Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 8 Dec 2023 21:29 WIB ·

Macam-Macam Calon: Ada Calon Presiden, Ada Calon Istri, Ada Calon Pilot, dsb


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Siapakah wanita cantik di dalam pesawat di atas yang tersenyum begitu manis? Apakah ia calon pilot? Apakah ia calon penumpang atau calon istri? Penulis juga tidak tahu. Yang jelas ia adalah calon istri bagi calon suaminya ya, hehe…

Sekarang pertanyaan penulis adalah siapa calon presiden dan calon wakil presiden (capres & cawapres) di Pemilu 2024 mendatang? Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan ada 3 pasangan capres & cawapres di Pemilu 2024 mendatang, yaitu: Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, dan Anies-Muhaimin.

Tentunya, di artikel kita kali ini penulis tidak akan membahas Pemilu 2024 beserta para capres dan cawapresnya. Ini merupakan topik yang sangat sensitif. Maklum saja karena ini politik.

BACA JUGA: Linking Verb dan Action Verb, Adjective dan Adverb: Apa Hubungannya?

Lagi pula, sudah cukup banyak website, media sosial dan bahkan media elektronik yang mengupas tema tersebut.

Kali ini penulis hanya ingin menitikberatkan pada atau membahas kata ‘calon’ karena kata itu cukup menarik untuk dikupas terutama jika kita kaitkan dengan Bahasa Inggris. Loh, kenapa bisa begitu?

Kata ‘calon’ di dalam Bahasa Indonesia seringkali digunakan sebagai bagian dari kata majemuk atau seperti awalan (prefix) dari dua kata, seperti cabup (calon bupati), cagur (calon guru), caleg (calon legislatif), camer (calon mertua), cawabup (calon wakil bupati), dan seterusnya.

BACA JUGA: Heteronim: Pengertian dan Beberapa Contohnya

Apa Bahasa Inggrisnya ‘calon’? Dan apa definisi kata ‘calon’ menurut KBBI?  ‘Candidate’ adalah Bahasa Inggrisnya ‘calon’. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ‘calon’ adalah (1). Orang yang akan menjadi … (2). Orang yang dididik dan dipersiapkan untuk menduduki jabatan atau profesi tertentu. (3). Orang yang diusulkan atau dicadangkan supaya dipilih atau diangkat menjadi sesuatu.

Dari definisi (1). Orang yang akan menjadi, mengandung makna bahwa hal tersebut melalui sebuah proses, baik secara alami (natural process) seperti menjadi ibu dan ayah tetapi keduanya melalui proses perkawinan yang dilakukan secara manusia (man-made process). Dari peristiwa tersebut muncul istilah ‘calon’ dan dalam Bahasa Inggris seringkali disebut ‘to-be’. (akan menjadi)

Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
calon pengantin wanitabride-to-be (fiancée)
calon pengantin priabridegroom-to-be (fiancé)
calon ibumother-to-be
calon ayahfather-to-be
calon istriwife-to-be (fiancée)
calon suamihusband-to-be (fiancé)

Bahkan dalam kaedah Bahasa Indonesia muncul istilah ‘calon bayi’ untuk menyebut kata ‘janin’ yang di dalam Bahasa Inggris disebut ‘fetus’. Calon artinya akan menjadi karena janin akan menjadi bayi.

Proses kematian pun itu calon karena semua orang pasti calon mati (baca: akan). Orang Inggris bilang: “Everybody dies” atau “Everybody will die”.

Untuk definisi (2). Orang yang dididik dan dipersiapkan untuk menduduki jabatan atau profesi tertentu seperti dokter, guru, menejer, dan sebagainya.

Dalam konteks dan pengertian ini, Bahasa Inggris menggunakan kata ‘prospective’ untuk kata ‘calon’. Menurut Oxford Dictionary, definisi ‘prospective’: (of a person) expected or expecting to be something particular in the future.

Definisi oleh Oxford Dictionary kurang lebih hampir sama dengan definisi dari KBBI. Jadi kata prospektif mengandung makna bahwa calon tersebut memiliki prospek yang cerah. Perhatikan daftar kata berikut ini:

Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
calon dokterprospective doctor
calon guruprospective teacher
calon menejerprospective manager

Bahkan untuk profesi-profesi tertentu di mana para penyandang profesinya masih belum profesional banget, artinya mereka masih magang atau masih menjalani pelatihan maka istilah yang digunakan di dalam Bahasa Inggris adalah ‘aspiring’ untuk kata ‘calon’. Kata ‘aspiring’ sendiri secara literal (harfiah) bermakna ‘bercita-cita tinggi’.

Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
calon arsitekaspiring architect
calon dokter hewanaspiring veterinarian
calon pilotaspiring pilot

Kata ‘potential’ juga digunakan untuk menunjukkan kata ‘calon’ jika orang tersebut memiliki potensi atau peluang besar untuk menjadi sesuatu yang diharapkan karena memiliki kemampuan secara finansial atau hal lainnya. Misalkan:

Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
calon investorpotential investor
calon konsumenpotential customer
calon pembelipotential buyer

Definisi (3). Orang yang diusulkan atau dicadangkan supaya dipilih atau diangkat menjadi sesuatu. Dalam konteks ini, kata ‘candidate’ yang paling tepat digunakan.

Kata ‘candidate’ di dalam Bahasa Inggris adalah kata yang sering digunakan dalam konteks pemilihan umum (general election) seorang calon pemimpin, baik calon pemimpin negara maupun calon pemimpin wilayah tertentu seperti kota maupun provinsi.

Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
calon gubernur (cagub)governor candidate
calon legislative (caleg)legislative candidate
calon presiden (capres)president(ial) candidate
calon bupati (cabup)regent candidate
calon walikota (cawal)mayor(al) candidate

Di Indonesia, sebelum orang tersebut ditetapkan secara resmi oleh KPU sebagai ‘calon’ disebut sebagai ‘balon’ alias ‘bakal calon’ yang dibahasa-Inggriskan menjadi ‘candidate to-be’.

Untuk mencalonkan diri sebagai balon, mereka harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh KPU.

Would-be & wannabe

Kata ‘would-be’ bisa juga digunakan untuk menunjukkan seseorang yang ingin atau mencoba untuk menjadi sesuatu. Misalkan:

Bahasa InggrisBahasa Indonesia
would-be editorcalon editor
would-be footballercalon pemain sepakbola
would-be writercalon penulis

Kata ‘would-be’ bisa bersifat derogatory (menghina, ejekan) jika orang tersebut pernah ingin atau mencalonkan menjadi sesuatu tetapi gagal.

Bahasa InggrisBahasa Indonesia
would-be governorpernah jadi calon gubernur tapi gagal terpilih
would-be musicianpernah ingin jadi musisi tapi gagal
would-be presidentpernah jadi calon presiden tapi gagal terpilih

Kata ‘wannabe’ menunjukkan bahwa orang tersebut ingin menjadi sesuatu. Kata ini berasal dari frasa ‘want to be’ = ingin menjadi.

Bahasa InggrisBahasa Indonesia
actor wannabeOrang yang ingin menjadi aktor
chef wannabeOrang yang ingin menjadi chef
pop singer wannabeOrang yang ingin menjadi penyanyi pop
presenter wannabeOrang yang ingin menjadi presenter

Last but not least, tidak ada kata ‘calon penumpang’ dalam kaedah Bahasa Inggris. Mereka tetap menyebutnya ‘passenger’. Tidak ada ‘passenger to-be’.

Sudut pandang orang Indonesia berbeda dengan sudut pandang orang Inggris. Di Indonesia, jika orang tersebut belum menaiki kendaraan atau alat transportasi publik yang dipilih atau digunakan seperti misalnya: bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang, maka orang tersebut statusnya masih ‘calon penumpang’.

Calon penumpang tersebut akan menjadi ‘penumpang’ saat ia sudah berada di alat transportasi tersebut dan sedang menuju destinasi yang ingin dicapainya. Benar apa kata pepatah ya bahwa “bahasa menunjukkan bangsa”.

So, what do you wanna be … guys? And where are you heading for? Apakah Anda penumpang atau calon penumpang? Tetap semangat. Enjoy your journey. Enjoy your life as life is a journey.**

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum