Menu

Mode Gelap
 

Collection · 12 Dec 2023 14:49 WIB ·

Is A Cat Hard to Die? Do Cats Have 9 Lives?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Pernahkan kalian melihat seekor kucing (cat) jatuh dari sebuah gedung bertingkat tetapi tak sedikit pun mengalami luka?

Bayangkan jika yang terjatuh itu seorang manusia, pasti tubuhnya sudah mengalami patah-patah atau bisa juga menyebabkan kematian bagi orang yang terjatuh tersebut.

Lalu, kenapa kalau kucing jatuh kok tidak luka sama sekali? Apakah benar kalau kucing itu punya nyawa cadangan?

BACA JUGA: Di Balik Kesuksesan Pria (Suami) Ada Peran Wanita (Istri) Hebat

Dalam Bahasa Inggris ada pepatah yang berbunyi: “Cats have 9 lives”. Kucing itu memiliki 9 nyawa. Wow … Benarkah demikian?

Kalau diamati dan direnungkan ada benarnya juga apalagi jika dikaitkan dengan peristiwa jatuhnya kucing dari gedung bertingkat tersebut. Jangan kan mati, luka sedikit pun tidak.

Jujur saja, penulis pun seringkali menyaksikan hal yang sama beberapa kali. Ajaib. Tubuh kucing itu tetap sehat dan tak terluka.

BACA JUGA: Jantan yang Unik

Pepatah “cats have 9 lives” sebenarnya berasal dari mitos Yunani kuno. Banyak orang meyakini mitos nine lives (sembilan nyawa) dikaitkan dengan kemampuan kucing untuk selalu mendarat dengan kakinya karena kucing memiiki ketangkasan (agility) dan kelenturan (flexibility).

Oleh sebab itu, jika kucing terjatuh atau melompat dari atas maka ia akan mendarat dengan sempurna dan selamat.

Kucing besar (big cats) pun seperti macan tutul (leopard) dan macan kumbang (puma, cougar) mampu memanjat pohon tinggi dan kemudian melompat turun tanpa terluka karena mereka memiliki kelenturan (flexibility) pada tubuhnya. Kita kembali lagi ke mitos 9 nyawa.

Menariknya, mitos bahwa kucing memiliki banyak nyawa juga ada di beberapa negara. Namun, tidak semuanya menyebutkan sembilan nyawa (9 lives) – jumlahnya bervariasi dari satu budaya ke budaya yang lain.

Di wilayah tertentu seperti di Spanyol, kucing diyakini memiliki tujuh nyawa (7 lives). Sementara itu, beberapa mitos di Turki dan Arab menyebutkan kucing memiliki enam nyawa (6 lives). Makin sedikit ya jumlahnya.

Kenapa sembilan nyawa (9 lives)? Karena sembilan secara tradisional dianggap sebagai angka ajaib (magic number), yang juga dapat membantu menjelaskan mengapa kucing dikaitkan dengan sembilan nyawa.

Dalam teori ilmu matematika, angka 9 jika dikalikan dengan angka berapa pun maka hasilnya tetap 9.

Ini buktinya:

9 x 19 x 29 x 39 x 49 x 59 x 69 x 79 x 89 x 9 9×10
918=927=936=945=954=963=972=981=990=9

Wow … 9 is really, really magical and therefore cats are assumed to have 9 lives because cats’ lives are magical.

Di Yunani kuno, angka sembilan (9) mengacu pada trinitas dari semua trinitas dan angka supernatural yang merujuk pada tradisi dan agama.

Kucing telah disembah sekaligus ditakuti selama berabad-abad, dan sering kali dipandang sebagai makhluk ajaib (magical creature).

Pepatah “cats have 9 lives” pun digunakan oleh pihak kepolisian di Amerika (seperti terlihat pada gambar di bawah ini) sebagai pengingat bagi para pengendara mobil agar lebih berhati-hati saat berkendara di jalan, khususnya di jalan tol karena sedikit saja kita lengah atau ceroboh bisa menyebabkan kecelakaan yang dapat menghilangkan nyawa kita karena kita tidak punya nyawa cadangan.

Mitos bahwa kucing (cat) memiliki banyak nyawa juga ada di beberapa negara. Namun, tidak semuanya menyebutkan sembilan nyawa (9 lives).

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Sedikit ironis ya tanda pengingat tersebut, karena kucing pun jika tertabrak mungkin akan mati juga.

Menurut catatan sejarah, manusia dan kucing telah hidup berdampingan selama kurang lebih 8.000 tahun lamanya. Dan sepanjang kurun waktu selama itu, kucing tidak hanya menjadi sahabat manusia dan hidup bersama di satu rumah, tetapi juga ada kucing yang dijadikan santapan oleh manusia di wilayah tertentu di belahan dunia seperti di Manado (negara kita) dan Vietnam.

Wiih … kasihan dan mengerikan ya. Apa alasan kenapa kucing dijadikan santapan oleh mereka ya? Mungkin bagi mereka yang menyantapnya, mereka berpikir bahwa mereka akan memiliki 9 nyawa seperti kucing. Who knows? Entahlah. Penulis pun tak tahu. Bagaimana menurut kalian?**

[Referensi: Dikumpulkan dari berbagai sumber]

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hijab Bukanlah Helm Tetapi Keduanya Sama-sama Penutup Kepala

5 April 2024 - 14:35 WIB

Hijab dan helm yang menjadi topik bahasan saya di artikel kali ini terkait dengan wanita pengendara motor.

Tidur Secukupnya: Life Is So Short

25 March 2024 - 09:42 WIB

Kesehatan tidur atau lebih dikenal dengan istilah sleep hygiene yang mengacu pada kebiasaan, perilaku dan faktor lingkungan yang sehat.

Tumben

21 March 2024 - 09:40 WIB

Menurut KBBI, ‘tumben’ bermakna (1) mula-mula sekali; (2) ganjil benar kali ini (tidak sebagai biasa atau menyalahi dugaan).

Bandel dan Nakal: Negatifkah Konotasinya?

15 March 2024 - 13:13 WIB

Secara umum, awalnya kata bandel dan nakal tersebut identik dengan perilaku anak-anak yang kurang baik seperti telah didefinisikan oleh KBBI.

Jaywalking, Zebra Cross, and Pelican Crossing

1 March 2024 - 10:05 WIB

Di negara seperti Amerika, Inggris, dan Korea Selatan jaywalking dianggap melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi, termasuk di Indonesia.

Nama Negara dan Kota Yang Disebut Berbeda di Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

29 February 2024 - 08:59 WIB

Ada cukup banyak nama tempat, kota dan negara di seluruh dunia yang ditulis atau dilafalkan secara berbeda oleh orang Inggris.
Trending di Collection