Menu

Mode Gelap
 

Collection · 7 Aug 2023 06:28 WIB ·

Dari Namanya Kita Tahu Rasanya dan dari Rasanya Jadi Namanya


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Google/EddieW Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Google/EddieW

Tulisanrakyat.com – Teringat waktu saya mengajar Bahasa Inggris dan temanya mengenai berbagai macam rasa.

Sebelum memulai pembahasan tema hari itu, saya memancing siswa dengan mengajukan dua pertanyaan awal. Pertanyaan pertama yang saya ajukan: “How does salt taste? = Bagaimana rasanya garam?”

Hampir semua siswa menjawab serentak: “salty = asin”. Jawaban yang simpel. Salt tastes salty.

BACA JUGA: Nama Keluarga (Surname): Identitas dan Entitas Keluarga yang Digunakan dari Generasi ke Generasi

Lalu saya memancing dengan pertanyaan kedua. “How does soursop taste? (Bagaimana rasanya sirsak?)”. Salah satu siswa langsung menjawab dengan cepat sambi mengacungkan jarinya.

Sour, sir but to be honest, I never eat it.  (Asam rasanya, pak, tapi jujur saya belum pernah memakannya),” jawabnya.

Kemudian saya tanya balik ke siswa tersebut. “You never eat it but how did you know that it tastes sour? (Belum pernah memakannya tetapi kenapa kamu bisa tahu rasanya asam?).” Langsung dia jawab: “Dari namanya!”

BACA JUGA: Bahasa Menunjukkan Bangsa, Peribahasa (Suatu Bangsa) Menunjukkan Budaya Bangsa

“Betul juga ya,” pikirku. Setelah pelajaran selesai saya mencoba mencari tahu tentang nama-nama buah, sayuran dan tanaman yang diberi nama karena rasanya.

Ternyata ada, walaupun kebanyakan dinamakan karena warnanya, seperti: blackberry, blueberry, red cherry, green beans, dll. Di Indonesia juga banyak ada kacang hijau, beras merah, bawang merah, bawang putih, dsb.

Dari lima jenis rasa dasar dalam Bahasa Inggris: pahit (bitter), asam (sour), manis (sweet), enak (yummy, umami), dan asin (salty) kadang plus pedas (spicy), hanya tiga rasa yang digunakan yaitu bitter, sour, dan sweet untuk menamakan buah, sayuran, dan tanaman.

Sedangkan di Indonesia ada lebih dari lima rasa. Selain kelima rasa di atas, ada rasa getir, sepet, hambar (tasteless), dan rasa tak karuan…hehe.

Mari kita mulai dengan rasa manis dan asam dulu ya. Ada dua jenis buah yang masih satu keluarga yaitu dari family Annona.

Keduanya dinamakan dengan ciri rasa yang berbeda, asam dan manis. Yang satu rasanya asam (sour) sehingga dinamakan soursop (sirsak, Annona muricata).

Sedangkan yang satunya lagi dinamakan sweetsop (srikaya, Annona squamosa) karena manis (sweet) rasanya.

Contoh lainnya:

Buah yang rasanya asam Buah yang rasanya manis
sour cherrysweet cherry
sour orangesweet orange

Di Indonesia ada buah asam/asem karena rasanya memang benar-benar asam (sour) dan disebut tamarind dalam Bahasa Inggris.

Berikut ini adalah daftar jenis tanaman lain yang mempunyai perbedaan rasa. Yang satu ada rasa manisnya. Misalkan, potato = kentang menjadi sweet potato = ubi.

Tanaman Tanaman lainnya
assylumsweet assylum
basilsweet basil
birchsweet birch
cornsweet corn
fernsweet fern
potatosweet potato
sorghumsweet sorghum

Dari namanya kita dapat menduga rasanya. Misal, soursop (sirsak). Sour berarti asam. Lalu, bagaimana dengan yang lainnya?

Di Indonesia ada kayu manis (cinnamon) dan mangga harum manis.

Yang pahit:

TanamanJenis lainnya tapi pahit rasanya
cress  kresbitter cress  kres pahit
melon  melonbitter melon  pare
weed  tanamanbitterweed  tanaman pahit

Rasa sebagai minuman atau makanan.

Bitters adalah minuman pahit beralkohol

Sour adalah cocktail terbuat dari wiski dicampur lemon atau limo kadang ditambah es.

Sweets adalah makanan penutup atau permen.

Kombinasi 2 rasa

Bittersweet adalah spesies tanaman Celastrus dengan bunga kehijauan yang sebagian besar tumbuh di bulan Juni.

Kata “bittersweet” = pahit manis digunakan juga untuk menggambarkan rasa makanan, misalkan “bittersweet chocolate”. Makanya rasa coklat itu pahit-pahit manis atau manis-manis pahit.

Kata “bittersweet = pahit manis”  seringkali digunakan untuk menggambarkan suka duka kehidupan kita.

Pahitnya kehidupan bermakna hidup yang penuh derita, kegagalan, kesusahan sedangkan manisnya kehidupan adalah kesuksesan hidup, kebahagiaan, kesenangan, dan sesuatu yang sifatnya indah dan manis.

Di Indonesia selain ungkapan pahit manis kehidupan ada ungkapan lain yang menggunakan rasa yaitu “banyak makan asam garam “yang menggambarkan orang yang memiliki banyak pengalaman dan berwawasan luas.

Sebagai penutup artikel kita kali ini, penulis mau tanya. Apakah kalian tahu Pangeran William dan sweet William? Yang pertama tentunya semua pembaca sudah tahu siapa Pangeran William.

Lalu, siapa sweet William?

Sweet William adalah sejenis tanaman bunga yang dalam Bahasa Latin disebut Dianthus barbatus. Uniknya, nama bunga ini dikaitkan dengan seorang pangeran Inggris, William the conqueror, yang hidup pada abad ke-11.

Konon menurut ceritanya pangeran William jatuh cinta dengan seorang gadis lalu sang pangeran berusaha merebut hati sang gadis dengan selalu memberikan bunga kepadanya.

Wow…so sweet banget ya. Bunga kan simbol cinta. Makanya sejak itu bunganya disebut sweet William. Apakah kisah itu nyata atau mitos? Entahlah…**

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hijab Bukanlah Helm Tetapi Keduanya Sama-sama Penutup Kepala

5 April 2024 - 14:35 WIB

Hijab dan helm yang menjadi topik bahasan saya di artikel kali ini terkait dengan wanita pengendara motor.

Tidur Secukupnya: Life Is So Short

25 March 2024 - 09:42 WIB

Kesehatan tidur atau lebih dikenal dengan istilah sleep hygiene yang mengacu pada kebiasaan, perilaku dan faktor lingkungan yang sehat.

Tumben

21 March 2024 - 09:40 WIB

Menurut KBBI, ‘tumben’ bermakna (1) mula-mula sekali; (2) ganjil benar kali ini (tidak sebagai biasa atau menyalahi dugaan).

Bandel dan Nakal: Negatifkah Konotasinya?

15 March 2024 - 13:13 WIB

Secara umum, awalnya kata bandel dan nakal tersebut identik dengan perilaku anak-anak yang kurang baik seperti telah didefinisikan oleh KBBI.

Jaywalking, Zebra Cross, and Pelican Crossing

1 March 2024 - 10:05 WIB

Di negara seperti Amerika, Inggris, dan Korea Selatan jaywalking dianggap melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi, termasuk di Indonesia.

Nama Negara dan Kota Yang Disebut Berbeda di Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

29 February 2024 - 08:59 WIB

Ada cukup banyak nama tempat, kota dan negara di seluruh dunia yang ditulis atau dilafalkan secara berbeda oleh orang Inggris.
Trending di Collection