Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan & Pengetahuan Umum · 13 Aug 2023 08:00 WIB ·

Vocabulary dan Kaitannya dengan Fluency dalam Percakapan Bahasa Inggris


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Freepik

Tulisanrakyat.com – Kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris yang lancar dan meyakinkan memegang peranan penting dalam komunikasi lintas budaya dan profesional. Salah satu faktor kunci dalam mencapai fluency (kelancaran) dalam percakapan adalah penguasaan vocabulary (kosakata) yang memadai.

Vocabulary yang luas dan tepat dapat memberikan dampak yang besar pada tingkat kepercayaan diri dan kemampuan seseorang dalam berbicara dalam Bahasa Inggris.

Pentingnya Vocabulary dalam Fluency

Vocabulary merupakan kumpulan kata-kata yang digunakan untuk menyusun kalimat dan mengungkapkan ide.

BACA JUGA: Could + (Not) + Have + Past Participle: Penggunaan dan Contohnya

Dalam konteks percakapan, memiliki perbendaharaan kata yang banyak dan beragam memungkinkan seseorang untuk lebih variatif dalam menyampaikan pikiran dan menjawab pertanyaan.

Dengan kata lain, semakin banyak pilihan kata yang dimiliki, semakin halus dan ekspresif juga percakapan yang dapat terjalin.

Kosakata yang baik juga membantu meminimalkan kebingungan dan kevakuman dalam berbicara, sehingga menghindari jeda yang tidak diinginkan dalam percakapan.

BACA JUGA: Should + (Not) + Have + Past Participle: Penggunaan dan Contohnya

Strategi Meningkatkan Kosakata

1. Bacaan Rutin

Membaca buku, artikel, berita, dan bahan berbahasa Inggris lainnya membantu paparan terhadap kosakata baru. Ini juga membantu memahami konteks penggunaan kata-kata tersebut.

2. Catatan Pribadi

Mencatat kata-kata baru dalam buku catatan khusus dan melihat arti serta contoh penggunaannya. Merevisi catatan secara berkala akan membantu memperkuat memori kosakata tersebut.

3. Aplikasi dan Sumber Online

Ada banyak aplikasi dan situs web yang dirancang khusus untuk memperluas vocabulary dalam Bahasa Inggris. Beberapa di antaranya bahkan memiliki fitur pengulangan kata-kata untuk memastikan penguasaan.

4. Berlatih dalam Konteks

Menggunakan kata-kata baru dalam percakapan sehari-hari membantu mengintegrasikannya ke dalam pemahaman dan penggunaan yang lebih baik.

Hubungan Vocabulary dengan Fluency

Vocabulary dan fluency dalam berbicara memiliki keterkaitan yang erat.

Dengan memiliki kosakata yang luas dan relevan, seseorang dapat dengan cepat merangkai kalimat-kalimat yang tepat dalam pikiran mereka dan mengungkapkannya tanpa kesulitan.

Kemampuan untuk secara lancar mengambil kata-kata yang sesuai dari memori dan menyusunnya dalam urutan yang benar adalah inti dari fluency dalam percakapan.

Tanpa vocabulary yang memadai, seseorang mungkin merasa terhambat dan merasa kesulitan dalam merumuskan ide-ide secara spontan.

Kesimpulan

Penguasaan vocabulary yang baik adalah fondasi penting dalam mengembangkan kemampuan berbicara yang lancar dalam Bahasa Inggris.

Kemampuan untuk dengan cepat memilih kata-kata yang tepat dan menyusunnya dalam kalimat yang koheren memainkan peran sentral dalam mencapai tingkat fluency yang diinginkan.

Dengan tekad dan dedikasi dalam memperluas vocabulary, seseorang dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicaranya dan dengan percaya diri terlibat dalam percakapan Bahasa Inggris.**

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akhiran S (Suffix S) dan Apostrophe (‘) S

28 March 2024 - 10:14 WIB

Akhiran S atau Suffix S dan Apostrophe S adalah dua hal yang perlu mendapatkan perhatian dari mereka yang belajar Bahasa Inggris.

Wajib Belajar Pendidikan Dasar: Kenapa Harus 6 dan Lalu 9 Tahun?

25 March 2024 - 15:34 WIB

Wajib Belajar Pendidikan Dasar merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman di masa depan.

Haus dan Lapar: Thirsty and Hungry

6 March 2024 - 10:18 WIB

Pada bulan Ramadhan kaum muslimin di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan rasa haus dan lapar.

Juga

17 February 2024 - 06:47 WIB

Di dalam konteks kaidah Bahasa Indonesia, kata ‘juga’ bisa digunakan untuk menyatakan persetujuan baik dalam kalimat positif maupun negatif.

Word Order

16 February 2024 - 21:08 WIB

Word order secara harfiah adalah susunan (tatanan) kata. Susunan kata bisa mempengaruhi makna suatu kata majemuk, frasa atau bahkan kalimat.

Mumpung dan Aji Mumpung

24 January 2024 - 07:18 WIB

Kata ‘mumpung’ adalah kata keterangan dan sering dimajemukkan dengan kata ‘aji’, menjadi ‘aji mumpung’ yang berfungsi sebagai kata benda.
Trending di Pendidikan & Pengetahuan Umum