Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 18 Aug 2023 07:43 WIB ·

Jumlah Karakter dalam Judul Artikel SEO-Friendly, Mengapa Perlu Diperhatikan?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Salah satu elemen penting dalam optimisasi SEO adalah judul artikel/konten. Tak hanya soal kata kunci dan relevansi, jumlah karakter dalam judul juga memiliki peran yang signifikan dalam menentukan sejauh mana sebuah halaman akan mendapatkan perhatian di mesin telusur.

Mengapa Jumlah Karakter Penting?

Batasan karakter dalam judul mesin telusur seperti Google seringkali berkisar antara 50-60 karakter. Hal ini disebabkan oleh ukuran tampilan pada halaman hasil pencarian.

Jika judul terlalu panjang, mesin telusur dapat memotongnya dan mengurangi daya tarik visual serta informasi yang ditampilkan.

Oleh karena itu, memastikan judul konten sesuai dengan batasan karakter bisa membantu meningkatkan visibilitas dan klik ke halaman web Anda.

BACA JUGA: Pandai Bicara, Alasan Mengapa Kamu Perlu Belajar Menulis

Bolehkah Lebih dari 60 Karakter?

Dalam upaya mengoptimalkan konten untuk mesin telusur (SEO), judul artikel menjadi salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan dengan saksama.

Terdapat banyak panduan tentang panjang ideal judul, dan sering kali muncul pertanyaan: Apakah boleh memiliki judul artikel dengan lebih dari enam puluh karakter?

Mari kita eksplorasi lebih dalam.

Batasan Karakter dalam Judul: Mengapa 60 Karakter?

Batasan enam puluh karakter pada judul artikel tidak muncul begitu saja. Mesin telusur seperti Google memiliki keterbatasan tampilan pada halaman hasil pencarian.

Jika judul terlalu panjang, mesin telusur akan memotongnya, menghilangkan sebagian informasi yang dapat mengurangi daya tarik dan pemahaman terhadap isi artikel.

Oleh karena itu, banyak praktisi SEO merekomendasikan judul dengan panjang maksimal enam puluh karakter untuk memastikan judul tetap terbaca utuh dan mengundang klik.

BACA JUGA: Writer’s Block: Menemukan Sumber Inspirasi untuk Atasi Kebuntuan dalam Menulis

Keadaan Khusus: Judul dengan Karakter Lebih dari 60

Meskipun ada batasan, dalam beberapa kasus tertentu judul dengan karakter lebih dari enam puluh masih dapat berhasil jika memenuhi beberapa kriteria:

1. Ketepatan Informasi: Judul lebih panjang harus tetap mengandung informasi yang relevan dan menarik.
2. Kreativitas: Judul harus memancing minat pembaca tanpa kehilangan esensi artikel.
3. Pemotongan yang Bijak: Pastikan informasi penting ada di bagian awal judul agar tidak hilang ketika dipotong oleh mesin telusur.

Kesimpulan

Jumlah karakter dalam judul konten memainkan peran penting dalam upaya SEO.

Dengan memahami batasan karakter yang diizinkan oleh mesin telusur dan merancang judul yang padat namun informatif, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Ingatlah untuk tetap fokus pada kata kunci dan esensi konten Anda sambil menjaga judul agar sesuai dengan batasan karakter yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, Anda dapat mengoptimalkan potensi konten Anda untuk menarik perhatian audiens yang lebih luas di dunia digital yang penuh dengan informasi yang bersaing.

Namun, meskipun batasan enam puluh karakter sering direkomendasikan dalam konteks judul artikel untuk tujuan SEO, terdapat keadaan di mana judul lebih panjang masih bisa berhasil.

Hal paling penting adalah memastikan judul tetap informatif, menarik, dan memenuhi harapan pembaca.

Selalu pertimbangkan kriteria tampilan pada mesin telusur dan potensi efektivitas judul dalam mengundang klik sebelum memutuskan apakah judul artikel akan lebih dari enam puluh karakter atau tidak.**

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum