Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 6 Mar 2024 10:18 WIB ·

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Tak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Marhaban ya Ramadhan. Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar sejak dini hari hingga petang hari.

Kedua kata (haus dan lapar) tersebut seringkali berdampingan satu sama lainnya, terutama saat menjalankan ibadah puasa. Haus dan lapar memiliki makna yang berbeda tetapi juga mempunyai suatu kesamaan yaitu suatu keinginan.

Haus adalah keinginan untuk minum (cairan) sedangkan lapar adalah rasa ingin makan (makanan) karena perut terasa sakit karena kosong.

BACA JUGA: The Past Simple Tense dan The Present Perfect Tense: Persamaan dan Perbedaannya

Seandainya kedua rasa itu tidak terpenuhi maka bisa menyebabkan kematian. Atau sebaliknya, makan dan minum secara berlebihan pun bisa menyebabkan kematian juga.

Menurut penelitian, tanpa makan (makanan) dan minum (air), tubuh manusia diperkirakan mampu bertahan hingga maksimal satu minggu saja.

Dengan air saja, tanpa makanan, waktu bertahan hidup bisa lebih lama lagi, yaitu mencapai 2 hingga 3 bulan. Jadi air lebih utama atau penting dari pada makanan.

BACA JUGA: ‘Phonetic Symbol’: Mempelajarinya Adalah Sebuah Keharusan Agar Bahasa Inggris Kamu Lancar

Kata haus adalah thirsty dan lapar adalah hungry di dalam Bahasa Inggris, tetapi keduanya memiliki ungkapan makna dan simbol yang berbeda tentang suatu keinginan di dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Orang yang memiliki keinginan kuat akan sesuatu di dalam kaedah bahasa Indonesia diungkapkan atau digambarkan dengan kata haus (thirsty) bukan lapar (hungry), misalkan: “Eddie selalu haus akan cinta”. Tetapi tidak di dalam kaedah Bahasa Inggris.

Yang terjadi justru sebaliknya, kaedah Bahasa Inggris menggunakan kata hungry (lapar). Maka kalimat “Eddie selalu haus akan cinta.” menjadi “Eddie is always hungry for love.”

Jika merujuk pada hasil analisa yang disebutkan di atas maka penggunaan kata haus di dalam kaedah bahasa Indonesia telah mencerminkan bahwa perspektif atau sudut pandang orang Indonesia lebih cerdas karena air lebih penting daripada makanan.

Maaf ya .. untuk orang Inggris, jangan tersinggung. Artinya ketahanan hidup (survival) seseorang akan relatif lebih lama jika ada air. Artinya, ada air tanpa makan, masih bisa bertahan hidup.

Akan tetapi jika sebaliknya, ada makanan tanpa air, tak akan berarti apa-apa. Bisa-bisa mati keseretan karena gak ada air minum. Ingat, bahasa itu menunjukkan bangsa (language indicates nation).

Berikut ini daftar ungkapan kata haus (thirsty) di dalam bahasa Indonesia yang akan kita paralelkan (analogikan) dengan ungkapan kata hungry (lapar) di dalam Bahasa Inggris.

 

Indonesia   Inggris   
haushungry
haus akan cintalove-hungry (hungry for love)
haus akan pekerjaanjob-hungry
haus akan kekuasaanpower-hungry
haus sekssex-hungry
haus akan ilmuknowledge-hungry
haus akan keuntunganprofit-hungry
haus akan priaboy-hungry
haus akan tanahland-hungry
haus akan uangmoney-hungry
haus akan wanitagirl-hungry

Contoh penggunaannya dalam kalimat:

  1. He is a power-hungrypolitician.

[Dia seorang politikus yang haus akan kekuasaan.]

  1. Linda is a job-hungrywoman.

[Linda adalah wanita yang haus akan pekerjaan.]

  1. The rich land-owner is a land-hungryperson.

[Pemilik lahan yang kaya itu adalah orang yang haus akan lahan.]

Last but not least, semoga kita semua tetap menjadi pribadi yang selalu haus akan ilmu pengetahuan dan berbuat kebaikan serta selalu mau belajar menjadi manusia yang lebih baik lagi dan mampu berdiri di atas kaki sendiri sehingga tidak perlu meminta-minta karena lebih baik lapar daripada harus meminta (Better hunger to begging) apalagi hunger for better future and life. Aamiin.**

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.

Emansipasi dan Feminisme dalam Bahasa Inggris

24 January 2024 - 06:41 WIB

Apa hubungan emansipasi (feminisasi) dan feminisme dengan dan dalam Bahasa Inggris? Tentunya, ada hubungannya.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum