Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 4 Oct 2023 09:27 WIB ·

Is She My Woman? Is She My Ship To Sail the Ocean?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Linda Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Linda

Tulisanrakyat.com – Semua pasti sudah tahu apa arti dan penggunaan kata ganti ‘she’. Pada saat pertama kali kita belajar Bahasa Inggris, kita diperkenalkan dengan semua kata ganti orang (personal pronouns) seperti: I-you-they-we-he-she-it.

Kali ini kita akan lebih fokus pada kata ganti ‘she’. Kata ganti ‘she’ adalah kata ganti orang ketiga tunggal berjenis perempuan yang berarti ‘dia (perempuan)’. Bahasa Inggris itu memang simpel.

Contoh penggunaan ‘she’ dalam kalimat:
This is Linda. She is my girlfriend.
(‘She’ menggantikan Linda).

BACA JUGA: Pro-Verb Is Not a Proverb

Tahukah kalian bahwa kata ganti ‘she’ ternyata tidak hanya digunakan untuk menggantikan orang (nama orang) yang berjenis kelamin ‘wanita’ saja tetapi juga untuk menggantikan benda-benda mekanis (umumnya yang berukuran besar) seperti mobil (cars), kereta api (trains) kapal laut (ships), dan kapal terbang (planes) jika kita secara khusus mempunyai hubungan atau kepentingan pribadi terhadap benda tersebut? Misalkan,

I bought this car 10 years ago but she still runs fast.
The ship began to sail and she could take lots of passengers including me.

Kata ganti ‘she’ untuk beberapa alasan sifatnya terbatas pada benda-benda yang bergerak, sementara untuk benda-benda lainnya yang sifatnya diam (tak bergerak) biasanya kita tetap menggunakan kata ganti benda ‘it’.

BACA JUGA: Lafal Bahasa Inggris: Tidak Konsisten, Tidak Bisa Diprediksi, Unik, dan Tak Beraturan

Kok bisa begitu? Mungkin pergerakan dari benda tersebut secara logika diasumsikan sebagai benda hidup seperti manusia. Masuk akal juga sih…

Sebagai contoh:
This is our new house. It was specifically designed by my own son.
(‘It’ menggantikan kata ‘our new house’)

Sebenarnya, tidak ada istilah gender untuk kata benda dalam Bahasa Inggris. Kaidah Bahasa Inggris tidak mengenal gender untuk kata benda. Artinya semua benda itu netral tidak memiliki jenis kelamin.

Bandingkan dengan kata benda di dalam Bahasa Jerman yang memiliki 3 jenis kelamin, yaitu der (maskulin), die (feminin) dan das (netral).

Artinya untuk mengetahui jenis kelaminnya tergantung pada jenis bendanya. Misalkan untuk jenis kelamin wanita (die) antara lain: die Tϋr (the door), die Tasche (the bag), die Sau (the sow), dan seterusnya.

Untuk babi betina (sow) jelas secara eksplisit jenis kelaminnya perempuan, jadi kata gantinya adalah ‘she’ dalam Bahasa Inggris walaupun bisa juga menggunakan ‘it’ dan harus ‘sie’ (= she) dalam Bahasa Jerman bukan ‘es’ (= it). Misalkan dalam kalimat:

The sow is so big that it (she) can eat more.
Die Sau ist so groβ, dass sie viel fressen kann.

Babi betina itu besar sekali sehingga ia mampu makan dengan banyak.

Kata ganti orang ketiga tunggal berjenis kelamin perempuan ‘she’ juga bisa digunakan sebagai awalan (prefix) atau kombinasi dengan kata benda lainnya untuk menunjukkan jenis kelamin perempuan, baik pada manusia maupun pada hewan tertentu, seperti:

she-bear (beruang betina)
she-cat (kucing betina)
she-cousin (saudara sepupu wanita)
she-goat (nanny goat, kambing betina)

Bahkan untuk jenis tanaman tertentu,
she-oak

Begitu sebaliknya dengan kata ganti orang berjenis kelamin pria ‘he’ bisa digunakan sebagai awalan untuk menunjukkan jenis kelamin jantan atau seorang pria yang sangat kuat.

he-bear (beruang jantan)
he-cousin (sepupu laki-laki)
he-goat (billy goat, kambing betina)
he-man (strong man, superman)
dan seterusnya…**

Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum