Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 28 Aug 2023 12:50 WIB ·

Vocabulary atau Perbendaharan Kata, Komponen Dasar untuk Mempelajari Sebuah Bahasa


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Eddie Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Eddie

Tulisanrakyat.com – Masih terekam betul di ingatanku ketika pertama kali belajar Bahasa Inggris. Guru Bahasa Inggrisku mengajarkan seperti ini: This is a ruler. That is a pencil. These are pens and those are books. Semuanya diawali dengan mempelajari dan menghafal perbendaharaan kata atau vocabulary.

Di sekolah, kita biasanya diajarkan perbendaharaan kata yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dulu, seperti: book, bag, pencil, pen, ruler, pencil sharpener, pencil case, whiteboard, markers, table, desk, chair, dan lain-lain, sebelum mempelajari vocabulary benda-benda lainnya.

BACA JUGA: Bahasa Menunjukkan Bangsa, Daging Menunjukkan Hewan

Belajar tentang vocabulary akan jauh lebih mudah jika kita mulai dari yang ada di sekitar kita dulu.

Pada dasarnya, vocabulary, seringkali disingkat vocab, tidak hanya merupakan komponen dasar untuk belajar Bahasa Inggris saja, melainkan untuk semua bahasa, bahasa asing lainnya (Jerman, Prancis, dll) termasuk Bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

Masih ingatkah kalian saat kita kecil dulu waktu kita belajar bicara? Kita diperkenalkan perbendaharaan kata lebih dahulu oleh orangtua kita.

Ini mama; ini papa; itu piring; itu sendok; ini susu; dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya, coba lihat tabel skema di bawah ini.

Vocabulary, seringkali disingkat vocab, tidak hanya merupakan komponen dasar untuk belajar Bahasa Inggris saja, melainkan untuk semua bahasa.

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Eddie

Dari skema di atas, jelas bahwa perbendaharaan kata merupakan komponen paling dari dasar dari empat komponen yang ada (vocabulary, grammar, spelling, & pronunciation).

BACA JUGA: Reduplikasi dan Frekuentatif: 2 Cabang Linguistik Yang Menciptakan Kata-Kata Baru Yang Bermakna Pengulangan

Jadi, untuk sampai ke level paling atas (target language) yaitu mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan, maka dibutuhkan empat kemampuan berbahasa (4 language skills: listening, speaking, reading and writing) yang mana masing-masing keahlian (language skill) dibutuhkan tiga komponen di mana salah satunya adalah vocabulary.

Kesimpulannya, vocabulary itu penting banget karena merupakan komponen awal atau dasar (basic) untuk mempelajari suatu bahasa.

Semakin banyak vocabulary yang kita kuasai, semakin baik. Artinya kualitas kemampuan Bahasa Inggris kita itu makin baik.

Logikanya, gimana kita bisa menjelaskan sesuatu kalau kita tidak tahu apa Bahasa Inggrisnya kata ini, kata itu, atau benda ini dan itu?

Pertanyaannya adalah berapa banyak kata yang harus kita kuasai agar mampu berkomunikasi dengan lancar dan baik? Jumlah atau angka yang pasti tidak ada data yang jelas.

Ada yang bilang minimal 10.000 kata agar kita mampu berkomunikasi dengan lancar. Ada juga yang bilang 5.000 kata saja sudah cukup. Lalu, berapakah tepatnya?

Mungkin tahapan atau tingkatan penguasaan jumlah vocabulary berikut ini (dikutip dari optilingo.com) bisa dijadikan acuan untuk mengukur individual skill level (tingkat kemampuan seseorang) dalam berkomunikasi Bahasa Inggris.

 

VocabularyLevel
> 10.000 katamampu berkomunikasi seperti native speaker
4.000 – 10.000 katapengguna Bahasa Inggris tingkat lanjut
1.000 – 3.000 katamampu melakukan percakapan sehari-hari
250-500 katabeginners (pemula)

 

Lalu, berapa banyakkah vocab kalian? Apakah lebih dari 10.000 kata?  Semoga saja…**

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum