Menu

Mode Gelap
 

Health · 18 Aug 2023 19:02 WIB ·

Hiponatremia: Bahaya di Balik Konsumsi Air Putih Berlebihan


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Air putih adalah elemen penting dalam menjaga keseimbangan tubuh kita. Namun, seperti dalam segala hal, terlalu banyak dari sesuatu yang baik bisa berdampak buruk. Salah satu risiko yang jarang disadari dari minum air putih dalam jumlah yang berlebihan adalah terjadinya hiponatremia, suatu kondisi yang bisa berujung pada dampak serius hingga kematian.

Hiponatremia terjadi ketika kadar natrium dalam darah kita menjadi terlalu rendah. Natrium adalah elektrolit penting yang membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel.

Ketika kita minum terlalu banyak air, konsentrasi natrium dalam darah dapat menjadi terlalu cair, mengakibatkan sel-sel tubuh menyerap air lebih banyak lagi untuk mencoba mengimbangi kelebihan cairan.

BACA JUGA: Bersepeda ke Kantor, 8 Manfaatnya bagi Diri Kita Sendiri dan Orang Lain

Akibatnya, sel-sel bisa membengkak, termasuk sel-sel di otak, yang dapat menyebabkan masalah serius.

Gejala awal hiponatremia seringkali mirip dengan dehidrasi, seperti mual, muntah, kelelahan, dan sakit kepala.

Namun, jika tidak diobati, kondisi ini dapat berkembang menjadi gejala yang lebih serius, seperti kebingungan, kejang, bahkan koma, dan dalam kasus yang sangat parah, kematian.

BACA JUGA: Rokok, Musuh Nomor Satu Paru-Paru

Penting untuk diingat bahwa hiponatremia jarang terjadi karena minum air putih dalam jumlah normal. Tubuh memiliki kemampuan alami untuk membuang kelebihan air melalui urin.

Namun, risiko terjadi ketika seseorang minum air dalam jumlah yang sangat besar dan terus-menerus, terutama dalam waktu yang singkat.

Agar tetap aman, dianjurkan untuk membatasi konsumsi air sekitar 8 gelas per hari, tergantung pada aktivitas fisik dan lingkungan.

Jika Anda berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang intens atau berada dalam cuaca panas, Anda mungkin memerlukan lebih banyak cairan, tetapi tetaplah memperhatikan tanda-tanda tubuh Anda.

Dalam kasus tertentu, seperti marathon atau acara olahraga ekstrem, terkadang orang bisa terlalu khawatir akan dehidrasi sehingga mereka minum terlalu banyak air dalam waktu singkat.

Ini juga bisa berisiko menyebabkan hiponatremia. Penting untuk mengikuti panduan para ahli dan hanya minum jika merasa haus, serta memperhatikan perasaan tubuh secara cermat.

Dalam rangka menjaga keseimbangan tubuh yang sehat, penting untuk memiliki pemahaman yang tepat mengenai kebutuhan cairan tubuh dan menghindari minum air putih secara berlebihan.

Keseimbangan adalah kunci, dan berpegang pada panduan yang disarankan oleh para ahli adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kita sehari-hari.**

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bagaimana Agar Kita Tak Mudah Lupa dengan Apa Yang Kita Pelajari?

25 November 2023 - 06:20 WIB

Menjadi lupa itu tidak terbatas pada usia karena banyak orang yang usianya relatif masih muda juga mudah lupa.

Alzheimer: Apa dan Bagaimana Mencegahnya

22 September 2023 - 09:31 WIB

Melalui pemahaman, pencegahan, dan dukungan, kita dapat bergerak menuju dunia yang lebih baik tanpa Alzheimer.

Fidgeting: Definisi dan Bentuknya

13 September 2023 - 09:05 WIB

Mengenali kebiasaan fidgeting Anda dan mencoba mengendalikannya dapat membantu Anda berinteraksi lebih efektif.

Cedera ACL, Penghambat Karier Bagi Banyak Atlet Muda

18 August 2023 - 18:40 WIB

Penyembuhan total cedera ACL yang bisa memakan waktu sampai sembilan bulan. Mengapa cedera ACL bisa memakan waktu sampai sembilan bulan?

Cacar, Dari Dahulu Hingga Kini

10 August 2023 - 07:20 WIB

Virus variola adalah penyebab dari terjadinya penyakit cacar (smallpox), berbeda dengan cacar air (chickenpox) atau cacar monyet (monkeypox).

Bersepeda ke Kantor, 8 Manfaatnya bagi Diri Kita Sendiri dan Orang Lain

2 August 2023 - 07:14 WIB

Bersepeda ke kantor (bike to work) memberikan manfaat yang luar biasa, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Trending di Health