Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 23 Oct 2023 13:30 WIB ·

Ternyata Logam ‘Emas’, ‘Perak’ dan ‘Perunggu’ Tidak Selalu Identik Dengan ‘Medali’ Melainkan Juga ‘Nama Ikan’


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Pasti yang terlintas di benak kita saat mendengar 3 jenis logam ini (emas, perak dan perunggu) adalah momen pemberian medali saat olimpiade atau event olahraga tertentu. Dengan kata lain, ‘emas, perak dan perunggu’ identik dengan ‘medali’.

Emas, perak dan perunggu disebut ‘gold, silver and bronze’ dalam Bahasa Inggris. Uniknya, ketiga jenis logam ini dijadikan nama jenis ikan, yaitu ‘goldfish’, ‘silverfish’ dan ‘bronzefish’.

Goldfish
Goldfish, di Indonesia dikenal dengan nama yang sama yaitu ‘ikan emas’ atau ‘ikan mas’. Dilansir dari laman Wikipedia, ikan emas atau ikan karper adalah ikan tawar yang memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Penggunaan Nama Hewan dalam Cacian, Makian, Amarah, dan Pujian

Di Indonesia, ikan emas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan emas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan emas yang dibawa dari Cina, Eropa dan Jepang.

Kenapa dinamakan ikan emas (goldfish)? Karena warnanya seperti emas (gold). Bukan ikan merah atau kuning ya. Justru yang ada jenis ikan lainnya yaitu ikan kakap merah dan ikan ekor kuning, penamaan yang menggunakan warna pada tubuhnya.

Silverfish
Silverfish atau secara harfiah bermakna ‘ikan perak’ dan di dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama ‘gegat’.

BACA JUGA: ‘Speak’, ‘Spoken’, dan ‘Speaking’ Bukan Sebagai ‘Kata Kerja’ Tetapi Sebagai ‘Akhiran’

Gegat sebenarnya bukanlah jenis ikan melainkan spesies serangga (insect) kecil, primitif, dan tidak bersayap yang masuk ke dalam Ordo Zygentoma.

Lalu, kenapa disebut ‘silverfish’? Kata ‘silver’ diambil dari warnanya yang abu-abu keperakan (silverish grey) dipadukan dengan gerakannya yang terlihat seperti ikan (fish).

Di manakah serangga ini hidup? Di air kah seperti ikan?

Ternyata, gegat dapat bertahan hidup di hampir semua lingkungan, tetapi berkembang dalam kondisi dengan kelembaban yang tinggi dan sering dapat ditemukan dalam tempat gelap, lembab seperti dapur, kamar mandi, ruang bawah tanah dan loteng.

Bronze fish
Bronze fish adalah jenis ikan lele berwarna seperti perunggu (bronze catfish) dan dikenal dengan nama ilmiahnya Corydoras aeneus dan seringkali disebut bronze Corydoras.

Ikan jenis ini sering dijadikan ikan pelihraan di akuarium.

Jadi, dari ketiganya yang bisa dikonsumsi hanya ikan emas (goldfish) ya. Tetapi ada satu lagi jenis ikan yang menggunakan nama logam yaitu ‘tin fish’. Jenis ikan apakah ‘tin fish’?

Ternyata ‘tin fish’ itu bukan jenis ikan melainkan nama lain dari ‘torpedo’ (British English). Menurut Collins English Dictionary: “tin fish (torpedo) is a cylindrical self-propelled weapon carrying explosives that is launched from aircraft, ships, or submarines and follows an underwater path to hit its target”.

Wiih…ngeri ya. Seperti roket yang digunakan Hamas saat menyerang balasan Israel baru-baru ini.

Akhir kata, jangan jadi ‘odd fish’ ya…(Menurut Merriam-Webster ‘odd fish’ is a very stranger person = orang aneh). Tetap semangat.

Makanlah apa yang bisa dimakan, terutama ikan. Ikan sudah mati pun masih tetap halal. Dan ikan juga sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tubuh kita.**

[Referensi: Diambil dari berbagai sumber]

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum