Menu

Mode Gelap
 

Food & Travel · 5 Jul 2023 14:06 WIB ·

Biji Cokelat ke Bubuk Cokelat: Sebuah Proses


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/AkosHelgert Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/AkosHelgert

Tulisanrakyat.com – Cokelat telah menjadi makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda bahwa proses pembuatan cokelat yang lezat dimulai dari biji cokelat yang sederhana?

Artikel ini akan menggali lebih dalam mengenai proses yang menakjubkan ini, mengubah biji cokelat menjadi bubuk cokelat yang lezat yang kita semua sukai.

Langkah pertama dalam proses ini adalah pengumpulan biji cokelat. Biji cokelat berasal dari pohon kakao yang tumbuh di daerah tropis seperti Amerika Selatan, Afrika Barat, dan Asia.

BACA JUGA: Hari Cokelat Sedunia, Sejarah Singkat Makanan Favorit Banyak Orang Tersebut

Petani kakao melakukan panen ketika buah kakao yang besar dan berwarna kuning atau merah tua telah matang. Setelah panen, biji cokelat diekstraksi dari buah kakao dan ditempatkan dalam bak untuk fermentasi.

Fermentasi adalah langkah penting dalam proses ini karena mengubah biji cokelat menjadi bentuk yang dapat dimakan dan memberikan cokelat karakteristik rasa yang khas.

Biji cokelat dibiarkan dalam bak fermentasi selama beberapa hari. Selama proses fermentasi, suhu dan kelembaban diatur dengan cermat untuk menciptakan kondisi yang optimal.

BACA JUGA: Hari Cokelat Sedunia, 7 Juli: Minuman dari Cokelat yang Layak Kamu Coba

Fermentasi menghasilkan perubahan kimia di dalam biji cokelat dan menghilangkan rasa pahit yang tidak diinginkan.

Setelah fermentasi selesai, biji cokelat dijemur untuk mengeringkannya. Mereka ditempatkan di atas terpal atau meja di bawah sinar matahari yang hangat.

Proses pengeringan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan memerlukan perhatian yang hati-hati agar biji cokelat tidak menjadi terlalu kering atau terlalu lembab.

Ketika biji cokelat sudah sepenuhnya kering, mereka siap untuk diproses lebih lanjut.

Langkah berikutnya dalam proses ini adalah pemanggangan biji cokelat. Biji cokelat dimasukkan ke dalam mesin pemanggangan dan dipanaskan.

Proses pemanggangan ini mempengaruhi warna dan cita rasa biji cokelat. Selama pemanggangan, biji cokelat mengalami perubahan struktural dan mengembangkan rasa khas cokelat yang kita kenal.

Setelah pemanggangan, biji cokelat dipecahkan dan inti biji cokelat yang disebut “nibs” dipisahkan dari kulitnya. “Nibs” kemudian digiling menjadi bubuk cokelat halus.

Inilah bubuk cokelat yang kita kenal dan gunakan dalam berbagai resep. Bubuk cokelat dapat digunakan untuk membuat minuman cokelat panas, kue, es krim, atau bahkan sebagai bahan untuk membuat cokelat batang.

Namun, perjalanan biji cokelat belum berakhir di sini. “Nibs” yang dipisahkan dari kulit biji cokelat dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis produk cokelat.

“Nibs” dicampur dengan gula, mentega kakao, dan bahan-bahan lain sesuai resep untuk membuat cokelat batang, permen, atau cokelat praline.

Proses dari biji cokelat ke bubuk cokelat membutuhkan ketelatenan dan keahlian. Setiap langkah penting dalam proses ini berkontribusi pada rasa dan tekstur akhir dari produk cokelat yang dihasilkan.

Dari panen biji cokelat hingga fermentasi, pengeringan, pemanggangan, dan penggilingan, setiap langkah berperan dalam membentuk karakteristik unik yang membuat cokelat menjadi makanan yang lezat dan dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia.

Jadi, setiap kali Anda menikmati sepotong cokelat atau secangkir minuman cokelat, ingatlah perjalanan panjang dan proses yang terlibat dalam mengubah biji cokelat menjadi bubuk cokelat yang menggugah selera.**

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cokelat Hitam, Cokelat Putih, Cokelat Susu, dan Perbedaannya

5 July 2023 - 14:51 WIB

Di antara semua jenis cokelat yang ada, ada tiga varian yang paling sering ditemui: cokelat hitam, cokelat putih, dan cokelat susu.

Makanan dari Cokelat: Nikmati Kenikmatan Manis dalam Setiap Gigitan

5 July 2023 - 09:05 WIB

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa makanan yang terbuat dari cokelat yang pasti akan memanjakan lidah Anda.

Hari Cokelat Sedunia, 7 Juli: Minuman dari Cokelat yang Layak Kamu Coba

5 July 2023 - 08:44 WIB

Setiap tahun pada tanggal 7 Juli, kita merayakan Hari Cokelat Sedunia. Cokelat adalah makanan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Hari Cokelat Sedunia, Sejarah Singkat Makanan Favorit Banyak Orang Tersebut

5 July 2023 - 08:39 WIB

Setiap tahun, pada 7 Juli, dunia merayakan Hari Cokelat Sedunia. Cokelat adalah makanan yang sangat disukai oleh banyak orang di dunia.

Kuliner Timur Tengah yang Terbuat dari Daging Kambing

29 June 2023 - 17:30 WIB

Kuliner Timur Tengah yang Terbuat dari Daging Kambing

Hamburger: Its Intricate Origins

1 June 2023 - 07:55 WIB

Hamburger is a well-known dish with a lengthy history. It is believed to have originated in the US, though its precise origins are disputed.
Trending di Food & Travel