Menu

Mode Gelap
 

Uncategorized · 11 Jan 2024 11:46 WIB ·

Kata ‘Mas’ di Jawa dan Akhiran ‘Mas’ di Inggris: Apa Bedanya


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/CollagedbyEddieW Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/CollagedbyEddieW

Tulisanrakyat.com – Tentu kita semua tahu bahwa di Jawa laki-laki umumnya dipanggil dengan kata ‘mas’ seperti mas Eddie, mas Toto, mas Bagyo, mas Kris, dan lain-lain.

Panggilan ‘mas’ digunakan oleh masyarakat Jawa untuk menyapa orang (baca: laki-laki) yang lebih di tua atau seseorang yang dihormati. Sedangkan panggilan untuk wanita adalah ‘mba’.

Sama halnya dengan di daerah Sumatera, lazimnya mereka menyapa ‘abang’ atau ‘bang’ untuk lelaki dan ‘kakak’ atau ‘kak’ untuk perempuan.

BACA JUGA: Kata Benda dalam Bahasa Inggris yang Bentuk Tunggal dan Jamaknya Sama

Begitu juga dengan di Jawa Barat (Sunda) ada panggilan ‘akang’ atau ‘kang’ untuk laki-laki yang lebih tua atau panggilan ‘Aa’ untuk saudara laki-laki di dalam keluarga Sunda sedangkan untuk kaum wanitanya disapa ‘eneng’ baik untuk yang lebih tua maupun yang lebih muda.

Panggilan ‘eneng’ bisa digunakan ke siapa saja meskipun tidak kenal dekat atau tidak kenal sama sekali.

Di Bali ada ‘bli’ untuk menyapa laki-laki yang lebih tua seperti halnya panggilan ‘mas’ di Jawa. ‘Bli’ juga bisa digunakan untuk menyapa orang yang baru kita jumpai.

BACA JUGA: Kata Every: Diikuti dengan Kata Benda Tunggal atau Jamak?

Kita kembali ke panggilan ‘mas’ di masyarakat Jawa. Panggilan ‘mas’ kini menjadi panggilan yang sifatnya umum, artinya tidak hanya terbatas di antara orang-orang Jawa saja melainkan pada laki-laki dari suku lain, kecuali jika kita tahu kalau lelaki tersebut dari Sumatera Utara (dari namanya, misalkan Nainggolan) maka umumnya akan kita panggil ‘abang’ atau ‘bang’ atau ‘bang Ucok’.

Di dalam kehidupan kita sehari-hari orang dapat menggunakan panggilan ‘mas’ kepada seseorang yang baru dikenal atau baru dijumpainya, tentunya dengan mempertimbangkan bahwa laki-laki tersebut tidak berumur sepuh seperti seorang kakek.

Demikian perbandingan panggilan ‘mas’ dengan panggilan lainnya di beberapa suku lain di Indonesia.

Lalu, apa hubungan panggilan ‘mas’ di Jawa dengan kata ‘mas’ di Inggris? Tentu keduanya tidak ada hubungannya sama sekali.

Kata ‘mas’ yang sering kita jumpai di dalam Bahasa Inggris adalah merupakan akhiran (suffix) seperti pada kata Christmas atau seringkali disingkat Xmas.

Akhiran ‘mas’ yang sering kita jumpai saat ini berasal dari Old English (bahasa Inggris kuno) ‘mæsse’ yang diambil dari bahasa Latin ‘missa’ yang dalam bahasa Inggris bermakna ‘mass’ = misa, festival atau perayaan (feast) yang sifatnya religius.

Kata ‘mas’ di Jawa bermakna ‘bro’ (brother) sedangkan mas di Inggris bermakna festival atau perayaan (feast).

Kata ‘mas’ di Jawa bermakna ‘bro’ (brother) sedangkan mas di Inggris bermakna festival atau perayaan (feast).

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepi

Itulah perbedaan ‘mas’ di Jawa dan di Inggris. Beda banget, bukan? Secara eksplisit, mas di Jawa letaknya di depan nama orang dan ditulis secara terpisah tetapi di Inggris letaknya di belakang dan disambung.

Kata ‘mas’ di Jawa bermakna ‘bro’ (brother) sedangkan mas di Inggris bermakna festival atau perayaan (feast).**

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Grammar dan Usage: Dua Istilah yang Perlu Dimengerti oleh Mereka yang Sedang Belajar Bahasa Inggris

17 October 2023 - 16:25 WIB

Memahami grammar dan usage adalah langkah penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Keduanya saling melengkapi.

Kata Benda dalam Bahasa Inggris yang Bentuk Tunggal dan Jamaknya Sama

5 September 2023 - 19:05 WIB

Meskipun jarang terjadi, ada beberapa kata benda dalam Bahasa Inggris yang memiliki bentuk tunggal dan jamak yang sama.

‘Ville’ Sebagai Akhiran yang Bermakna Kota atau Tempat

16 August 2023 - 07:42 WIB

Ada begitu banyak kota atau tempat yang menggunakan kata ville sebagai akhiran (suffix). Kata ville sendiri berasal dari Bahasa Prancis.

TOEFL iBT dan IELTS: Apa Perbedaannya?

12 July 2023 - 13:09 WIB

Baik TOEFL iBT maupun IELTS digunakan untuk keperluan pendidikan, migrasi, dan pekerjaan di negara-negara berbahasa Inggris.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum