Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 8 Sep 2023 11:32 WIB ·

Hari Literasi Internasional: Peran Ayah dalam Mengajarkan Literasi kepada Anak


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Hari Literasi Internasional, yang diperingati setiap tanggal 8 September, adalah saat yang tepat untuk merenungkan peran penting ayah dalam mengembangkan kemampuan menulis dan membaca anak-anak.

Literasi adalah kunci bagi perkembangan intelektual dan emosional anak-anak, dan orang tua, termasuk ayah, memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan literasi yang kuat.

BACA JUGA: Pandai Bicara, Alasan Mengapa Kamu Perlu Belajar Menulis

Literasi sebagai Fondasi Kehidupan

Literasi adalah lebih dari sekadar kemampuan membaca dan menulis. Ini mencakup pemahaman yang mendalam tentang teks, kemampuan berbicara dan mendengarkan dengan baik, serta kemampuan kritis untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi.

Literasi membantu anak-anak menjadi pembaca yang terampil dan pemikir yang kritis, memungkinkan mereka untuk berhasil di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Writer’s Block: Menemukan Sumber Inspirasi untuk Atasi Kebuntuan dalam Menulis

Peran Ayah dalam Membangun Literasi Anak

1. Membaca Bersama

Salah satu cara terbaik untuk mengenalkan anak-anak pada literasi adalah dengan membaca bersama. Ayah dapat membacakan cerita kepada anak-anak mereka sejak usia dini.

Ini tidak hanya membantu membangun keterampilan membaca anak, tetapi juga menciptakan ikatan emosional yang kuat.

2. Menjadi Teladan

Ayah yang membaca dan menunjukkan minat pada bahan bacaan memberikan contoh yang kuat kepada anak-anak.

Ketika anak-anak melihat bahwa kemampuan menulis dan membaca adalah bagian penting dari kehidupan ayah, mereka cenderung mengadopsi kebiasaan yang sama.

3. Mendorong Pertanyaan dan Diskusi

Ayah dapat merangsang pemikiran kritis anak-anak dengan mendiskusikan cerita atau artikel bersama mereka.

Ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan analitis mereka dan melihat kemampuan menulis dan membaca sebagai alat untuk menjawab pertanyaan dan memahami dunia.

4. Menyediakan Akses ke Bahan Bacaan

Ayah dapat memastikan bahwa rumah memiliki akses yang cukup ke buku dan materi bacaan lainnya. Ini termasuk mengunjungi perpustakaan bersama-sama atau memiliki koleksi buku yang beragam di rumah.

5. Memahami Minat Anak

Setiap anak memiliki minat yang berbeda-beda. Ayah dapat membantu anak-anak mengeksplorasi minat mereka melalui bacaan yang relevan.

Misalnya, jika seorang anak suka olahraga, ayah dapat membaca bersama mereka tentang atlet atau tim favorit mereka.

6. Menggunakan Teknologi Secara Bijak

Dalam era digital, ayah juga dapat membimbing anak-anak tentang penggunaan teknologi secara bijak, termasuk memilih konten yang bermanfaat dan mendidik.

Hari Literasi Internasional adalah pengingat penting tentang peran penting ayah dalam membantu anak-anak mengembangkan kemampuan menulis dan membaca.

Dengan memberikan dukungan, membaca bersama, dan menjadi contoh positif, ayah dapat memastikan bahwa anak-anak mereka memiliki dasar literasi yang kuat untuk masa depan yang cerah.

Literasi bukan hanya tentang membaca kata-kata, tetapi juga tentang membaca dunia, dan ayah memiliki peran yang tak ternilai dalam membantu anak-anak mereka menjadi pembaca yang berpengetahuan dan pemikir yang kritis.**

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum