Menu

Mode Gelap
 

Food & Travel · 29 Jun 2023 17:30 WIB ·

Kuliner Timur Tengah yang Terbuat dari Daging Kambing


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/RDNEStockproject Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/RDNEStockproject

Tulisanrakyat.com – Timur Tengah adalah wilayah yang kaya akan budaya, sejarah, dan kuliner yang menarik.

Salah satu bahan makanan yang sangat populer dan menjadi bagian tak terpisahkan dari masakan Timur Tengah adalah daging kambing.

Daging kambing telah lama menjadi bahan utama dalam hidangan-hidangan lezat dan menggugah selera di kawasan ini.

BACA JUGA: Daging Kambing dan Hipertensi: Adakah Kaitannya?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa kuliner khas dari Timur Tengah yang terbuat dari daging kambing.

1. Shawarma:
Shawarma adalah hidangan populer yang berasal dari Levant, wilayah yang meliputi Lebanon, Suriah, dan Yordania.

Hidangan ini terdiri dari potongan daging kambing yang diasapi dengan rempah-rempah khas, seperti adas manis, jintan, dan kayu manis, kemudian dipanggang secara vertikal di mesin rotisserie.

Daging yang sudah matang diiris tipis dan disajikan dalam roti pita, seringkali dengan tabbouleh, hummus, atau saus yoghurt sebagai pelengkapnya.

BACA JUGA: Hipertensi: Apa yang Harus Dihindari Jika Anda Mengidap Kelainan Ini

2. Kebab:
Kebab juga merupakan hidangan ikonik dari Timur Tengah. Ada berbagai jenis kebab yang menggunakan daging kambing, seperti kebab Iran (juga dikenal sebagai kebab koobideh), kebab Turki, dan kebab Arab.

Daging kambing yang telah diolah dengan bumbu rempah khas kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang di atas bara api atau panggangan.

Kebab biasanya disajikan dengan nasi pilaf, roti, dan beragam saus atau sambal.

3. Mansaf:
Mansaf adalah hidangan nasional Yordania yang terkenal. Hidangan ini terdiri dari daging kambing yang dimasak dalam yogurt yang kental dan dihidangkan di atas nasi.

Hidangan ini biasanya disajikan dalam pesta atau acara-acara khusus. Mansaf memiliki cita rasa yang unik karena penggunaan yogurt yang memberikan kelezatan khas pada daging kambing.

4. Ghormeh Sabzi:
Ghormeh Sabzi adalah hidangan khas Iran yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan campuran sayuran hijau seperti peterseli, daun bawang, dan adas manis.

Hidangan ini dimasak dalam saus kaya rempah yang terbuat dari bumbu seperti kurma kering, lada hitam, dan biji delima kering. Ghormeh Sabzi biasanya disajikan dengan nasi basmati dan roti lavash.

5. Mandi:
Mandi adalah hidangan khas Arab yang populer di seluruh Timur Tengah. Daging kambing dimasak dengan rempah-rempah khas dan bumbu seperti kayu manis, kapulaga, dan jintan.

Daging yang dimasak dengan cara yang lambat dan lembut kemudian disajikan di atas nasi mandi yang aromatik. Hidangan ini sering disajikan dengan saus pedas dan salad segar.

Kuliner-kuliner di atas hanyalah beberapa contoh dari banyak hidangan lezat yang terbuat dari daging kambing di Timur Tengah.

Keberagaman kuliner di kawasan ini mencerminkan warisan budaya yang kaya dan memberikan pengalaman gastronomi yang unik.

Jika Anda mengunjungi Timur Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hidangan-hidangan yang memanjakan lidah ini.**

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cokelat Hitam, Cokelat Putih, Cokelat Susu, dan Perbedaannya

5 July 2023 - 14:51 WIB

Di antara semua jenis cokelat yang ada, ada tiga varian yang paling sering ditemui: cokelat hitam, cokelat putih, dan cokelat susu.

Biji Cokelat ke Bubuk Cokelat: Sebuah Proses

5 July 2023 - 14:06 WIB

Artikel ini akan menggali lebih dalam mengenai proses yang menakjubkan ini, mengubah biji cokelat menjadi bubuk cokelat yang lezat.

Makanan dari Cokelat: Nikmati Kenikmatan Manis dalam Setiap Gigitan

5 July 2023 - 09:05 WIB

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa makanan yang terbuat dari cokelat yang pasti akan memanjakan lidah Anda.

Hari Cokelat Sedunia, 7 Juli: Minuman dari Cokelat yang Layak Kamu Coba

5 July 2023 - 08:44 WIB

Setiap tahun pada tanggal 7 Juli, kita merayakan Hari Cokelat Sedunia. Cokelat adalah makanan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Hari Cokelat Sedunia, Sejarah Singkat Makanan Favorit Banyak Orang Tersebut

5 July 2023 - 08:39 WIB

Setiap tahun, pada 7 Juli, dunia merayakan Hari Cokelat Sedunia. Cokelat adalah makanan yang sangat disukai oleh banyak orang di dunia.

Hamburger: Its Intricate Origins

1 June 2023 - 07:55 WIB

Hamburger is a well-known dish with a lengthy history. It is believed to have originated in the US, though its precise origins are disputed.
Trending di Food & Travel