Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 31 May 2023 10:34 WIB ·

TOEFL ITP dan TOEFL iBT: Perbedaan di Antara Keduanya yang Perlu Kamu Tahu


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/AndyBarbour Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/AndyBarbour

Tulisanrakyat.com – Dalam serangkaian tes TOEFL yang tersedia, dua yang paling umum adalah TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet-based Testing).

Meskipun keduanya dirancang untuk menguji kemampuan bahasa Inggris, ada perbedaan penting antara keduanya yang perlu diketahui.

BACA JUGA: TOEFL ITP, Kiat untuk Mendapatkan Nilai Tinggi

  1. Format Tes:

TOEFL ITP adalah tes berbasis kertas dan biasanya digunakan oleh lembaga pendidikan dalam lingkungan kelas untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam membaca, mendengarkan, dan menguasai bahasa Inggris secara umum.

Tes ini terdiri dari tiga bagian: Membaca, Mendengarkan, dan Struktur dan Penggunaan Bahasa.

TOEFL iBT adalah tes berbasis internet yang memerlukan akses internet dan komputer. Tes ini terdiri dari empat bagian: Membaca, Mendengarkan, Berbicara, dan Menulis.

TOEFL iBT dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang lebih luas, termasuk kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan.

  1. Skala Penilaian:

TOEFL ITP menggunakan skala penilaian yang berbeda dengan TOEFL iBT. TOEFL ITP memberikan skor berdasarkan jumlah jawaban yang benar, sedangkan TOEFL iBT menggunakan skala skor yang lebih kompleks.

TOEFL iBT memberikan skor antara 0 hingga 120, dengan skor rata-rata universitas yang diterima berada di kisaran 80 hingga 100.

  1. Ketersediaan dan Pengakuan:

TOEFL iBT lebih umum diterima oleh lembaga-lembaga pendidikan dan organisasi di seluruh dunia. Tes ini juga lebih mudah diakses karena tersedia secara online di banyak lokasi di berbagai negara.

TOEFL ITP biasanya digunakan di lembaga pendidikan tertentu yang menjadi anggota dari program ITP.

  1. Kedalaman Materi:

TOEFL iBT lebih mendalam dalam menguji keterampilan bahasa Inggris. Dalam bagian Berbicara, misalnya, tes ini menggunakan percakapan langsung dengan seorang pewawancara melalui komputer.

TOEFL iBT juga menguji kemampuan menulis dengan tugas-tugas seperti menulis esai dan merespons pertanyaan berbasis teks.

TOEFL ITP, di sisi lain, lebih fokus pada pemahaman dasar bahasa Inggris dengan pertanyaan pilihan ganda dan tes langsung. Tes ini mungkin lebih cocok untuk mengukur kemampuan umum dalam membaca dan mendengarkan.

Dalam memilih antara TOEFL ITP dan TOEFL iBT, penting untuk mempertimbangkan persyaratan institusi atau program yang ingin kamu ikuti.

Banyak universitas dan lembaga pendidikan di seluruh dunia lebih memilih TOEFL iBT karena melibatkan lebih banyak keterampilan bahasa Inggris yang relevan dengan studi dan kehidupan di luar kelas.

Meskipun demikian, TOEFL ITP tetap menjadi pilihan yang baik untuk menguji kemampuan bahasa Inggris secara umum atau dalam lingkungan pendidikan tertentu.

Dalam kesimpulannya, TOEFL ITP dan TOEFL iBT adalah dua tes TOEFL yang berbeda dalam format, skala penilaian, kedalaman materi, dan pengakuan.

Memahami perbedaan-perbedaan ini dapat membantu kamu memilih tes yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kamu.**

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum