Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 19 Aug 2023 19:55 WIB ·

Kata-Kata dengan Ejaan Berbeda tetapi Pengucapan Sama dalam American English dan British English


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepick Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepick

Tulisanrakyat.com – Dalam Bahasa Inggris, terdapat sejumlah kata yang memiliki ejaan yang berbeda antara American English (AmE) dan British English (BrE), namun memiliki pengucapan yang sama.

Perbedaan ini bisa menimbulkan kebingungan, terutama bagi pembelajar bahasa Inggris. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh kata dengan ejaan sama tetapi pengucapan berbeda tersebut.

1. Color/Colour

Di Amerika Serikat, kata “color” dieja tanpa huruf “u”, sedangkan di Inggris, kata yang sama dieja “colour” dengan tambahan huruf “u”. Namun, dalam kedua varian bahasa ini, kata ini diucapkan dengan pengucapan yang sama.

BACA JUGA: American English, British English: Kata-Kata dengan Ejaan Sama tetapi Pengucapan Berbeda

2. Center/Centre

Kata “center” dalam AmE dieja tanpa huruf “re”, sementara dalam BrE, dieja “centre” dengan tambahan huruf “re”. Pengucapannya tetap sama, meskipun ejaannya berbeda.

3. Theater/Theatre

Sama seperti contoh sebelumnya, kata “theater” dieja dalam AmE tanpa huruf “re”, sedangkan dalam BrE, dieja “theatre” dengan huruf “re”. Pengucapannya tetap tidak berubah.

4. Traveler/Traveller

Kata “traveler” dieja dengan satu huruf “l” dalam AmE, sedangkan dalam BrE, dieja “traveller” dengan tambahan huruf “l”. Meskipun begitu, keduanya diucapkan dengan cara yang sama.

BACA JUGA: Menghafal Kata-Kata Bahasa Inggris: Poin yang Perlu Diperhatikan

5. Program/Programme

Dalam AmE, kata “program” dieja tanpa huruf “me”, sementara dalam BrE, dieja “programme” dengan tambahan huruf “me”. Meskipun ada perbedaan dalam ejaan, pengucapannya tetap identik.

6. Catalog/Catalogue

Di Amerika Serikat, kata “catalog” dieja tanpa huruf “ue”, sedangkan di Inggris, dieja “catalogue” dengan tambahan huruf “ue”. Namun, kedua varian ini memiliki pengucapan yang sama.

7. Realize/Realise

Kata “realize” dieja dalam AmE tanpa huruf “s”, sementara dalam BrE, dieja “realise” dengan tambahan huruf “s”. Pengucapannya tidak berubah meskipun ada perbedaan ejaan.

8. Defense/Defence

Di Amerika Serikat, kata “defense” dieja tanpa huruf “c”, sementara di Inggris, dieja “defence” dengan tambahan huruf “c”. Pengucapannya tetap konsisten di antara keduanya.

9. Behavior/Behaviour

Kata “behavior” dalam AmE dieja tanpa huruf “u”, sedangkan dalam BrE, dieja “behaviour” dengan tambahan huruf “u”. Pengucapan keduanya tetap sama.

10. Colorful/Colourful

Dalam bentuk kata sifat, perbedaan ejaan tetap ada. Contohnya, “colorful” dalam AmE dan “colourful” dalam BrE, namun pengucapannya tidak berubah.

Penting untuk diingat bahwa meskipun ejaan dan pengucapan mungkin berbeda antara AmE dan BrE, kedua varian bahasa ini masih saling dimengerti.

Pilihan antara menggunakan ejaan AmE atau BrE tergantung pada konteks komunikasi dan preferensi pribadi.**

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum