikian karena kepak sayapnya saat sedang terbang mengeluarkan bunyi atau suara senandung (humming). Kalau penulis bersenandungnya, saat di kamar mandi.

Sebenarnya banyak nama-nama benda lainnya seperti tanaman, batu mineral yang menggunakan nama penemunya seperti di antaranya adalah:

 

Tanaman bungaNama penemunya
gallardiaGallard
gardeniaAlexander Garden
gloxiniaB.P. Gloxin
kerriaWilliam Kerr
mahoniaBernerd McMahon
wisteriaCaspar Wistar

 

Mineral Nama penemunya
gahniteJ.G. Gahn
garnieriteJules Garnier
goethiteW. von Goethe
greenockiteLord Greenock
witheriteWilliam Withering
wollastoniteWilliam H. Wollaston

Tetapi tidak buat orang Inggris. Mereka menamakan sesuatu dengan cara yang lebih sederhana.

Pantas saja William Shakespeare, seorang pujangga terkenal asal Inggris, sampai ngomong “What’s in a name?” = Apa artinya sebuah nama?”. Terjawab sudah.

Dan masih banyak jenis hewan yang penamaannya (terminologi) sangat sederhana yaitu hanya berdasarkan ciri-ciri yang ada pada tubuhnya, seperti warnanya. Misalkan, blackbird, bluebird, redbreast, greenshank, dan seterusnya.

Akhir kata, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menambah wawasan.**

[Referensi: Diambil dari berbagai sumber]

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum