Menu

Mode Gelap
 

Health · 30 May 2023 06:39 WIB ·

Diabetes Melitus: Penyebab dan Pencegahannya


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pixabay/ Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pixabay/

Tulisanrakyat.com – Diabetes melitus, yang umumnya dikenal sebagai diabetes, adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Diabetes melitus memiliki dampak serius pada kesehatan seseorang dan dapat mempengaruhi berbagai organ dan sistem dalam tubuh. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab penyakit ini serta tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena diabetes.

BACA JUGA: Manfaat Akupresur untuk Kesehatan

Penyebab Diabetes Melitus

  1. Faktor Genetik

Ada faktor genetik yang berperan dalam munculnya diabetes. Jika ada riwayat diabetes dalam keluarga Anda, kemungkinan Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit ini.

BACA JUGA: Panjang Umur dan Resep Sederhananya

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat 

Pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik dapat menjadi penyebab utama diabetes tipe 2. 

Konsumsi makanan tinggi gula dan lemak, serta kurangnya olahraga, dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan resistensi insulin, yang merupakan langkah awal dalam perkembangan diabetes tipe 2.

  1. Obesitas 

Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi faktor risiko utama diabetes tipe 2. Lemak tubuh yang berlebih dapat mengganggu kinerja insulin dan menyebabkan peningkatan gula darah.

  1. Resistensi Insulin

Pada diabetes tipe 2, tubuh menjadi kurang responsif terhadap insulin, hormon yang membantu mengendalikan kadar gula darah. 

Resistensi insulin dapat berkembang akibat kelebihan berat badan, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik.

Pencegahan Diabetes

  1. Pola Makan Sehat 

Mengonsumsi makanan sehat adalah langkah penting dalam pencegahan diabetes. Pilihlah makanan yang rendah lemak, rendah gula, dan tinggi serat.

  1. Aktivitas Fisik Teratur 

Melibatkan diri dalam aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik moderat atau 75 menit aktivitas aerobik intens setiap minggu, ditambah dengan latihan kekuatan yang melibatkan semua kelompok otot secara rutin.

  1. Mengelola Berat Badan 

Menjaga berat badan yang sehat sangat penting dalam pencegahan diabetes. 

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, usahakan untuk mengurangi berat badan dengan menjalani gaya hidup sehat yang melibatkan pola makan yang baik dan olahraga teratur.

  1. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol Berlebihan 

Merokok dan minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes. Berhenti merokok dan membatasi konsumsi alkohol dapat membantu dalam pencegahan diabetes.

  1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi risiko diabetes lebih awal. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memeriksa kadar gula darah, tekanan darah, dan faktor risiko lainnya.

Diabetes adalah penyakit yang dapat dicegah dengan mengadopsi gaya hidup sehat. 

Dengan menjaga pola makan yang baik, berolahraga teratur, menjaga berat badan yang sehat, dan menghindari kebiasaan merokok serta konsumsi alkohol yang berlebihan, kita dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Penting untuk meningkatkan kesadaran akan faktor penyebab diabetes dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk memastikan kesehatan jangka panjang kita.**

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bagaimana Agar Kita Tak Mudah Lupa dengan Apa Yang Kita Pelajari?

25 November 2023 - 06:20 WIB

Menjadi lupa itu tidak terbatas pada usia karena banyak orang yang usianya relatif masih muda juga mudah lupa.

Alzheimer: Apa dan Bagaimana Mencegahnya

22 September 2023 - 09:31 WIB

Melalui pemahaman, pencegahan, dan dukungan, kita dapat bergerak menuju dunia yang lebih baik tanpa Alzheimer.

Fidgeting: Definisi dan Bentuknya

13 September 2023 - 09:05 WIB

Mengenali kebiasaan fidgeting Anda dan mencoba mengendalikannya dapat membantu Anda berinteraksi lebih efektif.

Hiponatremia: Bahaya di Balik Konsumsi Air Putih Berlebihan

18 August 2023 - 19:02 WIB

Salah satu risiko yang jarang disadari dari minum air putih dalam jumlah yang berlebihan adalah terjadinya hiponatremia.

Cedera ACL, Penghambat Karier Bagi Banyak Atlet Muda

18 August 2023 - 18:40 WIB

Penyembuhan total cedera ACL yang bisa memakan waktu sampai sembilan bulan. Mengapa cedera ACL bisa memakan waktu sampai sembilan bulan?

Cacar, Dari Dahulu Hingga Kini

10 August 2023 - 07:20 WIB

Virus variola adalah penyebab dari terjadinya penyakit cacar (smallpox), berbeda dengan cacar air (chickenpox) atau cacar monyet (monkeypox).
Trending di Health