Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 12 Jul 2023 13:09 WIB ·

TOEFL iBT dan IELTS: Apa Perbedaannya?


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/DudySofiandy Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/DudySofiandy

Tulisanrakyat.com – TOEFL iBT (Test of English as a Foreign Language Internet-Based Test) dan IELTS (International English Language Testing System) adalah dua tes Bahasa Inggris yang populer digunakan sebagai standar pengukuran kemampuan berbahasa Inggris bagi non-penutur asli.

Keduanya diakui secara internasional dan sering digunakan untuk keperluan pendidikan, migrasi, dan pekerjaan di negara-negara berbahasa Inggris.

Meskipun bertujuan mengukur kemampuan berbahasa Inggris, keduanya memiliki beberapa perbedaan signifikan. Perbedaan-perbedaan ini terletak pada struktur tes, penekanan materi, penggunaan bahasa, dan metode penilaian.

BACA JUGA: Tes Menulis di TOEFL iBT dan IELTS: Aspek yang Dinilai

Struktur Tes:
TOEFL iBT terdiri dari empat bagian utama: Reading (membaca), Listening (mendengarkan), Speaking (berbicara), dan Writing (menulis).

Setiap bagian diukur secara terpisah, dan durasi total tes adalah sekitar 4 jam. Pada bagian Speaking dan Writing, tes dilakukan melalui komputer.

IELTS terdiri dari dua tipe tes: Academic dan General Training. Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, tipe Academic umumnya lebih umum digunakan.

BACA JUGA: Tes Lisan TOEFL iBT dan IELTS: Aspek Apa yang Dinilai?

IELTS Academic terdiri dari tiga bagian: Listening, Reading, dan Writing. Bagian Speaking dilakukan secara terpisah dalam wawancara langsung dengan pewawancara. Durasi total tes adalah sekitar 2 jam 45 menit.

Penekanan Materi:
TOEFL iBT lebih fokus pada kemampuan bahasa akademik dan sering digunakan untuk keperluan pendidikan di perguruan tinggi dan universitas.

Tes ini memberikan penekanan pada kemampuan membaca dan mendengarkan materi akademik, serta kemampuan menulis dan berbicara dalam konteks akademik.

IELTS mencakup kedua konteks akademik dan umum. Bagian Reading dan Writing lebih berorientasi akademik, sedangkan Listening dan Speaking mencakup situasi umum sehari-hari.

IELTS umumnya digunakan untuk tujuan pendidikan, migrasi, dan pekerjaan.

Penggunaan Bahasa:
TOEFL iBT didasarkan pada standar bahasa Amerika, sehingga berfokus pada bahasa Amerika yang digunakan dalam konteks akademik.

IELTS, di sisi lain, menggunakan bahasa Inggris standar internasional, yang mencakup pengaruh bahasa Inggris Amerika, Inggris Britania, dan variasi Bahasa Inggris lainnya.

Metode Penilaian:
TOEFL iBT menggunakan skala penilaian skor total dari 0-120. Setiap bagian diberi skor terpisah dan kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan skor total.

IELTS menggunakan skala penilaian skor band dari 0-9. Setiap bagian juga diberi skor terpisah dan kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan skor band secara keseluruhan.

Kesimpulan:
Keduanya adalah tes bahasa Inggris yang diakui secara internasional dan digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris.

TOEFL iBT lebih berfokus pada kemampuan bahasa akademik, sementara IELTS mencakup aspek bahasa umum dan akademik. TOEFL iBT menggunakan bahasa Amerika, sedangkan IELTS menggunakan bahasa Inggris internasional.

Perbedaan lainnya termasuk struktur tes dan metode penilaian. Pemilihan antara keduanya tergantung pada tujuan individu dan persyaratan lembaga yang ingin Anda lamar atau masuki.**

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum