Menu

Mode Gelap
 

Collection · 13 Jul 2023 20:34 WIB ·

Sunat: Kenali Metode dan Biayanya


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/SheikhNayimHasan Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Unsplash/SheikhNayimHasan

Tulisanrakyat.com – Pada saat-saat libur sekolah, banyak orang tua yang mengkhitankan buah hatinya.

Pemilihan waktu tersebut tentu karena untuk memberikan waktu yang cukup agar buah hati bisa pulih sempurna dan bebas bergerak ketika sekolah dimulai kembali.

Selain itu, pertimbangan berikutnya adalah metode sunat yang saat ini ada beragam pilihan.

Tentu orang tua akan memilih metode yang aman dan tidak menimbulkan komplikasi. Harapannya agar anak cepat pulih dan tidak merasa terlalu sakit.

Pertimbangan terakhir adalah faktor biaya. Harga yang harus dibayarkan untuk menyunatkan buah hati tergantung pada metode yang digunakan.

Perlu diketahui, bobot tubuh buah hati juga menentukan besaran biaya. Sunat untuk anak yang berbadan gemuk akan lebih mahal dibandingkan dengan anak yang memiliki berat badan biasa.

Namun apapun pertimbangannya, pastikan bahwa sunat dilakukan oleh dokter yang berpengalaman.

BACA JUGA: Zoonosis Yang Ada di Sekitar Kita dan Perlu Kita Ketahui

1. Sunat Konvensional
Pada sunat jenis ini, prepusium atau kulup akan dipotong menggunakan peralatan bedah steril untuk mengurangi resiko infeksi.

Setelah itu kulup akan dijahit dengan benang khusus agar menyatu dengan kulit. Selanjutnya bekas sayatan akan diperban.

Karena sayatan tadi masih berupa luka, maka penis yang diperban tidak boleh terkena air. Metode ini mengharuskan kontrol ke dokter untuk melihat apakah luka sudah sembuh atau perlu penanganan lagi.

BACA JUGA: Ciuman dan 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Biaya metode konvensional sebesar Rp700.000 sampai dengan Rp2.500.000 untuk anak dibawah usia 12 tahun

2. Metode Cauter/Laser
Metode ini lebih terkenal dengan sebutan metode laser.

Metode cauter atau laser menggunakan pisau khusus beraliran listrik untuk memotong kulup sehingga sayatan cenderung lebih cepat kering daripada menggunakan pisau bedah.

Bekas sayatan disatukan dengan kulit dengan menggunakan benang khusus dan diperban. Setelah sunat maka tidak boleh terkena air. Kontrol ke dokter harus tetap dilakukan

Biaya yang harus dikeluarkan dengan metode berkisar antara Rp750.000 sampai Rp2.500.000.

3. Metode Clamp
Ada banyak jenis metode clamp yaitu Gomco, Sunathrone Clamp, Ali’s Clamp, Tara Clamp, dan Smart Clamp. Metode yang paling populer di Indonesia adalah Smart Clamp.

Penis dimasukkan kedalam tabung khusus yang berfungsi menjepit bagian kulup dan juga melindungi kepala penis. Selanjutnya kulup yang terjepit tadi dipotong menggunakan pisau cauter/laser.

Bekas sayatan tidak dijahit atau diperban melainkan dibiarkan terjepit oleh tabung khusus tadi. Karena tidak dijahit dan diperban, maka boleh terkena air selama alat clamp tersebut terpasang.

Biaya sunat untuk anak dengan metode clamp ini beragam mulai dari Rp500.000 sampai dengan Rp2.500.000.

4. Metode Stapler
Metode mutakhir ini menggunakan alat khusus sekali pakai yang berfungsi 3 hal sekaligus.

Alat yang digunakan terdiri dari 2 bagian utama berbentuk lonceng, lonceng bagian dalam berfungsi untuk melindungi kepala penis.

Lonceng bagian luar terdapat pisau bundar untuk memotong prepusium atau kulup dan staples yang secara simultan menjepit bekas sayatan seperti layaknya jahitan yang juga berfungsi menghentikan perdarahan (hemostasis).

Metode Stapler ini adalah yang termahal dibandingkan dengan metode-metode lain dengan biaya sekitar Rp1.700.000 hingga Rp4.300.000. Saat ini metode stapler baru mampu dilayani oleh beberapa fasilitas klinik saja.

5. Metode Sealer
Metode paling mutakhir ini ini disebut juga sebagai metode lem yang merupakan gabungan 3 metode sunat modern, yakni kulup dijepit dengan clamp dan kemudian dipotong menggunakan pisau bedah Electro Surgical Unit seperti pada metode laser.

Saat ini jenis pisau bedah beraliran listrik ada yang berbentuk seperti alat tulis dan disebut sebagai pen.

Bekas sayatan cauter/laser/pen tidak dijahit melainkan direkatkan menggunakan cairan khusus yang mengandung 2-Octyl Cyanoacrylate (2-OCA) yang biasa digunakan pada operasi bedah.

Dengan biaya sekitar Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000 untuk anak-anak, hasil sunat lebih rapi dan estetis sejak hari pertama sunat.

Selain itu orang tua tidak perlu melakukan kontrol ke dokter karena tidak ada jahitan atau clamp yang harus dilepas.

Apapun metode yang akan dipilih, sebaiknya orang tua mencari informasi terlebih dahulu dan berkonsultasi langsung dengan dokter.**

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hijab Bukanlah Helm Tetapi Keduanya Sama-sama Penutup Kepala

5 April 2024 - 14:35 WIB

Hijab dan helm yang menjadi topik bahasan saya di artikel kali ini terkait dengan wanita pengendara motor.

Tidur Secukupnya: Life Is So Short

25 March 2024 - 09:42 WIB

Kesehatan tidur atau lebih dikenal dengan istilah sleep hygiene yang mengacu pada kebiasaan, perilaku dan faktor lingkungan yang sehat.

Tumben

21 March 2024 - 09:40 WIB

Menurut KBBI, ‘tumben’ bermakna (1) mula-mula sekali; (2) ganjil benar kali ini (tidak sebagai biasa atau menyalahi dugaan).

Bandel dan Nakal: Negatifkah Konotasinya?

15 March 2024 - 13:13 WIB

Secara umum, awalnya kata bandel dan nakal tersebut identik dengan perilaku anak-anak yang kurang baik seperti telah didefinisikan oleh KBBI.

Jaywalking, Zebra Cross, and Pelican Crossing

1 March 2024 - 10:05 WIB

Di negara seperti Amerika, Inggris, dan Korea Selatan jaywalking dianggap melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi, termasuk di Indonesia.

Nama Negara dan Kota Yang Disebut Berbeda di Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

29 February 2024 - 08:59 WIB

Ada cukup banyak nama tempat, kota dan negara di seluruh dunia yang ditulis atau dilafalkan secara berbeda oleh orang Inggris.
Trending di Collection