Menu

Mode Gelap
 

Health · 28 Jul 2023 07:11 WIB ·

Hari Hepatitis Sedunia: Penyebab, Pencegahan, dan Penanganan Hepatitis


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/DhayaEddineBentaleb Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/DhayaEddineBentaleb

Tulisanrakyat.com – Setiap tahunnya, pada 28 Juli, kita memperingati Hari Hepatitis Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit hepatitis, yang merupakan salah satu masalah kesehatan global yang serius.

Peringatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang penyebab, pencegahan, dan penanganan hepatitis agar dapat mengurangi beban penyakit ini di seluruh dunia.

Apa itu Hepatitis?

Hepatitis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan pada hati. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, dan penyakit autoimun.

Dalam kasus infeksi virus, ada lima jenis hepatitis utama yang dikenal sebagai hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A, B, dan C adalah yang paling umum di seluruh dunia.

BACA JUGA: Otak dan Nutrisi Terbaik untuknya

Penyebab Hepatitis

1. Hepatitis A

Penularan virus hepatitis A biasanya terjadi melalui makanan atau air yang terkontaminasi oleh tinja orang yang terinfeksi.

Praktik sanitasi yang buruk dan kurangnya kebersihan dapat meningkatkan risiko penyebaran virus ini.

2. Hepatitis B

Hepatitis B menyebar melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau alat yang terkontaminasi. Ibu yang terinfeksi juga dapat mentransfer virus ini pada bayi selama persalinan.

BACA JUGA: Ciuman dan 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

3. Hepatitis C

Penularan hepatitis C terjadi melalui kontak langsung dengan darah yang terinfeksi. Salah satu penyebab utama penularan adalah berbagi jarum suntik saat menggunakan obat terlarang.

4. Hepatitis D

Virus hepatitis D hanya dapat menjangkiti individu yang sudah terinfeksi hepatitis B. Penularannya hampir sama dengan hepatitis B melalui darah dan cairan tubuh.

5. Hepatitis E

Penularan virus hepatitis E terutama terjadi melalui air yang terkontaminasi dan umumnya berhubungan dengan buruknya sanitasi dan kebersihan.

Pencegahan Hepatitis

Pencegahan merupakan langkah penting dalam mengurangi beban hepatitis di masyarakat. Beberapa tindakan pencegahan yang dapat diambil antara lain:

1. Vaksinasi

Vaksin hepatitis A dan B telah terbukti efektif melindungi individu dari infeksi virus tersebut. Masyarakat harus menerima vaksinasi sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan.

2. Kebersihan

Meningkatkan kebersihan dan sanitasi lingkungan sangat penting untuk mencegah penyebaran hepatitis A dan E.

Cuci tangan dengan sabun dan air bersih, pastikan air minum bersih, dan hindari makanan yang tidak terjaga kebersihannya.

3. Penggunaan Jarum Suntik Aman

Orang yang menggunakan obat suntik harus selalu menggunakan jarum suntik sekali pakai untuk mengurangi risiko penularan hepatitis C dan infeksi lainnya.

4. Pentingnya Seks Aman

Penggunaan kondom saat berhubungan seks dapat membantu mengurangi risiko penularan hepatitis B dan C.

Penanganan Hepatitis

Penanganan hepatitis akan bergantung pada jenis hepatitis dan tingkat keparahan penyakit pada setiap individu. Beberapa langkah penanganan meliputi:

1. Pengobatan Medis

Hepatitis A biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Namun, hepatitis B, C, dan D memerlukan pengobatan medis yang tepat.

Konsultasikan dengan tenaga medis terkait terapi dan obat yang sesuai.

2. Pengurangan Risiko Lebih Lanjut:

Jika seseorang sudah terinfeksi hepatitis B, C, atau D, penting untuk mengurangi risiko penularan ke orang lain melalui tindakan pencegahan yang tepat.

3. Perawatan dan Pengawasan:

Individu dengan hepatitis yang lebih serius mungkin memerlukan perawatan intensif dan pengawasan oleh tim medis untuk mengatasi komplikasi yang mungkin timbul.

Hari Hepatitis Sedunia adalah kesempatan untuk mengenang dan meningkatkan kesadaran akan bahaya hepatitis serta pentingnya pencegahan dan penanganan yang tepat.

Dengan edukasi dan tindakan yang tepat, kita dapat bergerak maju dalam mengatasi masalah hepatitis dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.**

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bagaimana Agar Kita Tak Mudah Lupa dengan Apa Yang Kita Pelajari?

25 November 2023 - 06:20 WIB

Menjadi lupa itu tidak terbatas pada usia karena banyak orang yang usianya relatif masih muda juga mudah lupa.

Alzheimer: Apa dan Bagaimana Mencegahnya

22 September 2023 - 09:31 WIB

Melalui pemahaman, pencegahan, dan dukungan, kita dapat bergerak menuju dunia yang lebih baik tanpa Alzheimer.

Fidgeting: Definisi dan Bentuknya

13 September 2023 - 09:05 WIB

Mengenali kebiasaan fidgeting Anda dan mencoba mengendalikannya dapat membantu Anda berinteraksi lebih efektif.

Hiponatremia: Bahaya di Balik Konsumsi Air Putih Berlebihan

18 August 2023 - 19:02 WIB

Salah satu risiko yang jarang disadari dari minum air putih dalam jumlah yang berlebihan adalah terjadinya hiponatremia.

Cedera ACL, Penghambat Karier Bagi Banyak Atlet Muda

18 August 2023 - 18:40 WIB

Penyembuhan total cedera ACL yang bisa memakan waktu sampai sembilan bulan. Mengapa cedera ACL bisa memakan waktu sampai sembilan bulan?

Cacar, Dari Dahulu Hingga Kini

10 August 2023 - 07:20 WIB

Virus variola adalah penyebab dari terjadinya penyakit cacar (smallpox), berbeda dengan cacar air (chickenpox) atau cacar monyet (monkeypox).
Trending di Health