Menu

Mode Gelap
 

News · 26 Aug 2023 15:03 WIB ·

Perkuat Mutu Pendidikan, Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kota Tangsel Adakan Workshop Kurikulum Merdeka


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/SuheriWiguna Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/SuheriWiguna

Tulisanrakyat.com – Majelis Dikdasmen dan PNF (Pendidikan Non-Formal) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan tema “Perubahan Paradigma Kurikulum dan Penilaian di Era Kurikulum Merdeka” di Perguruan Muhammadiyah Parakan.

Acara tersebut menghadirkan narasumber Bapak Drs. Kusno, M.Pd. selaku Pembina Pengawas SMP Kota Tangerang Selatan serta Guru Penggerak yaitu Mahfuz Al Anshari.

Hadir juga sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Ibu Misdayati, M.Pd, selaku Pangawas Sekolah SD Kota Tangerang Selatan.

BACA JUGA: Hiponatremia: Bahaya di Balik Konsumsi Air Putih Berlebihan

Menurut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 03 Kreatif Parakan, yang juga peserta dalam kegiatan tersebut, Bapak Jonisar, SE.,M.Si. acara ini sangat baik dan berguna untuk sekolah.

“Bagaimanapun sekolah membutuhkan serapan ilmu baru dari berbagai sudut pandang yang lebih luas sehingga implemntasi kurikulum merdeka benar-benar dapat dilaksanakan oleh sekolah-sekolah Muhammadiyah se-Kota Tangerang Selatan,” pungkasnya.

Sekretaris Majelis Dikdasmen dan PNF Kota Tangerang Selatan mengatakan bahwa peserta yang hadir dalam workshop kurikulum ini sebanyak lima puluh orang peserta yang terdiri dari peserta wajib yaitu Kepala Sekolah dan Wakasek Bidang Kurikulum Sekolah se-Kota Tangerang Selatan, serta guru-guru yang hadir berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Rokok, Musuh Nomor Satu Paru-Paru

Dalam sambutannya, Ketua Majelis dikdasmen dan PNF PDM Kota Tangerang Selatan, Bapak Ahmad Taofik Saimima, ST, MM, mengatakan bahwa pengembangan kurikulum adalah suatu keniscayaan yang harus dilakukan karena penyesuaian-penyesuian terhadap metode dan perkembangan dalam kurikulum tersebut menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Hal itu dalam rangka menghasilkan lulusan peserta dengan kualitas yang mampu bersaing secara global.
Efektivitas kurikulum, lanjutnya, memerlukan strategi yang jitu dalam rangka mengeksekusi kurikulum secara lebih komprehensif.

Kurikulum Merdeka juga dapat memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar.

Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memecahkan dan melitigasi persoalan-persoalan yang terdapat dalam kurikulum merdeka sehingga dapat diimplementasikan dengan tepat dan sesuai dengan tujuan Muhammadiyah dan pendidikan nasional.**

Artikel ini telah dibaca 181 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Komeng Is Coming to Senayan: Warna Baru di DPD

25 February 2024 - 10:21 WIB

Kehadiran Komeng di Senayan merupakan sebuah gebrakan yang menarik dan menjanjikan meskipun akan ada tantangan dan skeptisisme.

Karang Taruna Kelurahan Rempoa Unit 6 Bersihkan Jalan dari APK

19 February 2024 - 08:01 WIB

Karang Taruna Rempoa Unit 6, dibantu warga setempat, mengadakan kerja bakti membersihkan jalan dari alat peraga kampanye.

Kolaborasi Filantropi Muda Indonesia Himpun 4,7 Miliar untuk Palestina

20 November 2023 - 15:18 WIB

Apa yang terjadi di Gaza saat ini membuat Filantropi Muda Indonesia (FMI) bergerak untuk membantu warga Palestina.

KOKAM SAR Pemuda Muhammadiyah Tangerang Selatan Ikut Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana

14 November 2023 - 08:10 WIB

KOKAM, bagian terpenting dari Pemuda Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan, sberikhtiar untuk menjadi garda terdepan misi kemanusiaan.

Santri TPQ Attaubah Kumpulkan Donasi untuk Palestina

7 November 2023 - 12:07 WIB

Donasi ini dilakukan untuk menumbuhkan solidaritas anak-anak terhadap anak-anak seusianya di Palestina yang sedang dilanda perang.

PCM Ciputat Timur Gelar Musyawarah Cabang Ketiga

24 September 2023 - 17:02 WIB

PCM Ciputat Timur, Tangerang Selatan, mengadakan musyawarah cabang ketiga di SMP 17 Muhammadiyah pada Minggu, 24 September 2023.
Trending di News