Menu

Mode Gelap
 

Collection · 1 Aug 2023 07:01 WIB ·

Manusia dan Kambing: Kenapa Orang Yang Dipersalahkan Atas Kesalahan Orang Lain Disebut Kambing Hitam? Adakah Hubungan di Antara Manusia Dengan Kambing?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/EddieW Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/EddieW

Tulisanrakyat.com – Menurut Kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary,Goat is an animal which is related to sheep, which usually has horns, and which lives wild on mountains or is kept on farms to provide milk, meat, wool, etc”.

Jadi, kambing adalah hewan yang berkerabat dengan domba (masih satu keluarga) yang memiliki tanduk dan hidup di pegunungan atau dipelihara untuk diambil susu, daging, kulitnya, dsb.

Sedangkan manusia, masih menurut Cambridge Dictionary, human being is a man, woman or child.

BACA JUGA: Bahasa Menunjukkan Bangsa, Daging Menunjukkan Hewan

Manusia adalah seorang laki-laki, wanita atau seorang anak. Definisi yang sangat simpel. Bayi yang baru lahir juga manusia.

Kambing merupakan hewan yang sangat dekat dengan kehidupan manusia sejak jaman dulu.

Di Indonesia sendiri hewan jenis ini banyak diternakkan. Manusia sangat membutuhkan kambing karena manfaatnya banyak sekali (susu, daging, tanduk, kulitnya, dsb).

BACA JUGA: Nama Keluarga (Surname): Identitas dan Entitas Keluarga yang Digunakan dari Generasi ke Generasi

Bahkan saat hari raya Idul Adha, kaum muslimin di negara kita banyak menyembelih kambing sebagai hewan kurban.

Terlepas dari itu, ada aspek yang menarik tentang hewan yang satu ini bila dilihat dari perspektip Bahasa Inggris (baca: orang Inggris) tentang terminologi nama keluarga kambing dan hal-hal lain yang dikait-kaitkan dengan kambing.

Sebagai contoh penamaan anggota keluarga kambing: billy goat adalah kambing jantan yang diambil dari nama Billy.

Billy adalah nama pria (nama orang). Nanny goat sebutan untuk kambing betina.

Nanny adalah kata informal untuk babysitter yaitu orang yang bekerja untuk mengasuh bayi. Nanny juga nickname dari Anne.

Sementara itu, anak kambing dinamakan kid. Kid adalah kata informal dari child.

So, keluarga kambing sepertinya human (manusia) banget ya. Ada Billy sebagai ayahnya. Ada nanny sebagai ibunya dan kid sebagai anaknya. Billy family…hehe…

Apakah penamaan tersebut diberikan manusia kepada kambing karena kedekatan hewan yang satu ini dengan kehidupan manusia?

Mungkin saja ya, setidaknya menurut kacamata orang Inggris dan Amerika. Ingat, seperti pepatah bilang “bahasa itu menunjukkan bangsa”.

Kambing juga sering dilambangkan sebagai simbol dan karakter manusia. Pria tak bermoral atau penjilat dilambangkan dengan kambing.

Bahkan janggut manusia yang berbentuk atau mirip janggut kambing pun disebut goatee. Coba perhatikan kedua gambar di atas. Kedua janggutnya mirip ya?

Orang yang dituduh melakukan kesalahan atau kejahatan walaupun sebenarnya tidak melakukannya seringkali dikaitkan dengan kambing yaitu disebut dengan scapegoat atau kambing hitam. Wah…wah… Kenapa ya?

Kambing juga sering dilambangkan sebagai simbol dan karakter manusia. Pria tak bermoral atau penjilat dilambangkan dengan kambing.

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Bigthink

Konon secara terminologis istilah kambing hitam diambil dari kisah di Alkitab yaitu kambing persembahan yang dilepaskan ke gurun untuk Azazel.

In the Bible: “a goat sent into the wilderness after the Jewish chief priest had symbolically laid the sins of the people upon it”.

Kambing juga sering dilambangkan sebagai simbol dan karakter manusia. Pria tak bermoral (licentious man) atau penjilat (lecher) dilambangkan dengan kambing (goat).

Konotasinya kok negatif ya?

Dalam ilmu astrologi, kambing dan domba juga digunakan sebagai lambang zodiak. Zodiak Capricorn menggunakan lambang kambing yang dikenal dengan pribadi yang ulet, pragmatis, rajin dan tangguh.

Ini baru konotasinya positif. Sementara itu, zodiak Aries menggunakan domba jantan yang memiliki karakter yang ambisius, berani, serta menyukai sesuatu yang penuh tantangan.

Bagaimana menurut para pembaca? Akhir kata, jangan mau dijadikan kambing hitam ya.

Tetap semangat, bahagia selalu serta nikmati hidup (nikmati sate kambing bagi yang suka ya…hehe…). **

Artikel ini telah dibaca 86 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hijab Bukanlah Helm Tetapi Keduanya Sama-sama Penutup Kepala

5 April 2024 - 14:35 WIB

Hijab dan helm yang menjadi topik bahasan saya di artikel kali ini terkait dengan wanita pengendara motor.

Tidur Secukupnya: Life Is So Short

25 March 2024 - 09:42 WIB

Kesehatan tidur atau lebih dikenal dengan istilah sleep hygiene yang mengacu pada kebiasaan, perilaku dan faktor lingkungan yang sehat.

Tumben

21 March 2024 - 09:40 WIB

Menurut KBBI, ‘tumben’ bermakna (1) mula-mula sekali; (2) ganjil benar kali ini (tidak sebagai biasa atau menyalahi dugaan).

Bandel dan Nakal: Negatifkah Konotasinya?

15 March 2024 - 13:13 WIB

Secara umum, awalnya kata bandel dan nakal tersebut identik dengan perilaku anak-anak yang kurang baik seperti telah didefinisikan oleh KBBI.

Jaywalking, Zebra Cross, and Pelican Crossing

1 March 2024 - 10:05 WIB

Di negara seperti Amerika, Inggris, dan Korea Selatan jaywalking dianggap melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi, termasuk di Indonesia.

Nama Negara dan Kota Yang Disebut Berbeda di Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

29 February 2024 - 08:59 WIB

Ada cukup banyak nama tempat, kota dan negara di seluruh dunia yang ditulis atau dilafalkan secara berbeda oleh orang Inggris.
Trending di Collection