Menu

Mode Gelap
 

Health · 29 May 2023 06:53 WIB ·

Manfaat Akupresur untuk Kesehatan


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pixabay/AnnaMikkelgaard Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pixabay/AnnaMikkelgaard

Tulisanrakyat.com – Akupresur adalah suatu metode pengobatan alternatif yang melibatkan tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh dengan menggunakan jari, tangan, atau alat tekan khusus. Meskipun banyak orang melaporkan manfaat dari akupresur, bukti ilmiah yang mendukung efektivitasnya masih terbatas.

Namun, beberapa penelitian dan tinjauan literatur menunjukkan bahwa akupresur dapat memberikan beberapa manfaat. Berikut adalah beberapa bukti yang ada:

Pengurangan nyeri

Beberapa studi menunjukkan bahwa akupresur dapat membantu mengurangi rasa sakit pada berbagai kondisi, seperti nyeri punggung, nyeri sendi, sakit kepala, dan nyeri menstruasi.

Akupresur diyakini merangsang pelepasan endorfin, zat alami dalam tubuh yang dapat mengurangi nyeri.

Mengurangi mual dan muntah

Akupresur dapat efektif dalam mengurangi mual dan muntah yang disebabkan oleh kemoterapi, kehamilan, atau mabuk perjalanan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tekanan pada titik-titik akupresur tertentu dapat merangsang sistem saraf dan mengurangi mual.

Mengatasi kecemasan dan stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupresur dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres. Tekanan pada titik-titik akupresur tertentu dapat merangsang pelepasan endorfin dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan rasa relaksasi.

Peningkatan kualitas tidur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupresur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada individu yang mengalami insomnia atau masalah tidur lainnya.

Stimulasi pada titik-titik akupresur tertentu diyakini dapat merangsang pelepasan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun.

Meskipun ada beberapa bukti yang mendukung efektivitas akupresur dalam beberapa kondisi, penting untuk diingat bahwa hasilnya dapat bervariasi antara individu.

Akupresur juga tidak dianjurkan sebagai pengganti perawatan medis yang konvensional. Jika Anda memiliki kondisi medis serius, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mencoba akupresur atau metode pengobatan alternatif lainnya.**

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bagaimana Agar Kita Tak Mudah Lupa dengan Apa Yang Kita Pelajari?

25 November 2023 - 06:20 WIB

Menjadi lupa itu tidak terbatas pada usia karena banyak orang yang usianya relatif masih muda juga mudah lupa.

Alzheimer: Apa dan Bagaimana Mencegahnya

22 September 2023 - 09:31 WIB

Melalui pemahaman, pencegahan, dan dukungan, kita dapat bergerak menuju dunia yang lebih baik tanpa Alzheimer.

Fidgeting: Definisi dan Bentuknya

13 September 2023 - 09:05 WIB

Mengenali kebiasaan fidgeting Anda dan mencoba mengendalikannya dapat membantu Anda berinteraksi lebih efektif.

Hiponatremia: Bahaya di Balik Konsumsi Air Putih Berlebihan

18 August 2023 - 19:02 WIB

Salah satu risiko yang jarang disadari dari minum air putih dalam jumlah yang berlebihan adalah terjadinya hiponatremia.

Cedera ACL, Penghambat Karier Bagi Banyak Atlet Muda

18 August 2023 - 18:40 WIB

Penyembuhan total cedera ACL yang bisa memakan waktu sampai sembilan bulan. Mengapa cedera ACL bisa memakan waktu sampai sembilan bulan?

Cacar, Dari Dahulu Hingga Kini

10 August 2023 - 07:20 WIB

Virus variola adalah penyebab dari terjadinya penyakit cacar (smallpox), berbeda dengan cacar air (chickenpox) atau cacar monyet (monkeypox).
Trending di Health