Menu

Mode Gelap
 

Collection · 21 Mar 2024 09:40 WIB ·

Tumben


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Apa makna kata ‘tumben’ pada lima kalimat di bawah ini? Tumben adalah kata umum yang seringkali kita dengar dan gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Tumben Elva sudah bangun, biasanya masih molor.
Tumben Mr. Eddie datang pagi, ada angin apa ya?
Tumben mau traktir aku makan, jangan-jangan ada maunya nih?
Tumben naik motor, biasanya bawa mobil.
Tumben serius banget, ada masalah apa ya?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ‘tumben’ bermakna (1) mula-mula sekali; (2) ganjil benar kali ini (tidak sebagai biasa atau menyalahi dugaan) seperti pada lima kalimat di atas.

BACA JUGA: The Present Continuous Tense Sebagai Future Tense

Jadi, kata ‘tumben’ merujuk pada sesuatu yang sifatnya di luar kebiasaan (tidak biasa = unusual) dan berfungsi sebagai kata keterangan (adverb) dan secara analogis bermakna ‘surprisingly’ dalam bahasa Inggris karena memberikan suatu kejutan (surprise) bagi orang yang melihatnya atau mendengarnya.

Munculnya secara tiba-tiba (out of the blue). Tumben banget kamu bawain aku sarapan, dapat rezeki nomplok ya?; dalam rangka apa nih?; pasti ada maunya ya?, dan seterusnya.

BACA JUGA: Would dan Used to untuk Kebiasaan di Masa Lalu

Keterkejutan itu menimbulkan berbagai spekulasi pertanyaan dari orang yang menerima atau melihatnya, tergantung pada apa yang dilakukan, tergantung pada hubungan mereka satu sama lainnya, dan sebagainya.

Artinya, kita bisa mengomentari siapa pun (public figure, pejabat negara, orang biasa, teman, dsb) dengan menggunakan kata ‘tumben’, misalnya: tumben Presiden Jokowi berpidato dalam bahasa Jawa, ngerti gak ya pemirsa yang bukan orang Jawa?

Last but not least, ayo kita buat kejutan-kejutan (tumben) yang baik dan positif, dari tumben yang kurang baik menjadi baik dan bahkan lebih baik lagi.**

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hijab Bukanlah Helm Tetapi Keduanya Sama-sama Penutup Kepala

5 April 2024 - 14:35 WIB

Hijab dan helm yang menjadi topik bahasan saya di artikel kali ini terkait dengan wanita pengendara motor.

Tidur Secukupnya: Life Is So Short

25 March 2024 - 09:42 WIB

Kesehatan tidur atau lebih dikenal dengan istilah sleep hygiene yang mengacu pada kebiasaan, perilaku dan faktor lingkungan yang sehat.

Bandel dan Nakal: Negatifkah Konotasinya?

15 March 2024 - 13:13 WIB

Secara umum, awalnya kata bandel dan nakal tersebut identik dengan perilaku anak-anak yang kurang baik seperti telah didefinisikan oleh KBBI.

Jaywalking, Zebra Cross, and Pelican Crossing

1 March 2024 - 10:05 WIB

Di negara seperti Amerika, Inggris, dan Korea Selatan jaywalking dianggap melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi, termasuk di Indonesia.

Nama Negara dan Kota Yang Disebut Berbeda di Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

29 February 2024 - 08:59 WIB

Ada cukup banyak nama tempat, kota dan negara di seluruh dunia yang ditulis atau dilafalkan secara berbeda oleh orang Inggris.

Menulis Adalah Warisan Masa Depan

26 February 2024 - 11:39 WIB

Dengan menulis, kita bisa menungkapkan emosi, ide, dan pemikiran kita yang akan menjangkau siapa saja di mana pun mereka berada.
Trending di Collection