Menu

Mode Gelap
 

Collection · 17 Jun 2023 10:04 WIB ·

Hewan Kurban: Syarat yang Diatur dalam Islam


 Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/VillagerBoy Perbesar

Sumber Foto: Tulisanrakyat.com/Pexels/VillagerBoy

Tulisanrakyat.comHewan kurban adalah salah satu praktik penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Praktik ini memiliki hubungan erat dengan perayaan Hari Raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Islam.

Dalam Islam, hewan kurban memiliki syarat-syarat yang diatur dengan tegas. Berikuti ini adalah beberapa syarat yang diatur dalam Islam terkait dengannya.

BACA JUGA: Perawatan Rutin Bagian-Bagian Motor yang Perlu Diperhatikan

  1. Jenis Hewan

Dalam Islam, jenis hewan yang diperbolehkan sebagai hewan kurban adalah unta, sapi, kambing, dan domba. Hewan-hewan ini adalah hewan ternak yang umumnya digunakan untuk tujuan pertanian dan pangan.

Jenis hewan yang dipilih untuk dikurbankan harus sehat, tidak cacat, dan mencapai usia tertentu.

  1. Kondisi Fisik Hewan

Hewan yang akan dikurbankan harus dalam kondisi fisik yang sehat dan tidak memiliki cacat yang signifikan.

BACA JUGA: Hipertensi: Apa yang Harus Dihindari Jika Anda Mengidap Kelainan Ini

Syarat ini bertujuan untuk memastikan bahwa kurban yang dipersembahkan adalah yang terbaik dari hewan ternak yang dimiliki oleh umat Muslim.

Hewan yang cacat atau memiliki kekurangan fisik yang signifikan tidak diizinkan sebagai hewan kurban.

  1. Usia Hewan

Hewan kurban harus mencapai usia tertentu sebelum diperbolehkan untuk dikurbankan. Untuk unta, usia minimal adalah lima tahun, sedangkan sapi harus berusia minimal dua tahun.

Kambing dan domba harus berusia minimal satu tahun. Syarat ini bertujuan untuk memastikan bahwa hewan kurban memiliki ukuran dan kualitas daging yang memadai untuk tujuan pemotongan dan distribusi daging kepada yang membutuhkan.

  1. Pemotongan yang Benar

Proses pemotongan harus dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan Islam.

Pemotongan harus dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyembelih hewan sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam agama Islam.

Sembelihan harus dilakukan dengan mengucapkan nama Allah dan dengan cara yang memastikan bahwa hewan itu disembelih secara human dan efisien.

  1. Pembagian Daging

Setelah hewan dikurbankan, dagingnya harus dibagi menjadi tiga bagian.

Satu bagian diberikan kepada yang membutuhkan dan kaum fakir miskin, satu bagian diberikan kepada keluarga dan tetangga, dan satu bagian lagi boleh dimiliki oleh keluarga yang melakukan kurban.

Pembagian daging ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua umat Muslim dapat merasakan manfaat dari kurban yang telah dilakukan.

Hewan kurban adalah salah satu bentuk pengabdian kepada Allah SWT dan juga sebagai bentuk solidaritas sosial dengan mereka yang kurang beruntung.

Dengan mematuhi syarat-syarat yang telah diatur dalam Islam, praktik ini diharapkan dapat dilakukan dengan penuh kesadaran dan menghasilkan manfaat yang maksimal bagi umat Muslim dan masyarakat luas.**

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hijab Bukanlah Helm Tetapi Keduanya Sama-sama Penutup Kepala

5 April 2024 - 14:35 WIB

Hijab dan helm yang menjadi topik bahasan saya di artikel kali ini terkait dengan wanita pengendara motor.

Tidur Secukupnya: Life Is So Short

25 March 2024 - 09:42 WIB

Kesehatan tidur atau lebih dikenal dengan istilah sleep hygiene yang mengacu pada kebiasaan, perilaku dan faktor lingkungan yang sehat.

Tumben

21 March 2024 - 09:40 WIB

Menurut KBBI, ‘tumben’ bermakna (1) mula-mula sekali; (2) ganjil benar kali ini (tidak sebagai biasa atau menyalahi dugaan).

Bandel dan Nakal: Negatifkah Konotasinya?

15 March 2024 - 13:13 WIB

Secara umum, awalnya kata bandel dan nakal tersebut identik dengan perilaku anak-anak yang kurang baik seperti telah didefinisikan oleh KBBI.

Jaywalking, Zebra Cross, and Pelican Crossing

1 March 2024 - 10:05 WIB

Di negara seperti Amerika, Inggris, dan Korea Selatan jaywalking dianggap melanggar hukum dan bisa dikenakan sanksi, termasuk di Indonesia.

Nama Negara dan Kota Yang Disebut Berbeda di Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

29 February 2024 - 08:59 WIB

Ada cukup banyak nama tempat, kota dan negara di seluruh dunia yang ditulis atau dilafalkan secara berbeda oleh orang Inggris.
Trending di Collection