Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 6 Aug 2023 06:48 WIB ·

Grammar Penting: Jika Ada yang Bilang Sebaliknya, ‘Ke Laut Aja!’


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/ClarissaWatson Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/ClarissaWatson

Tulisanrakyat.com – Dalam era digital saat ini, di mana komunikasi semakin dominan melalui pesan singkat, media sosial, dan email, pentingnya tata bahasa atau grammar sering kali terabaikan.

Namun, jangan sampai terlena dengan pemikiran bahwa grammar hanya sekadar aturan kaku yang tidak memiliki dampak besar.

Sebaliknya, penggunaan grammar yang tepat memiliki peranan yang sangat penting dalam memastikan pesan yang disampaikan dapat dimengerti dengan jelas dan akurat.

BACA JUGA: Kata Sandang A dan An: Bukan Sekadar Huruf Vokal atau Konsonan

Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa tata bahasa yang baik bukanlah hal yang begitu penting dalam komunikasi sehari-hari.

Mereka berpendapat bahwa asalkan pesan utama tersampaikan, beberapa kesalahan tata bahasa bisa dimaklumi. Namun, pandangan ini sebenarnya bisa merugikan.

Kesalahan tata bahasa dapat menyebabkan terjadinya kebingungan, salah tafsir pesan, atau bahkan mengurangi kredibilitas si penulis.

BACA JUGA: Simbol Fonetik Bahasa Inggris yang Perlu Jadi Perhatian Orang Indonesia yang Belajar Bahasa Inggris

Pentingnya penggunaan grammar yang benar tidak hanya berlaku dalam situasi formal, seperti penulisan laporan atau surat resmi.

Bahkan dalam percakapan sehari-hari, penggunaan tata bahasa yang tepat akan membantu menjaga kejelasan komunikasi.

Kesalahan grammar yang terlalu sering dapat membuat pembaca atau pendengar kesulitan dalam memahami apa yang ingin disampaikan.

Selain itu, penggunaan grammar yang benar juga mencerminkan tingkat profesionalisme dan rasa hormat terhadap komunikasi yang dijalin.

Ketika seseorang berbicara atau menulis dengan tata bahasa yang buruk, pesan yang disampaikan bisa terkesan kurang serius atau kurang dihargai.

Sebaliknya, penggunaan tata bahasa yang tepat dapat meningkatkan reputasi sebagai individu yang cermat dan berpengetahuan.

Dalam dunia bisnis, penggunaan grammar yang baik dapat memiliki dampak yang signifikan.

Pesan yang ditulis dengan tata bahasa yang benar akan lebih meyakinkan dan dapat meningkatkan peluang kesepakatan bisnis.

Kesalahan tata bahasa dalam dokumen kontrak atau proposal bisnis bisa berpotensi merugikan dan menciptakan ketidakpastian.

Dalam pendidikan, grammar juga memiliki peranan penting. Penggunaan tata bahasa yang benar dalam pembelajaran akan membantu siswa mengasah keterampilan komunikasi mereka.

Kemampuan untuk mengekspresikan ide dengan jelas dan akurat melalui penulisan atau berbicara adalah keterampilan yang sangat berharga dalam perkembangan pribadi dan akademis.

Dalam rangka menjaga arti dan tujuan komunikasi yang tepat, serta membangun citra yang baik dalam interaksi sosial, tidak ada alasan untuk mengabaikan pentingnya grammar.

Jadi, jika ada yang meremehkan pentingnya grammar, mungkin jawaban yang paling tepat adalah mengingatkan mereka, “Jika ada yang bilang sebaliknya, ‘ke laut aja!'”–artinya, kita tetap harus memperhatikan tata bahasa dengan serius agar pesan yang ingin disampaikan tidak tenggelam dalam lautan ketidakjelasan.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum