Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 16 Aug 2023 07:42 WIB ·

‘Ville’ Sebagai Akhiran yang Bermakna Kota atau Tempat


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Googlemap/EddieW Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Googlemap/EddieW

Tulisanrakyat.com – Pernahkah kalian mendengar nama tempat “Dullsville”? Konon, terminologi kata tersebut bermakna “Kota Bodoh” yaitu kota yang dihuni oleh orang-orang bodoh. Benarkah demikian? Secara harfiah, ya. Dull artinya tidak menarik, membosankan, tidak pintar alias bodoh. Sedangkan Ville berarti kota (city, town).

Kata “ville” berasal dari Bahasa Prancis artinya “village”. Kini kata dullsville diartikan sebagai suatu tempat atau kondisi yang membosankan.

Begitu banyak kota atau tempat yang menggunakan kata ville sebagai akhiran (suffix).

BACA JUGA: Bahasa Menunjukkan Bangsa, Peribahasa (Suatu Bangsa) Menunjukkan Budaya Bangsa

Tetapi penamaannya ditambahkan kata lain (kata sifat, kata benda) sebagai atribut di depannya dan umumnya merupakan sifat dan karakteristik yang mencerminkan nama kota atau tempat tersebut, misalkan:

Grimsville = tempat yang suram atau kotor (grim = suram). Grimville sendiri menjadi nama sebuah wilayah kecil di Berks County, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Libreville, terdiri dari kata “libre” = free (bebas) dan “ville” = town/city (kota) adalah ibukota Gabon yang terletak di sebelah barat di muara sungai Gabon yang didirikan sebagai pos perdagangan Prancis pada tahun 1843 dan diperluas untuk tempat-tempat pemukiman bagi para budak yang telah dibebaskan.

BACA JUGA: Nama Keluarga (Surname): Identitas dan Entitas Keluarga yang Digunakan dari Generasi ke Generasi

Secara terminologis historis, Libreville adalah Kota Pembebasan (para budak).

Carpentersville, sebuah desa di Kane County, Illinois, Amerika Serikat, yang dulunya mungkin banyak penduduknya yang berprofesi sebagai tukang kayu (carpenter). Probably. Who knows?

Greenville adalah sebuat kota di North Carolina bagian timur, merupakan daerah urban yang luas dan padat. Kota ini merupakan daerah hijau hingga dinamakan Greenville (Kota Hijau).

Di Indonesia banyak perumahan baru terutama yang berbentuk cluster yang menggunakan istilah ini, contohnya adalah Perumahan Green Ville Jakarta Barat.

Oakville adalah sebuah kota di wilayah Halton, Ontario, Kanada. Di wilayah ini banyak ditumbuhi tanaman oak, sehingga disebut seperti itu. Ada-ada aja ..ya. Seandainya pohon apel jadi Appleville donk.

Rockville adalah sebuah wilayah pedesaan di New Zealand yang dulunya secara historis merupakan wilayah masyarakat pemerah sapi (dairy farming community). Di Australia juga ada Rockville, sebuah daerah pinggiran di kota Toowoomba.

Jika dibandingkan dengan kedua negara barat daya samudra Pasifik itu, wilayah Amerika lah justru yang paling banyak ditemui Rockville seperti di Alabama, California, Connecticut, Georgia, Iowa, Maryland, Utah, dan wilayah lainnya.

Mungkin karena wilayah ini memiliki karakteristik daerah pegunungan karang atau batu karang (rock) nya.

Waterville adalah sebuah kota di Kennebec County, Amerika Serikat, yang terletak di tepi barat sungai Kennebec oleh karenanya tempat ini dinamakan Waterville (Kota Air).

Berikut ini nama-nama kota yang menggunakan akhiran ville dari seluruh dunia yang coba penulis rangkum dan kumpulkan:

 

AbbevilleJoinville
AlbertvilleKingsville
AshevilleKirksville
BartlesvilleKnoxville
BlythevilleLeopoldville
BouchervilleLewisville
BougainvilleLibertyville
BrazzavilleLouisville
BrockvilleLuneville
BrownsvilleMadisonville
BurnsvilleMartinsville
CarpentersvilleMaryville
CharlottesvilleMerrillville
ClarksvilleMillville
CollinsvilleMonroeville
ColvilleNashville
CornersvilleOakville
CookevillePhilippeville
CoquilhatvillePrattville
DanvilleRockville
DeauvilleSayreville
EvansvilleSomerville
FerryvilleStanleyville
GainesvilleSteubenville
GreenvilleStrongsville
HendersonvilleTownsville
HopkinsvilleVictoriaville
HuntsvilleWaterville
JacksonvilleWatsonville
JadotvilleWesterville
JanesvilleZanesville
Jeffersonville

Dari daftar di atas banyak nama wilayah (county) yang menggunakan nama orang seperti Albertville, sebuah wilayah di Alabama, Amerika, yang diambil dari nama Thomas A. Albert, seorang pemukim pertama yang menduduki wilayah tersebut. Dia sendiri pindah dari wilayah Georgia.

Sedangkan di Prancis Albertville adalah sebuah wilayah di Auvergne-Rhone-Alpes, sebelah Tenggara Prancis.

Wilayah ini terkenal karena menjadi tuan rumah penyelengaraan Paralimpade dan Olimpiade Musim Dingin pada tahun 1992. Tetapi tidak ada data dan informasi kenapa wilayah itu dinamakan demikian.

Monroeville, yang terletak di Alabama namanya diambil dari Presiden Amerika, James Monroe, sedangkan Monroeville yang terletak di Allegheny County, Pennsylvania diambil dari nama Joel Monroe, pemukim pertama di pertengahan abad ke 18.

Kalau seandainya penulis membuka lahan baru di hutan pedalaman yang belum tersentuh tangan manusia (hutan perawan, kata orang) lalu membangun kota baru seperti IKN lalu diberi nama Eddieville. Wiih…keren juga kayanya. Hehe…mimpi kali ya…

Di Jakarta banyak ditemui nama-nama wilayah atau Kelurahan (district) yang dulunya (historis) diduga bekas area perkebunan seperti Kebon Jeruk, Kebon Nanas, Kebon Pala, Kebon Sereh, Kebon Sirih, dan seterusnya.

Demikian artikel kita kali ini. Semoga bermanfaat.**

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum