Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 3 Aug 2023 07:18 WIB ·

Kata Sandang A dan An: Bukan Sekadar Huruf Vokal atau Konsonan


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/ PearseO'Halloran Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/ PearseO'Halloran

Tulisanrakyat.com – Kata sandang (article) ‘a’ dan ‘an’ adalah elemen penting dalam Bahasa Inggris yang membantu menentukan pengucapan yang tepat dan menghindari kesalahan dalam berbicara dan menulis.

Meskipun sering kali dianggap terkait dengan status huruf sebagai vokal atau konsonan, penggunaan kata sandang ‘a’ dan ‘an’ sebenarnya lebih berkaitan dengan suara yang diucapkan dan bunyi awal kata berikutnya.

Penggunaan ‘a’

Kata sandang ‘a’ digunakan sebelum kata-kata yang diawali oleh bunyi konsonan. Ini bukan tentang huruf tersebut konsonan atau bukan, melainkan bunyinya.

Misalnya, meskipun kata “unicorn” (kuda bertanduk) dimulai dengan huruf “u” (vokal), kita menggunakan ‘a’ sebelumnya karena bunyinya adalah [yoo-ni-kawrn], yang diucapkan dengan bunyi konsonan “y”.

Contoh:
– a book (buku)
– a car (mobil)
– a university (universitas)

BACA JUGA: ‘Phonetic Symbol’: Mempelajarinya Adalah Sebuah Keharusan Agar Bahasa Inggris Kamu Lancar

Penggunaan ‘an’

Kata sandang ‘an’ digunakan sebelum kata-kata yang diawali oleh bunyi vokal. Ini juga berkaitan dengan bunyi awal kata, bukan hanya apakah huruf pertama adalah vokal.

Misalnya, meskipun kata “hour” (jam) diawali oleh huruf “h” (konsonan), kita menggunakan ‘an’ sebelumnya karena bunyinya adalah [awr], yang diucapkan dengan bunyi vokal.

Contoh:
– an apple (apel)
– an umbrella (payung)
– an hour (jam)

BACA JUGA: Tanda Baca, Jangan Ada Jarak dengan Kata Terakhir!

Pentingnya Memahami Bunyi Awal

Penggunaan yang benar dari kata sandang ‘a’ atau ‘an’ sangat tergantung pada bagaimana bunyi awal kata tersebut diucapkan.

Jika bunyinya adalah konsonan, maka kita menggunakan ‘a’. Jika bunyinya adalah vokal, kita menggunakan ‘an’. Ini membantu pengucapan menjadi lebih alami dan mudah dipahami oleh pendengar.

Ketentuan di atas juga berlaku untuk kata sifat (adjective) yang mendahului kata benda.

Misalnya, kata “honest” (jujur) dalam frasa “honest man” diucapkan [on-ist], yang memiliki bunyi vokal di awalnya. Oleh karena itu, kita menggunakan ‘an’ meskipun huruf pertamanya adalah huruf konsonan “h” (an honest man).

Klik “di sini” untuk melihat video tentang “a” dan “an”:

Kesimpulan

Kata sandang ‘a’ dan ‘an’ dalam Bahasa Inggris bukan sekadar berhubungan dengan huruf vokal atau konsonan, tetapi lebih tentang bunyi awal kata.

Memahami aturan ini adalah kunci untuk menggunakan kata sandang dengan benar dan membantu komunikasi dalam Bahasa Inggris menjadi lebih jelas dan efektif.**

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum